alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000001331908/rcc---rabbit-information-only---no-questioning
RCC - Rabbit Information Only - no Questioning
Bro n Sis, ini thread baru sebagai cabang dari thread RCC.

Memuat tentang informasi seputar rabbit.

Alasan diadakannya thread ini, terkait dengan penuhnya RCC dengan informasi bercampur dengan pertanyaan dan curhat seputar kelinci.. hal ini bikin informasi2 yang penting sulit dicari dan ditemukan diantara post2 lainnnya. Dan memicu pertanyaan yang sama diulang oleh Rcc-ers baru (karena sulitnya mencari info di halaman depan).

Jadi, intinya thread ini rangkuman info dari RCC sendiri.

Link RCC - buat tanya2 kalo ada yang kurang ngerti or kalau maw cerita2 soal pet rabbit kesayangannya..

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=866007

emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus

Hidup RCC !!!!


NB: Buat RCC-ers yang dah mampir dan maw bantu, FYI aja, Info yang gw oprek udah sampe halaman 80 yah..
kalo ada yang maw bantu after that page aja yah..
BTW mata gw puyeng scrolling terus... hehe
Kalo misalnya udah sampe hal 100 or berapa, lo kasih info di post terakhir di thread ini yah.. jadi gw juga ngeh cari lanjutin dari hal u yang terakhir..
thxxx
Postingan dari crimethinc07
CARA MEMILIH PET RABBIT

FOR BEGINNER

Sebaiknya pilih kelinci yang berusia 3 bulan ke atas (berukuran tubuh lumayan besar, bukan kecil dan imut seperti biasa kita liat di petshop) - biasanya pet shop selalu mengaku kalau kelincinya berusia 2-3 bulan. Harap jangan dipercaya, karena biasanya kelinci umur 2-3 bulan ukurannya tidak seperti kepalan tangan orang dewasa, umumnya 2x lipat. Kecuali jenis dwarf.

Liat lubang kotorannya, jika ada bekas-bekas mencret, jangan dipilih.

Liat juga makanan di petshopnya, kelinci tersebut diberi pakan apa. Kalau pakannya kulit jagung, kangkung. Lebih baik jangan ambil resiko. Kecuali anda sudah expert dan terbiasa menghadapi penyakit mencret kelinci.

Perhatikan anak-anak kelinci tersebut, liat yang paling aktif..
Lihat juga yang duduk sendirian... dia bisa sakit atau juga terlalu pemalu.

Buka kandang (sebagian induk, akan menjadi marah jika kita mendekati anak2 mereka) dan lihat yang mendekati kamu.

Periksa yang bermata cerah dan berbulu sehat.
Bulu tersebut tidak harus bersinar, tapi tebal dan kuat. JIka bulunya terlalu jarang dan tipis, mungkin anak kelinci tersebut terserang parasit, atau kalah mendapatkan susu dari induknya..

Periksa gigi kelinci, gigi yang baik adalah yang menutup seperti gigi manusia, atas menutupi bawah..

raba seluruh tubuhnya dengan tangan kamu dan periksa bekas luka, yang mungkin bisa karena perkelahian sesama anak kelinci atau karena gigitan kutu.
Luka di telinga tidaklah terlalu serius jika tidak mengeluarkan darah. Luka pada telinga sembuh lebih cepat ketimbang luka di tubuh.


WHERE TO BUY???

no contact petshop dan breeder kelinci

--------------------------------------------------------------------------------

BREEDER

Papillon
komplek villa serpong blok d7/5 tanggerang
pak simon no hp 081807996778

Reyhan
fsemoticon-Madirabbit@yahoo.com
08568707440

Ronald rabbit
jl tebet timur raya no 5 depan studio primadona jaksel
085885381118

Pak jaja
081563781285/021-68634978

Pak Sabar - Lembang
081394229014

Asep Rabbit PRoject
Jl.Raya Lembang no.119
Lembang, bandung
081-7217784/081-7229964


PET SHOP - buat beli makanan dan perlengkapan

Hush Pet shop
Gajahmada plaza - petshop area
deket eskalator belakang

Pets Kampoeng di Mal Artha Gading Lantai 1 Blok A1 No.22-23
Kelapa Gading
JAKARTA 14240 Telp. 021-45864477

Groovy petshop - kemang
0217197704
CARA PEMELIHARAAN DAN PENANGANAN RABBIT

1. Kelinci jangan terlalu over exposed dengan matahari atau sebaliknya jangan kehujanan. (atau lembab parah)
mereka paling baik hidup dalam suhu yang sejuk cenderung dingin (kecuali baby rabbit). Kelinci yang ditaruh dalam cuaca dan kondisi yang terlalu panas bisa menyebabkan heat stroke dan menjadi tidak produktive, cenderung terserang penyakit.

2. Jangan pernah letakan kandang kelinci di tempat yang terkena angin langsung, karena dapat menyebabkan kembung yang berujung mencret dan kematian. Kalau dipelihara outdoor, usahakan rabbit punya tempat berlindung dari hujan dan angin.

