alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000001506817/ask-tentang-kacamata-terapi-pinhole-glasses
[ASK] Tentang kacamata terapi/pinhole glasses
Mau nanya donk teman-teman semua...

Aku kan sering lihat tuh kacamata terapi/pinhole glasses di apotik2 Guardian (kebetulan ada juga yang jual di Kaskus), nah diklaim kan disebutkan kalau dipake dalam jangka waktu tertentu, bisa menyembuhkan mata secara permanen...

Nah, berhubung mata aku minus (ga terlalu berat sih, cuman -2.75), aku tertarik buat nyoba, tapi sebelum coba aku mau cari informasi dulu. Dan kurasa disini tempat yang cocok buat nanya2... emoticon-Smilie

Yang jadi pertanyaan:
1. Bener ga bisa menyembuhkan?
2. Efek buat mata apa? Apa aman buat menggantikan kacamata lensa?
3. Efek sampingnya ada ga?
4. Aku baca2 katanya bahaya buat yang minus nya di atas 6, bener ga?

Segitu dulu deh, maaf kalo pertanyaannya kebanyakan...

Thanks yah...

Buat yang jawab, maaf kalo ga bisa ngasih cendol...tapi bantuin yah pliss...
waduh...jadi ikut penasaran juga neh....kira2 bnr ngak y???
yang dah pernah pakai kasi testi dong......yang jual di toko apa aja y????
gak guna

pinhole itu adalah refleks alami tubuh
jadi misal mata elo minus 2,5
elo ambil kertas hitam, lobangin 1 pinhole
minus elo kalo intip lewat itu akan kurangan jadi minus 2

tapi itu efek alami fisika yaitu fokus cahaya dan ga ada efek buat mata elo yg emang minus 2,5 itu

kalo elo paksain pake terus, mata elo kerja keras terus, malah cape


jadi intinya ini ga guna

kalo elo bener2 penasaran

bikin sendiri aja pinhole nya ... daripada beli
buktiin omongan gw,
itu hanya hukum fisika saja yang gak akan sembuhin minus elo
Quote:Original Posted By music_healing
gak guna

pinhole itu adalah refleks alami tubuh
jadi misal mata elo minus 2,5
elo ambil kertas hitam, lobangin 1 pinhole
minus elo kalo intip lewat itu akan kurangan jadi minus 2

tapi itu efek alami fisika yaitu fokus cahaya dan ga ada efek buat mata elo yg emang minus 2,5 itu

kalo elo paksain pake terus, mata elo kerja keras terus, malah cape


jadi intinya ini ga guna

kalo elo bener2 penasaran

bikin sendiri aja pinhole nya ... daripada beli
buktiin omongan gw,
itu hanya hukum fisika saja yang gak akan sembuhin minus elo


iya euy...dah cb pk kertas dilobang2in...jd jelas dikit......jd gak guna y(ngak bs nyembuhin)???.....jah....mau ngak mau hrs lasik dah emoticon-Frown
thx infonya :P
Ga guna, sama sekali ga guna, malah bisa memperburuk miop yang sudah ada karena dengan efek pinhole dalam waktu lama bisa memaksa mata untuk berakomodasi dan semakin memparah miop tersebut. Selain itu juga lu ditipu, karena lapang pandang justru semakin sempit. Kalau mau coba, bikin sendiri juga bisa kok, beli kacamata mainan dengan lensa mainan (nol, tidak ada plus-minusnya), kemudian tempel dengan kertas yang dilubang-lubangi seperti gambar kacamata pinhole yang dijual, rasakan sendiri.
jadi kacamata spt itu tidak melatih otot mata?
gw coba jawab yah..

ampe saat ini gw belum pernah baca bahwa kacamata pinhole bisa menyembuhkan miopi (rabun jauh).

pada salah satu pemeriksaan saraf dan mata , kacamata pinhole memang dipergunakan.
maksudnya adalah kekurangan ketejaman penglihatan ini adalah kelainan pada refraksi atau bukan.
bila kelainan refraksi maka deengan memakai kacamata pinhole ini penglihatan ini akan membaik, bila bukan maka penglihatan gak akan membaik.

kacamata ini gak dipakai lama, karena bisa membuat otot mata kita akan terasa kecapekan..

semoga bisa membantu..
Betul banget. Memang pinhole digunakan pada saat memeriksa gangguan refraksi, untuk menentukan, apakah ini memang kelainan refraksi atau kelainan pada media refraksi, misalnya; pinhole tidak memberi perbaikan visus pada penderita katarak karena ada kekeruhan lensa mata.
Thanks yah buat yang udah jawab... Intinya memang ga guna yah... emoticon-Smilie

Btw tentang refraksi ini bisa dijelaskan lebih lanjut ga?

Oya, metode penyembuhan minus sampe sekarang yang paling bagus tetep lasik ya?

Maap belum bisa ngasih cendol... emoticon-Frown
mantebh dah... nyimak gan...
Quote:Original Posted By keaglez
Thanks yah buat yang udah jawab... Intinya memang ga guna yah... emoticon-Smilie

Btw tentang refraksi ini bisa dijelaskan lebih lanjut ga?

Oya, metode penyembuhan minus sampe sekarang yang paling bagus tetep lasik ya?

