alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000001658893/ask-psikologi
[ASK] Psikologi ???
Mau numpang tanya, kalo trid ato forum yang ngebahas masalah psikologi dan delik uraiannya, dimana ya?

mohon maaf, bukan trid curhat ala H2H, tapi yang saya maksud mungkin pembahasan kasus dan perkara² yang pernah atau sedang ditangani oleh kaskuser psikolog?

nah, psikologi sendiri kan banyak cabangnya tuh, kalo gak salah ngerti..
psikologi kriminal, psikologi perkimpoian, de el el..
emoticon-Embarrassment

jawaban, penjelasan, saran, dan kritik atas trid ini penghargaan besar buat newbie seperti saya... emoticon-Embarrassment

344

Spoiler for yanglama:


Quote:Original Posted By babing
Share pertama nih
Wah harus dibedain
Psikologi sama psikater itu beda
Untuk menjadi psikolog bisa ambil jurusan psikologi, lalu ngambil pendidikan profesi.

Kalau psikiater, pertama ngambil jurusan kedokteran setelah lulus baru penjurusan ke psikiater.

Maka dari itu seorang psikiater bisa ngeluarin resep obat, sedangkan psikolog tidak

Bagus tuh buat forum tentang psikologi
Sekalian forum buat psikiater

Tolong pejwan TS jika berkenan


ikuuuuttt... emoticon-Embarrassment

868

setia menunggu jawaban dari para senior FHM.

emoticon-Embarrassment
seharusnya bisa disini

tapi setahu saya aktivis FHM ngga ada yang pakar psikolog

atau mungkin ada yang lain yang bisa gabung disini


coba aja di tayangkan kasus-kasusnya

kalau dokter biasanya mengerti masalah psikiatri

emoticon-Smilie
kalo agak2 dipaksa2 sih, ya kita ngertinya (walau terbatas) ya uda ke yang berat2 alias psikiatri

tapi coba dishare dikit mungkin
siapa tau ada temen2 dari fak psikologi bahkan s.psi yang muncul untuk bantu lalu silahkan diteruskan dengan beliau secara pribadi

moga2 ada nih
gw tau sih ada, tapi di thread lain beberapa s.psi dari UI
coba ntar gw panggil. moga2 mau
Memang seperti kata bro music, kalo dari sudut pandang medis sih mungkin masalahnya Psikiatri ya? kita memang cukup mengerti, namun perlu diketahui bahwa psikiatri membahas masalah penyakit jiwa, sedangkan psikologi adalah ilmu jiwa. Seandainya ada psikiater di sini mungkin bisa sangat membantu, sayangnya belum ada. Namun karena pertanyaannya adalah psikologi mungkin jika ada psikolog yang bersedia membantu di sini.....
dolo waktu masih S1 gw pengin ambil psikiatri..tapi sekarang dah luntur tu kepenginan itu..pwusing sekali berurusan dengan sesuatu yang abstrak ternyata..dari gejala aja dah puyeng duluan gw..mana minggu depan gw masuk jiwa lagiemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

tapi ya sekali lagi, mungkin temen2 di fhm bisa membantu dengan sudut pandang yang mngkin sedikit "berbeda" dari psikologi yang TS maksudemoticon-Big Grin

Hepi 

Quote:Original Posted By eN*eL
Mau numpang tanya, kalo trid ato forum yang ngebahas masalah psikologi dan delik uraiannya, dimana ya?

mohon maaf, bukan trid curhat ala H2H, tapi yang saya maksud mungkin pembahasan kasus dan perkara² yang pernah atau sedang ditangani oleh kaskuser psikolog?

nah, psikologi sendiri kan banyak cabangnya tuh, kalo gak salah ngerti..
psikologi kriminal, psikologi perkimpoian, de el el..
emoticon-Embarrassment

jawaban, penjelasan, saran, dan kritik atas trid ini penghargaan besar buat newbie seperti saya... emoticon-Embarrassment



why don't you START one if you can FIND one... emoticon-Malu
yg ptg isi postingannya terkendali subyek dan topiknya... emoticon-Embarrassment
pasti didukung koq ma momod, ajunmod, dan FHMKers emoticon-shakehand

emoticon-Kaskus Loversemoticon-Kaskus Loversemoticon-Kaskus Lovers
Jadi ceritanya trit ini mau membahas tentang per-psikologian-kah? Klo iya, saya boleh ikutan gabung? Kebetulan saat ini saya adalah mahasiswa psikologi. Yah masih mahasiswa sih, masih dalam proses belajar (semoga nanti bisa jadi psikolog..amiinn). Kalau ada yang bisa saya bantu, mudah-mudahan saya akan bantu, kalau ada yang saya juga ngga ngerti, akan coba dicari di sumber-sumber lain termasuk jurnal, textbook, ato saya tanya dosen deh sekalian..hehe emoticon-Smilie emoticon-Smilie