3. Berikan pellet secukupnya dua kali sehari dan selalu sediakan air minum. Selain pellet, kelinci butuh sayuran segar dan buah2an plus hay untuk kecukupan gizinya. tidak semua buah dan sayur baik untuk kelinci, beberapa diantaranya mematikan. Infonya silahkan dilihat di thread ini

4. Ajak keluar biar bermain dan lompat2 sedikitnya setengah jam setiap hari. Hal ini untuk melatih otot kelinci dan mencegah obesitas. Sama seperti manusia, kelinci butuh olahraga. Kecuali kandang yang disediakan untuk kelinci cukup luas untuk mereka berlari2an.

5. Untuk kelinci yang berbulu panjang selalu bersihkan dan gunting bagian bulu yang menjadi gimbal terkena kotoran dan kencingnya.
sediakan waktu untuk menyisirnya, untuk mencegah gimbal semakin parah (kalau parah harus dicukur). Kelinci yang rapih dan bersih tentu akan lebih baik bagi si rabbit maupun owner.

6. Jika kandangnya beralas kawat, sediakan sepetak keramik (bagian yang tidak licin menghadap atas) biar kelinci kamu bisa istirahat. Bila kelinci kakinya terlalu diexpose di kawat, dapat menyebabkan kaki kelinci luka.

7. Kelinci bisa dipelihara sendirian atau berkelompok.
jika dialam bebas kelinci bisa juga berkelompok, namun jika dalam kandang usahakan satu kandang satu kelinci, karena kelinci umumnya bersifat territorial. Jangan pernah menyatukan 2 kelinci jantan dalam 1 kandang. Karena bisa mengakibatkan perkelahian yang berujung kematian atau luka parah. (mostly)
Kelinci bila dipeliharan sendirian cenderung akan lebih penurut dan dekat dengan manusia. Namun nantinya akan agak sulit dikenalkan dengan kelinci lainnya.

8. Bersihkan kandangnya 2-3 hari sekali, karena kelinci bisa pusing dan sakit bila bau pee sudah sangat menyengat. nafsu makan akan menurun, dan beberapa kelinci jadi uring-uringan.

9. Berikan mereka mainan gigi-gigitan untuk mencegah giginya tumbuh tak terkendali.

10. Pemberian treat/camilan diperbolehkan, asal jangan diberikan yang manis2 terlalu banyak, karena dapat mengakibatkan masalah pencernaan. camilan paling sehat adalah apel.

11. Jangan pernah berikan makanan manusia, seperti coklat wafer, permen, susu, dll. Walaupun rabbitnya doyan dan meminta. Mungkin ada beberapa kelinci kuat dan tidak masalah. Tapi itu tetap berbahaya bagi pencernaan dan kesehatan mereka. Salah satu efek negative yang paling kecil adalah kerontokan bulu. Seperti memperlakukan anak balita, kita sebagai orang tua lebih tau apa yang boleh dan tidak.

12. JANGAN PERNAH angkat kelincimu dengan menarik ke 2 telinganya or seperti angkat doggy di perut.
Selipkan tanganmu di antara kaki depan dan belakang (dadanya), lalu satu tangan lagi serok pantatnya.

13. Untuk kelinci kecil, jangan terlalu sering diangkat, hindari anak2 kecil yang berniat menggendong2 mereka dengan cara sendiri. Perlu diingat, kelinci bukan mainan, bukan juga boneka. awasi saat mereka bermain dengan kelinci. Bukan berarti kita membela kelinci dibanding kesenangan anak, tapi kita mencari jalan terbaik buat si kelinci dan juga anak kita.
kebersihan kelinci

--------------------------------------------------------------------------------

Membersihkan kandang
Dilakukan 1minggu sekali (kalau kandang alas bambu), atau 1bulan sekali (kandang besi - tapi litterbox bawahnya 2-3 hari sekali ganti). Periksa kawat-kawat kandang dan alas kandang, pastikan tidak ada feses yang menyangkut. Jika ada sikat dengan sikat kawat. Kandang yang bersih akan menjaga kesehatan kelinci, tidak bau, dan tidak mengundang lalat. Pakai dettol cair yang dicampur oleh air untuk mematikan kuman2 di kandang. Tapi harus diperhatikan tidak ada sabun atau dettol yang tertinggal di kandang, agar tidak termakan oleh rabbit.

Membersihkan kotak melahirkan (nestbox)Sebagian kelinci cenderung menggunakan nestbox sebagai litter box, jadi sering2lah memeriksanya. Semua benda yang basah dan kotoran kelinci harus dibersihkan. Alas kandang yang bersih harus ditempatkan begitu kotak kering..

Membersihkan tempat makanan dan minumanBersihkan semua kotoran, makanan yang lama dsb dengan kain. Jika mengeras, basahkan tempat makanan. Basuh dengan dettol atau sejenis kemudian bilas. Gunakan sikat gigi jika diperlukan. Untuk botol minuman gunakan sikat botol karena botol minuman cenderung berlumut.