Maap belum bisa ngasih cendol... emoticon-Frown


Wah, ini panjang banget lho kalo mau dijelasin, bisa satu buku sendiri. Intinya, kelainan refraksi secara garis besar ada tiga, Miopia, Hipermetropia dan Astigmatisma, Presbiopia. Miop itu rabun jauh, atau tidak bisa melihat jauh, karena bayangan yang dibentuk lensa jatuh di depan retina. Hipermetrop itu rabun dekat, jadi kabur jika melihat dekat, bayangan jatuh di belakang retina. Miop dikoreksi dengan lensa negatif (minus), hipermetrop dikoreksi dengan lensa positif (plus). Astigmatisma itu lebih dikarenakan kelainan kecekungan kornea, bayangan jatuh di berbagai tempat, bisa di depan atau dibelakang retina secara bersamaan, dikoreksi dengan lensa silinder. Prebiopia itu mata tua, terjadi pada orang tua.
Quote:Original Posted By Thianren
Wah, ini panjang banget lho kalo mau dijelasin, bisa satu buku sendiri. Intinya, kelainan refraksi secara garis besar ada tiga, Miopia, Hipermetropia dan Astigmatisma, Presbiopia. Miop itu rabun jauh, atau tidak bisa melihat jauh, karena bayangan yang dibentuk lensa jatuh di depan retina. Hipermetrop itu rabun dekat, jadi kabur jika melihat dekat, bayangan jatuh di belakang retina. Miop dikoreksi dengan lensa negatif (minus), hipermetrop dikoreksi dengan lensa positif (plus). Astigmatisma itu lebih dikarenakan kelainan kecekungan kornea, bayangan jatuh di berbagai tempat, bisa di depan atau dibelakang retina secara bersamaan, dikoreksi dengan lensa silinder. Prebiopia itu mata tua, terjadi pada orang tua.


Owh, iya... Jadi inget pelajaran IPA dulu.. emoticon-Hammer Hehe... Maap, kayaknya aku salah nangkep tadi... emoticon-Malu

Trus gimana dengan metode penyembuhan yang paling tepat?
fyi

kacamata pembohong pinhole ini, uda dilarang impor dan distribusinya di USA oleh USA FDA
http://www.fda.gov/bbs/topics/ENFORC.../ENF00149.html
http://www.fda.gov/ora/fiars/ora_imp...rt_ia8604.html
Quote:Original Posted By keaglez

Trus gimana dengan metode penyembuhan yang paling tepat?


Well, kata sembuh di sini cukup ambigu, sembuh dengan alat bantu atau sembuh secara paripurna. Dan untuk kasus ini cukup tipis batasnya. Sembuh dengan alat bantu ya tak lain pake kaca mata yang sesuai dengan kelainan refraksi yang dialami. Sembuh secara paripurna ya dengan tindakan invasif yaitu LASIK.
setuju buat bro thianren, mending disyukurin aja deh, daripada orang lain yang bisa ampe gak liat...
Gue juga pake kacamata, minus-nya juga cukup tinggi, tapi masih belum terpikir utk LASIK tuh emoticon-Wink, cuma memang ribet gue akui ketimbang dulu pas waktu SMP, nih mata masih telanjang, ga perlu striptease pake lensa bening sambil kedip-kedip emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By music_healing
fyi

kacamata pembohong pinhole ini, uda dilarang impor dan distribusinya di USA oleh USA FDA
http://www.fda.gov/bbs/topics/ENFORC.../ENF00149.html
http://www.fda.gov/ora/fiars/ora_imp...rt_ia8604.html


Wah, ampe segitunya... Berarti apotik sebesar Guardian buta nih... emoticon-Nohope Kemarin aku jalan2 masih dipajang tuh...

Quote:Original Posted By Thianren
Well, kata sembuh di sini cukup ambigu, sembuh dengan alat bantu atau sembuh secara paripurna. Dan untuk kasus ini cukup tipis batasnya. Sembuh dengan alat bantu ya tak lain pake kaca mata yang sesuai dengan kelainan refraksi yang dialami. Sembuh secara paripurna ya dengan tindakan invasif yaitu LASIK.


Sepertinya hanya LASIK satu-satunya pilihan yah.. emoticon-Frown


Yah, gpp deh, tetep setia dulu ama kacamata... emoticon-Big Grin
mo nanya juga, klo misal sehabis LASIK mata kita normal trus kedepannya akan balik lagi ke minus yg sama ga ya?
atokah bakalan normal seperti mata orang sehat pada umumnya?
thanx
Quote:Original Posted By Vadica
mo nanya juga, klo misal sehabis LASIK mata kita normal trus kedepannya akan balik lagi ke minus yg sama ga ya?
atokah bakalan normal seperti mata orang sehat pada umumnya?
thanx


Itulah, ada istilahnya, miop stabil atau belum stabil, dalam artian, apakah dalam setahun/dua tahun masih ada perubahan koreksi visus? misal apakah minusnya bertambah, silinder, dll. Kalau masih belum stabil dalam artian masih terus berubah ya setelah LASIK bisa berubah lagi, bisa minus lagi, tapi jika stabil ya tidak berubah lagi...
thx info nya gann heheheemoticon-Blue Guy Cendol (S)emoticon-Blue Guy Cendol (S)