Buat dokter-dokter di sini, nyubi mohon bantuannya yaa..
hayoooo

mana TS-nya emoticon-Confused:emoticon-Nohope

sudah ada rekan dari psikolog mau bantu emoticon-shakehandemoticon-thumbsup:

nanti rekan dokter bantu dengan ilmu psikiatri nya

Ngakak 

seeeppp... tenanga aj.... dokter2 kaskus gak gahar-gahar amat koq emoticon-Embarrassment

moga2 kaskuser psikolog yg masuk jens kelaminnya emoticon-Wowcantikemoticon-Wowcantikemoticon-Wowcantik itung2 nostalgila...

emoticon-Hammer________emoticon-Ngacir

@sidokter... gmana tawaran "visite"nya huekekekekehhh...
@ sidokter
makasi dok.. emoticon-shakehand:

@ misago
iya, saya percaya klo dokter disini ramah2 kok emoticon-Big Grin
saat ini di program magister profesi psikologi (untuk menjadi psikolog) ada 3 jurusan. yaitu psikologi klinis, psikologi pendidikan dan psikologi industri dan organisasi.

ts mau masuk jurusan psikologi??

saya sekarang adalah mahasiswa magister profesi psikologi di sebuah universitas di bandung. dan saya mengambil jurusan psikologi klinis.

soal kasus yang pernah ditangani, stase I SCHIZOPHRENIA (kami mengambil data di sebuah rumah sakit jiwa di bogor), stase II gangguan kepribadian (pengambilan data kasus di sebuah LP), stase III kasus2 neurotik (pengambilan data di RS dan puskesmas bekerja sama dengan dokter2 yang ada di RS dan puskesmas tersebut).

984

terimakasih atas response dari temen² semua... emoticon-Angkat Beer

sebelumnya saya minta maaf atas ke-kurangdetail-an saya menanyakan sesuatu disini dan hal ini menjadi salah pengertian diantara kita.. emoticon-Smilie

perlu diluruskan adalah sebagai berikut.
  • saya bukan berniat posting tentang sesuatu yang berhubungan dengan psikologi atau kondisi jiwa seseorang dan atau menanyakan dan meminta jawaban mengenai hal itu.

  • saya juga bukan mahasiswa atau akan menjadi mahasiswa jurusan psikologi.


maka itu, saya hanya ingin jika boleh dan bisa berharap adanya, trid yang membahas tentang psikologi atau psikiatri disertakan di FHM.
(*yang mengena adalah reply dari MiSaGo)

mungkin saya hanya terbawa suasana, mengingat kita sekarang sedang dalam proses pemilu.
korelasinya adalah, banyak nya caleg gagal yang mungkin, hanya mungkin, akan bermasalah dengan kondisi jiwa nya.

sebelum dan sesudah nya, saya ucapkan terimakasih.

294

Quote:Original Posted By thepsychodj
Jadi ceritanya trit ini mau membahas tentang per-psikologian-kah? Klo iya, saya boleh ikutan gabung? Kebetulan saat ini saya adalah mahasiswa psikologi. Yah masih mahasiswa sih, masih dalam proses belajar (semoga nanti bisa jadi psikolog..amiinn). Kalau ada yang bisa saya bantu, mudah-mudahan saya akan bantu, kalau ada yang saya juga ngga ngerti, akan coba dicari di sumber-sumber lain termasuk jurnal, textbook, ato saya tanya dosen deh sekalian..hehe emoticon-Smilie emoticon-Smilie

Buat dokter-dokter di sini, nyubi mohon bantuannya yaa..


emoticon-Angkat Beer
selamat!! emoticon-shakehand

kalo mungkin trid ini bisa jadi awal, kenapa tidak?
emoticon-Big Grin

938

Quote:Original Posted By Thianren
Memang seperti kata bro music, kalo dari sudut pandang medis sih mungkin masalahnya Psikiatri ya? kita memang cukup mengerti, namun perlu diketahui bahwa psikiatri membahas masalah penyakit jiwa, sedangkan psikologi adalah ilmu jiwa. Seandainya ada psikiater di sini mungkin bisa sangat membantu, sayangnya belum ada. Namun karena pertanyaannya adalah psikologi mungkin jika ada psikolog yang bersedia membantu di sini.....


owh, jadi kalo dibahas dimari bergeser ke arah psikiatri, ya?
padahal, yang saya maksud permasalahan yang solusinya dicari 'faktor X' nya bukan pengobatannya..