Membersihkan kelinci
Kelinci jarang membutuhkan mandi jika berada dalam lingkungan yang bersih. Kelinci adalah binatang yang bersih, dan membersihkan diri sendiri beberapa kali dalam sehari. Jika kelinci kamu harus mandi, gunakan shampoo jika diperlukan, gunakan shampoo mild, bayi, atau shampoo khusus kucing, dan pastikan tidak ada shampoo yang tersisa saat membersihkan kelinci anda. Kelinci anda tidak akan suka mandi, jadi bersiaplah untuk berbasah-basah bersama kelinci anda, dan jangan sampai anda juga terluka..
mandi kelinci

--------------------------------------------------------------------------------

01. Siapkan perlengkapan mandi kelinci, sebelum kita memulai memandikannya. krn semuanya harus sistematis. jgn nanti selesai mandi baru cari2 hairdryer or handuknya. bisa kedinginan kalo lama cari2 barangnya dulu. antara lain bak mandi, alas utk menyabuni kelinci, beberapa handuk bersih yg kering, sisir, bedak, hairdryer (ini wajib utk jenis bulu panjang) dsb

02. Masukkan air hangat suam kuku kedalam 1/4 ukuran bak mandi kelinci atau wastafel will do juga

03. Masukkan kelinci dgn perlahan ke dalam bak mandi. ingat selalu arahkan kelinci membelakangi kita, utk mencegah cakarannya ke muka atau tubuh kalo mrk berontak

04. Siram perlahan kelinci dgn air hangat dari arah belakang ke depan. hati2 jgn sampai masuk ke telinga, hidung dan mulut. bila perlu dan jika kelinci sudah biasa, boleh ditutup telinganya dgn kapas. agar tidak termasuki oleh air

05. Pijat-pijat dan sibak rambut kelinci dgn jari tangan, agar air dapat masuk sempurna sampai kedalam

06. Berikan shampoo merata ke seluruh tubuh. boleh pake shampoo bayi yg bebas perih dimata atau shampoo kitten (bayi kucing).

07. Sekali lagi pijat-pijat lembut agar shampoo benar2 merata. pijatan juga bisa membuat senang bagi kelinci sebagai terapi utk tulang punggungnya

08. Bersihkan bagian tubuh yg susah dijangkau mereka atau mudah kotor, seperti bagian luar dan dalam telinga, sekitar anus dan telapak kaki. bersihkan dgn lembut

09. Bilas hingga bersih dgn air hangat agak shampoonya hilang. lakukan dengan segera. walau boleh mandi kasihan juga kalo direndam lama2 dalam air.

10. Pindahkan ke bak lain yg masih bersih, dan bilas sekali lagi utk memastikan agar shampoo or conditionernya benar2 sempurna hilang dari tubuh

11. Angkat dan tiriskan dgn handuk bersih yang kering. handuk yg lembut lebih bagus dari handuk kasar. krn akan melindungi tubuhnya dari gesekan ketika mengeringkan mereka.

12. Ganti handuk dgn yg masih kering, terutama jenis bulu panjang yg akan memakai sedikitnya 3 lapis handuk sekali mandi, atau gunakan kanebo, yang bisa diperas dan dilapkan kembali ke tubuh kelinci, krn banyak sisa air yg harus segera dikeringkan.

13. Keringkan kelinci dengan hairdryer.Atur suhu panas hairdyer dgn sensor alami tangan kita sendiri. kalo tangan terasa panas, jauhi hairdyer dari badan kelinci. krn mereka juga merasakan hal yg sama. lakukan pengeringan di barengin dengan tetap mengeringkan dgn handuk bersih kering.

14, Jangan lupa mengeringkan bagian tubuh yg susah mereka bersihkan sendiri, seperti bagian dalam telinga. gunakan cottonbud dan baby oil utk membersihkannya

15. Setelah bagian atas kering dan bersih, jgn lupa balikkan kelinci utk mengeringkan bagian bawahnya. pastikan seluruh tubuh kelinci benar2 kering. agar tidak mengaundang jamur atau bakteri bersarang di bulunya yg masih lembab.

16. Biar tambah cantik, lakukan pedi meni utk mereka. bagi kelinci yg belum jinak banget, better pengguntingan kuku dilakukan sebelum mandi. guna mencegah cakaran mereka kalo panik

17. Jangan lupa menggunting bulu2 di bagian dalam/bawah kelinci. terutama disekita anus dan kemaluannya. agar peenya tidak menempel di bulu. serta menjaga higienis pada mereka

18. jika sudah selesai, segera beri makan, karena proses ini memakan waktu sekitar 1 jam..

Menggunting kuku

Pegang kelinci dengan erat, tapi cukup longgar sehingga jika ia panic, kamu dapat melepaskannya dan mencoba lagi..
Ada 2 metoda, memegang kelinci secara terbalik atau berdiri untuk dapat menggunting kuku.
Ada pembuluh darah pada setiap kuku, dan pemotongan kuku harus tepat diatas itu. Dalam kuku yang berwarna cerah, sangat mudah dilihat, namun untuk kelinci dengan bulu gelap, harus disinari dengan lampu senter untuk memisahkan antara kuku yang dapat digunting dengan yang tidak.

MANDI KERING

Ini lebih disarankan daripada dimandiin, coz sebenernya kelinci makhluk bersih yang dengan sendirinya hobi mandi ala rabbit. Mandi kering tujuannya cuma buat bantu angkat bulu mati dan memperlancar peredaran darah plus supaya wangiii..

Caranya gampang banget:

01. Sisirin rabbit pake sisir bulu, sampe bulu2 rontoknya keangkat. Jangan keras2 yah..

02. Semprot pake cleanse biar kelincimu lebih bersih, di daerah telapak kaki, pantat yang paling penting. Semprotnya dikit aja jangan sampe basah. Biz itu sisir lagi sampe kering.

03. Pkein bedak keringnya (jangan kena daerah mata dan dalam telinga yah), trus sisirin pake sisir bedak. Sisir terus sampe bedaknya ilang yah..

04. Selesai deh..
[U]Peralatan Untuk Grooming dan Mandi[/U]

--------------------------------------------------------------------------------
Berikut adalah hal-hal yang diperlukan sebagai perlengkapan MANDI dan GROOMING kelinci, serta kegunaannya..:

1. Sisir kawat (biasanya sisir kucing), digunakan untuk menyisir kelinci bulu panjang.

2. Sisir kutu: untuk memisahkan gimbal pada kelinci bulu panjang dan bulu pendek

3. Gunting kuku: untuk mengunting kuku

4. Handuk: untuk mengeringkan kelinci, juga untuk membungkus kelinci jika mereka memberontak.

5. Kanebo: untuk mengeringkan kelinci, juga jika kita mengelap kelinci rex sebelum show akan meningkatkan rasa dari bulu rex tersebut.

6. Spons: untuk memandikan kelinci

7. Shampoo baby atau shampoo kucing: digunakan untuk memandikan kelinci..

Peralatan untuk MANDI KERING - disarankan, karena sebenarnya kelinci tidak butuh dimandikan kecuali kotor sekali (kena pipis, pup mencret, dan habis main tanah abis2an)

1. Sisir kawat (biasanya sisir kucing), digunakan untuk menyisir kelinci bulu panjang.

2. Sisir kutu: untuk memisahkan gimbal pada kelinci bulu panjang dan bulu pendek

3. Gunting kuku: untuk mengunting kuku

4. Bedak kering (merek marukan minimal goods atau merek lain untuk animal - jangan sembarangan yah) - untuk menghilangkan bau tak sedap (jika ada) dan menghilangkan debu yang nempel

5. Semprotan cleanse (kalo ada, khusus small animal, buat ilangin bakteri dan kuman)
cuaca panas atau heat stroke

--------------------------------------------------------------------------------

kelinci tidak dapat menghandle udara panas sama sekali..
berikut adalah cara mencegah kelinci kamu menderita heat stroke:
1. selalu tempatkan air yang fresh, dan dingin sepanjang hari, biasakan juga memberikan kelinci kamu air yang telah dimasak, untuk mencegah bakteri..
2. tempatkan satu botol plastik dan masukan ke freezer, jika cuaca terlalu panas, tempatkan botol plastik tersebut ke dalam kandang, dan kelinci kamu akan bersandar ke botol tersebut..untuk tetap dingin..
3. pastikan kandang kelinci anda terlindungi dari sinar matahari langsung
4. pasang kipas angin di dekat kandang kelinci kamu.. tapi jangan dengan arah kipas yang terus menerus kena kelinci atau jarak yang terlalu dekat karena bisa akibatin kembung berujung mencret.

cara-cara diatas cukup umum untuk menjaga agar kelinci anda tetap dingin, terlebih yang berbulu panjang... namun perhatikan juga ciri2 berikut:
1. nafas yang terlalu terengah2x dan mulut yang basah..
Namun perlu dinotice, kelinci emang sebenarnya nafasnya cepat. Kalu kepanasan nafasnya akan jauh lebih cepat dari biasanya, ciri yang paling nyata itu mulutnya basah.

efek yang lain dari udara panas adalah kelinci jantan menjadi temporary steril dan kelinci betina akan tidak mau kimpoi atau melahirkan..

Panas bagi rabbit itu sekitar 27 derajat C
-deleted-
Postingan Dari MCH1876

obat alami untuk kelinci..

--------------------------------------------------------------------------------

VITAMIN E –
cara tercepat dan teraman untuk mengeluarkan racun dari sistem pencernaan kelinci adalah Vitamin E..
diutamakan yang 1000mg dan gel..
potong ujung gel dan semprotkan ke dalam mulut kelinci...
mereka suka rasa vit E dan berguna pula...

------------------
MINT
segala jenis daun mint adalah treat favorit untuk kelinci kamu, dan pertolongan juga untuk gangguan perut dan diare. namun daun mint tidak baik untuk kelinci yang sedang hamil..

CUKA
segala jenis cuka berguna untuk membersihkan kandang, piring makan, dan tempat kotoran kelinci. Cuka akan menghilangkan kotoran yang paling bandel, biasanya berupa bekas air dan kalsium. Cuka juga berguna sebagai disinfektan ringan.

PELEMBUT DAGING
masukan 1/4 sendokteh pelembut daging ke dalam air minum kelinci kamu setiap hari ketika kelinci kamu berganti bulu, atau bulu rontok. kandungan Bromelain dalam pelembut daging akan menghancurkan bulu yang tertelan secara aman dan cepat, lebih efektif dari pepaya..

TEH
Untuk mengurangi kelebihan baketeri dalam saluran kencing dan perut, setiap jenis daun teh, dapat digunakan. Buat campuran teh, seperti kamu hendak membuat es teh dan tempatkan di minuman kelinci kamu seminggu sekali. Teh juga dapat digunakan sebagai alat pencuci mata, daun teh basah juga disukai oleh kelinci..

DAUN KATUK
Bagus untuk menambah asi bagi kelinci yang sedang hamil dan menyusui.