mohon pencerahannya. emoticon-Embarrassment

438

Quote:Original Posted By Titoe
saat ini di program magister profesi psikologi (untuk menjadi psikolog) ada 3 jurusan. yaitu psikologi klinis, psikologi pendidikan dan psikologi industri dan organisasi.

ts mau masuk jurusan psikologi??

saya sekarang adalah mahasiswa magister profesi psikologi di sebuah universitas di bandung. dan saya mengambil jurusan psikologi klinis.

soal kasus yang pernah ditangani, stase I SCHIZOPHRENIA (kami mengambil data di sebuah rumah sakit jiwa di bogor), stase II gangguan kepribadian (pengambilan data kasus di sebuah LP), stase III kasus2 neurotik (pengambilan data di RS dan puskesmas bekerja sama dengan dokter2 yang ada di RS dan puskesmas tersebut).


psikologi klinis? psikologi pendidikan? psikologi industri?
wuih.. emoticon-Belo
banyak amad yaks?? emoticon-Hammer

nah, mungkin yang pas mengena adalah pembahasan dan diskusi dimari mengenai studi kasus yang bro/sist lakukan.
schizophrenia, itu apa, gimana, trus mungkin dimari ada yang mo bahas tentang kasus yang dihadapi sesuai dengan kondisi schizophrenia ini...

itu yang saya maksud... emoticon-Embarrassment

248

deleted - double post!

kaskus kenapa siiiiih... emoticon-Frown
@ eN*eL
gw sih ayo2 aja klo mau nerusin di tret ini atawa bikin tret baru..hehehe.Pokonya gw ikutan ngeramein aja..

Nah, berhubung TS sempet meyebut tentang skizofrenia, gw akan membahas sedikit ya.

Pernah liat orang di jalanan yang dekil,bajunya compang-camping ato malah ga pake baju? Terus klo mungkin lo lagi iseng ga ada kerjaan jadi lo ngeliatin dia terus, lo akan liat dia ngomong sendiri, kadang ga ada angin ga ada ujan dia ngomel-ngomel atau marah-marah sama orang yang lewat. Orang – orang itu kadang suka disebut orang gila, sinting, edan yah you named it lah. Tapi klo dari sudut pandang psikologi, itu namanya gangguan schizophrenia.

Dilihat dari asal kata, Skizofrenia berasal dari bahasa yunani schizein = terpisah / pecah dan phrein = jiwa. Arti kata tersebut sebenarnya menjelaskan tentang karakteristik utama dari gangguan ini, yaitu adanya pemisahan antara pikiran emosi dan perilaku dari individu yang mengalaminya. Gangguan ini termasuk gangguan psikotik yang bisa diliat dari cirri utama yaitu kegagalan dalam reality testing (ngga bisa membedakan itu nyata atau delusi).

Simptom yang muncul sebagai manifestasi skizofrenia bisa berbeda antar individu, makanya skizofrenia bisa dibilang ngga punya symptom esensial dan juga ga punya patognomonik (gejala khas yang membedakan dengan gangguan laen). Salah satu contoh gejalanya adalah halusinasi, ngga Cuma orang skizofren aja yang mengalami, tapi juga mungkin dialami orang yang baru menggunakan obat-obat tertentu kayak LSD.

Secara umum karakteristik symptom skizofrenia dapat digolongkan dalam tiga kelompok, (1) symptom positif yaitu tanda-tanda berlebihan dimana pada individu kebanyakan ngga ada tapi pada pasien justru mencul, contohnya delusi dan halusinasi, (2) symptom negative adalah symptom yang deficit yaitu perilaku yang harusnya dimiliki orang normal tapi ngga muncul pada penderita . Contohnya adalah alogia (kemiskinan kualitas / isi pembicaraan), asosialitas (gangguan yang buruk dalam hubungan sosial), afek datar (ketidakmampuan menampilkan emosi) dll. (3) symptom lainnya, antara lain perilaku aneh (dimana pasian menampilkan suatu perilaku tertentu berulang-ulang, menampilkan pose aneh, dll), waxy flexibility (orang lain dapat membentuk posisi tertentu dari anggota badan pasien yang akan dipertahankan pasien dalam waktu yang lama..

Segini dulu yaa, nanti klo ada yang rekues gw lanjutin lagi deh..hehehe
^^

BOLEH DILANJUTKAN LAGI NGGA BRO ?? bila perlu yang lebih detail dan pakai istilah psikologi (pembagiannya, cara diagnosisnya, dsb)

terutama bagaimana terapi dalam psikologi (yang lebih lengkap yah)?

termasuk bagaimana cara keluarga untuk menghadapi anggota keluarga yang menderita schizophrenia

emoticon-Sundul Up