DAUN PISANG
Bagus untuk pencernaan dan sebagai salah satu penanganan mencret

DAUN PEPAYA
Bagus untuk pencernaan dan salah satu penanganan mencret.


NB: Perlu diingat, apapun pengobatannya, jangan pernah mencampur berbagai jenis pengobatan dalam satu waktu, bisa berakibat memperparah.
Penanganan penyakit kelinci memerlukan kehati-hatian dan kesabaran.
Pertanyaan yang sering ditanyakan
broo gw baru beli kelinci lagi, kok gw masukin dalam 1 kandang dia malah perang yah??

padahal cewe sama cowok loh...

biar mereka damai gimana tuh y??Kalo dari buku yang gw baca sih..
1.coba lw ambil kapas,usap-usap ke salah satu kelincinya
2.Kasih kapas yang uda lw usap-usap tadi ke kelinci yang satunya lagi..
3.tunggu dia cium-cium kapasnya (jangan dimakan)
4.Kelinci yang tadi diusap pake kapas dimasukkin dalem kandang, kelinci yang satunya (yang nyium itu kapas biarin di luar kandang)
5.tunggu sampe kelincinya ketemu & saling cium-cium
6.coba keluarin dari kandang dua-duanya..
7.Kalo akur ya jadiin 1 kandang mungkin gpp..kalo ga akur yaa bliin 1 kandang lagi d
-deleted-
susu untuk bayi kelinci yatim piatu

--------------------------------------------------------------------------------

Originally Posted by cdkomik.com
Milk Formulas for Orphaned Bunnies
• 1 egg yolk
• 8 oz (240 cc) canned evaporated milk
• 8 oz (240 cc) bottled water
• 1 teaspoon (5 cc) honey
• 1 teaspoon (5 cc) pedantic vitamin/mineral supplement
• or
• 1 can Esbilac (Borden)
• 1 raw egg (white and yolk)
• 1 tablespoon (15 cc) Neocalglucon (Sandoz Pharmaceuticals) or similar liquid calcium supplement

dulu pernah baca baca dari internet. kalo sang induk ngak mo nyusuin anaknya sampai 2 hari sejak kelahirannya maka itu sang bayi harus di bantu dengan susu di atas. kalo ngak sang bayi akan meninggal.

2 hari itu udah keliatan kok itu bayi nya di kasih makan ama induk nya ato ngak. kalo di kasih makan ama induk nya bisa montok n seger gitu kondisinya. kalo ngak di kasih makan yah kerempeng cuman keliatan kulit dan tulang gitu.

Kalo susah dapet bahan diatas, pake aja susu baby cat, dijual di pet shop.
Bagaimanapun juga, the best is ASI. Tanpa itu, bunny walau selamat, akan jadi kelinci yang mudah sakit karena kurang antibodi.
Postingan dari MCH 1876

litter train for rabbit
--------------------------------------------------------------------------------

kebanyakan kelinci dewasa akan memilih satu tempat di kandang sebagai toilet mereka, liat di alas kandang tempat dimana kotoran paling banyak menumpuk..
di spot tempat toilet mereka tersebut, tempatkan sebuah litter box, kotak plastik yang ga dicat will do, yang diisi oleh zeolit (disarankan oleh beberapa rabbit lovers), bukan pasir kucing loh.. karena akan dimakan oleh kelinci..
Di litter box tersebut tempatkan sebagian kotoran kelinci kamu, sehingga kelinci kamu akan dapt menciumnya dan berpikir bahwa itu adalah toilet mereka..
tempatkan juga tempat makanan di atas litter box, karena kelinci biasanya makan sambil poo...
jika kelinci telah terbiasa maka kamu dapat membuka kandang, dan kelinci kamu dapt berkeliaran dengan bebas, dan akan kembali ke tempat tadi untuk pee & poo...
oya, buat rabbit proof ruangan tempat kelinci kamu berkeliaran, karena kelinci memiliki kebiasaan mengunyah, lindungi kelinci kamu dari kabel2 listrik (bisa dicover pake cover kabel yang biasa)

catatan:
kelinci usia muda biasanya sulit untuk di latih karena mereka masih terlalu muda untuk belajar menggunakan satu tempat, selain itu mereka belum dapat mengontrol saluran kencing mereka..
dan juga kelinci jantan biasanya akan kencing dimana2 untuk menandakan teritory mereka...

hope this help
soal pellet ..

--------------------------------------------------------------------------------

Banyak orang salah paham dan berpikir bahwa semua merk pellet sama saja. Pendapat ini sama sekali salah. Perbedaan pada kandungan protein, kalori, dan serat pada merk yang berbeda menyebabkan perbedaan yang besar pada kesehatan kelinci anda.
Kebutuhan/diet kelinci tu disesuaikan dgn jenis kelinci, ukuran badan, bulu panjang/pendek & kelinci suka aktif atau diam. Jadi pelet/sayur dikasih sesuai kebutuhan setiap kelinci. Tapi hay harus dikasih setiap hari. Walaupun ada buku lokal sebut kelinci boleh makan biji-bijian. Tapi biji-bijian yg belom diproses seperti jagung, kacang, kacang panjang, buncis atau bijian jenis lain yg punya "kulit nipis" yg balut bijinya tu harus dihindarin kerana akibatnya semua lari ke problem seperti yg saya sebut di atas, kulitnya nanti akan kumpul di usus kelinci. Lama lama kelinci akan sakit kalo makan bijian yg belom diproses dalam jumlah yg banyak. Kalo kita baca ingredients pelet kelinci, memang ada bijian tapi kerana udah diproses, jadi aman dimakan kelinci kerana kulit nipisnya dibuang atau dihancur waktu dibuat pelet.

di forum HRS Singapore (http://www.hrss.net/forum/index.php)
ada yang bilang bahwa Hagen lapins kurang begitu baik untuk kelinci karena Hagen berbasis pada alfalfa hay... bukan timothy hay... jadi kelinci cpet ndut & ga bagus
trus mengenai merk marukan (minimal goods). disebutkan bahwa merk ini menggunakan zat kimia supaya pipis kelinci jadi ga bau
selain itu ada kecurigaan bahwa merk ini memberikan suatu zat additive didalamnya sehingga kelinci menolak pellet merk lain & hanya mau marukan only.

klo merk yg mereka recommend sih... Oxbow. Klo liat web nya si kayaknya lumayan (http://www.oxbowhay.com/index.sp (ga ada di indo.. )

Sebagian besar dari pellet Kaytee sebaiknya dihindari dalam menu makanan kelinci rumah. Kaytee Fiesta mengandung terlalu banyak lemak dan protein untuk dapat disebut sehat dan zat yg ditambahkan untuk membuatnya menarik bagi manusia menyebabkan kelinci memilih-milih makanan dan berbahaya bagi kesehatannya.

Merk Amazon Smythe sepertinya OK meski saya tidak yakin dari apa butir2 oranye-nya dibuat dan saya tidak menyarankan pellet ini untuk digunakan karena alasan ini.

Namun disisi lain, Kaytee Rainbow Exact dapat diterima dalam situasi tertentu. Saya biasanya tidak menyarankannya untuk kelinci yang sehat karena ukurannya dan kadar lemaknya. Banyak penyelamat kelinci yg menggunakannya sebagai campuran 'senior' untuk kelinci yg tua. Produk tersebut kalsiumnya rendah dan mengandung sedikit lemak bagi kelinci yg terlampau kurus. Sebuah sumber terpercaya mengatakan bahwa kelincinya menghasilkan kotoran yg agak lunak ketika mengkonsumsi Rainbow Exact, jadi berhati-hatilah dalam menggunakannya.

Kaytee Forti Diet mengandung kalori yg amat ekstrim berdasarkan informasi dari the HRS website. Baru-baru ini Kaytee mengeluarkan produk baru bernama Forti-Diet Garden Blend dengan "crunchies, timothy hay and vegetable pieces". Saya tidak memiliki informasi nutrisi yg cukup tentang produk ini namun saya sarankan berhati-hatilah

Hartz membuat "campuran makanan bagi kelinci rumah" dan meski ini bukan produk terburuk di pasaran, produk ini jelas tidak termasuk dalam daftar makanan yang saya pertimbangkan

Saya tidak pernah mempertimbangkan makanan kelinci dari SunSeed atau dari merk L/M sebagai makanan kelinci saya maupun untuk disarankan untuk orang lain. L/M Vita Vittles sebaiknya dihindari sepenuhnya, tidak ada kelinci yg memerlukan "kaya akan campuran keju
Oxbow membuat dua tipe pellet, pellet yang berbasis alfalfa dan pellet yang berbasis timothy. Pellet yg berbasis alfalfa terlihat seperti pellet serba guna dan sangat masuk di akal. Pellet yg berbasis timothy sangat rendah kandungan kalorinya, jadi saya biasanya menyarankannya pada kelinci2 yg overweight namun masih memerlukan pellet. Ada beberapa orang yg percaya bahwa alfalfa seharusnya tidak boleh diberikan pada kelinci, meski dalam bentuk pellet, dan memilih pellet berbasis timothy dibandingkan pellet berbasis alfalfa apapun. Namun sepanjang sang kelinci memperoleh kalori yang cukup dan tidak terlalu kurus, pellet berbasis timothy dapat diterima. Banyak orang yg melaporkan bahwa kelinci mereka tidak menyukai rasa pellet berbasis timothy, dan banyak pula yg melaporkan bahwa kelinci mereka menghasilkan kotoran yang lembek setelah mengkonsumsi pellet berbasis timothy
makanan rabbit part deux

--------------------------------------------------------------------------------

Rabbit food:..
Jgn kasih jagung dalam bentuk apapun (atau biji bijian) kecuali yg telah diproses buat rabbit food. Jagung punya "corn hull" (kulit tipis) yg tidak bisa dicerna oleh kelinci. Info dari web sebelah mengatakan bahwa : Dia pernah autopsi kelinci mati gara gara terlalu banyak makan jagung. Corn hull dikumpul di ususnya. Kelinci lama lama sakit kerana corn hull ga bisa dikeluarkan secara alami oleh kelinci. Jadi nafsu makan kelinci kurang dan akhirnya mati kelaparan.

Makanya hay tu penting sekali buat mengeluarkan bulu yg ga sengaja ditelan kelinci atau benda benda yg tidak seharusnya berada dalam usus kelinci. Dulu fungsi utama pelet adalah mengemukan kelinci kerana kebanyakan seller pelihara kelinci buat commercial purpose, seperti buat dimakan orang. Ga banyak research tentang diet kelinci sebagai pet. Sekarang ada research baru dan pelet udah ada yg diformula khusus buat pet kelinci. Tapi pelet tidak boleh dikasih dalam jumlah yg besar buat kelinci dewasa kerana terlalu banyak makan vit/minerals malah akan menganggu organ kelinci berjalan dgn lancar.

Buat sayur, kebanyakan breeder lokal suka melayukan sayur buat kelinci kerana takut kelinci diare atau kerana alasan lain seperti gas yg ada pada sayur. Kalo dari reseach luar, sayur malah paling bagus dikasih fresh selepas dicuci kerana sayur fresh tu paling banyak mengandungi vit/minerals. Sayur yg dilayukan akan kehilangan sebahagian vit dan dianggap kurang bagus. Sayur hijau beda dgn hay.
Saya sendiri ga pernah layukan sayur sebelom kasih ke kelinci. Semua dikasih fresh selepas dicuci bersih. Mereka ga pernah diare atau sakit. Kasih sayur yg cocok buat kelinci anda. Contoh kobis. Ada kelinci yg ga sesuai makan kobis kerana kobis banyak mengandungi gas, perut kelinci bisa "bloated" dan poo bisa bau sekali. Tapi ada kelinci yg ga ada masalah makan kobis & sihat sihat selepas konsumsi kobis. Hanya poo agak bau. Jadi kasih sayur sesuai dgn kondisi kelinci anda. Kalo kelinci rasa ga enak badan selepas konsumsi sayur tertentu, hindarin sayur jenis itu. Sayur yg paling aman buat kelinci tu adalah sawi, bak choi, daun wortel, hay. Sayur yg mengandungi gula seperti wortel bagus dikasih sebagai snak dalam jumlah tertentu kerana kandungan gulanya bisa menganggu keseimbangan flora yg ada di usus kelinci kalo makam terlalu banyak. Seperti buah, baik sebagai snak dalam jumlah tertentu. 2-3 cup sayur/per day buat konsumsi kelinci it's not a problem.

Rumput segar lebih bagus dari rumput yg dilayukan. Sebelom kasih ke kelinci, pastikan rumput dicuci bersih. Rumput gajah aman dimakan kelinci tapi seratnya kurang dibanding dgn hay. Tapi rumput gajah 6 minggu tu paling bagus kerana seratnya paling tinggi waktu itu. Selepas itu, kandungan seratnya akan turun. Fresh hay juga lebih bagus dari dry hay tapi kerana di daerah tertentu ga ada fresh hay, jadi di luar negeri hay suka dikering buat makanan lembu & binatang lain. Hay yg dikeringkan dgn cara benar juga akan awet lama. Bisa simpan lama buat makanan binatang di musim dingin.

Untuk pemberian pakan sayur segar harap pastikan bahwa sayur tersebut bebas dari pestisida dengan jalan dicuci dengan air ditambah sedikit garam krosok agar pestisidanya larut dalam air tesebut atau pilih sayuran yang daunnya dimakan ulat hal symbol tidak ada pestisida.

oya sekedar tambahan, kelinci itu punya kebiasaan menjilat2 badannya untuk grooming, nah hal ini juga sering mengakibatkan terbentuknya hairball di dalam usus, kalau pada kucing biasanya bisa keluar bersamaan dengan poo nya, tapi kalau pada kelinci susah dan bisa menyumbat saluran pencernaan, nah ada beberapa web yang menyarankan pemberian pepaya, karena pepaya mengandum enzim yang bisa membantu untuk menguraikan gumpalan bulu tersebut, pepaya yg diberikan juga bisa dalam bentuk kering..

TAMBAHAN:
Jangan terlalu sering mengganti pellet ataupun makanan kelinci anda...
terkecuali yang disebutkan diatas:
kandungannya serupa.., karena akan menyebabkan diare, perut kelinci akan memerlukan adaptasi untuk penggantian makanan..
Penggantian pola makan dan penggantian makanan yang sering akan menyebabkan diare pada kelinci.
copas dari postingan MCH1876 kaskus maniac

--------------------------------------------------------------------------------

Penyakit kulit kelinci (hasil ngoprek tetangga)

--------------------------------------------------------------------------------

Biasanya penyakit kulit kelinci tidak berakibat fatal tetapi penyakit ini membutuhkan pertolongan dari dokter hewan. Karena selain menyebabkan ketidaknyamanan pada kelinci, penyakit kulit ini juga dapat menular ke manusia. Cukup membuat kita jadi gatal-gatal...


Moulting (Ganti bulu)

Banyak orang yg memelihara kelinci tidak tahu bahwa kelinci itu bisa ganti bulu.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik kelinci soal ganti bulu ini.

Kelinci liar ganti bulu dua kali dalam setahun, tetapi kelinci peliharaan memiliki periode ganti bulu yang berlainan. Ada yang ganti bulu secara rutin… misalnya kelinci berbulu panjang akan ganti bulu jika tidak mendapatkan sirkulasi udara yang bagus. Banyak kelinci yang ganti bulu memiliki tanda/ciri-ciri yang disebut "tide mark". Di daerah yang sedang ganti bulu, kulitnya akan terlihat berwarna gelap. Di daerah yang berwarna gelap inilah, bulu baru akan tumbuh. Beberapa jenis kelinci yang berbulu panjang atau lebat dapat terlihat pitak jika sedang ganti bulu. Ini adalah sesuatu yang normal.

Kelinci yang sedang ganti bulu membutuhkan grooming (dimandikan, disisir, dan semacamnya) yang teratur supaya bulu yang rontok tidak terhisap dan menganggu usus/pencernaan si kelinci. Kelinci yang sedang ganti bulu perlu diberi hay/jerami yang sangat penting supaya usus/pencernaan kelinci tetap lancar.
Waspadalah dengan gejala-gejala gangguan pencernaan. Misalnya di kotoran terlihat ada bulu-bulu. Jika Anda menemukan gejala seperti ini tetapi kelinci Anda masih terlihat sehat, Anda dapat memberikan obat antibiotik (liquid paraffin) sebanyak 5-10 ml. Tetapi jika kelinci Anda terlihat lemas/lesu, dia mungkin mengalami gangguan pencernaan yang parah. Kalau sudah seperti ini, segera ke dokter hewan.

Dalam proses ganti bulu ini, kadangkala ada bulu-bulu yang tidak rontok terutama di bagian pantat (tepat di atas ekor) dan atau bagian perut. Gunakan sisir kucing untuk melepaskan bulu-bulu tersebut.


Ringworm (Cacing gelang)

Ringworm bukan penyakit cacingan, tetapi penyakit akibat infeksi jamur. Gejala penyakit ini adalah iritasi kulit (Mungkin kayak penyakit panu kali yah?)di sekitar kepala yang menimbulkan rasa gatal-gatal. Ringworm harus dibedakan dengan penyakit lain seperti scabs (keropeng) yang memiliki gejala-gejala yang mirip.

Ringworm dapat diobati dengan dua cara:
Cara pertama: Gunakan salep anti jamur di daerah yang bermasalah.
Cara kedua: Gunakan obat anti jamur yang disuapkan ke kelinci. Obat ini bekerja menumbuhkan bulu/rambut sehingga jamur akan mati. Efektifitas obat ini bisa membutuhkan waktu selama beberapa minggu.

Ringworm termasuk 'zoonosis' (Penyakit yang dapat menular ke manusia). Jadi berhati-hatilah ketika menyentuh/memegang kelinci yang terinfeksi.

Sumber infeksi dapat melalui hay (jerami), tanah, atau kucing rumah. Kelinci juga bisa tertular ringworm dari manusia. Jadi, jangan lupa untuk melindungi kelinci Anda dari orang-orang yang terinfeksi ringworm.


Infeksi Tungau

Cheyletiella adalah semacam tungau yang sering menyebabkan penyakit kulit pada kelinci. Nama lengkap latinnya: Cheyletiella, Sarcoptes scabiei (Scaby) atau Notoedres cati.

Ciri-ciri infeksi Cheyletiella ini adalah terdapat ketombe di daerah kulit tertentu (seringkali di punggung. Bisa juga di atas ekor atau tengkuk leher). Ketombe ini disebut juga "ketombe berjalan" sebab kita bisa melihat ketombe itu bergerak-gerak karena aktivitas para tungau. Tungau-tungau itu sendiri tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Tungau-tungau itu memakan keratin. Oleh karena itu infeksi terjadi di daerah yang banyak bulu-bulu mati: daerah yang sulit dijangkau oleh kelinci untuk digaruk/disisir. Jadi jika kelinci anda sedang bermasalah (sakit gigi, penyakit tulang, kakinya keseleo, obesitas,kekurangan gizi), periksa dengan teliti apakah kelinci Anda kena tungau atau tidak. Segera ke dokter hewan, jika Anda melihat ada gejala penyakit ini.

Cheyletiella dapat menular ke manusia. Jika kelinci Anda terinfeksi tungau, Anda perlu rajin membersihkan rumah, dan mengganti bedding (alas dassar) kelinci. Sebab Cheyletiella kuat bertahan hidup dan dapat menginfeksi kelinci kembali. Konsultasikan dengan dokter hewan Anda untuk memberantas tungau ini secara tuntas.


Fur mites (Tungau bulu)

Fur mites berbeda dengan Cheyletiella, dan jarang ada orang yang mengetahui tungau ini. Mereka biasanya akan menyerang kulit pinggul sampai ke ekor.

Ukuran fur mites sedikit lebih besar dibandingkan dengan Cheyletiella. Tungau ini dapat dilihat dengan mata telanjang sebagai butir-butir kecil yang bergerak-gerak. Warna mereka kontras dengan warna bulu kelinci yang terserang. Hal ini mungkin terjadi karena tubuh tungau ini memiliki dua warna... Warna tubuhnya yang pucat mungkin akan kontras dengan warna bulu kelinci yang gelap dan sebaliknya.

Fur mites tidak menimbulkan masalah jika jumlahnya sedikit. Cara penanggulangannya mirip dengan penanggulangan pada infeksi Cheyletiella.


Ear mites (Tungau telinga)

Tungau telinga Psoroptes cuniculi menyebabkan penyakit yang disebut sebagai "canker". Tungau menyerang kulit telinga sehingga menimbulkan iritasi kulit. Iritasi kulit ini dapat membentuk kotoran kuping yang keras dalam jumlah banyak (Kelincinya bisa conge-an kali yah maksudnya? ).

Gejala awal penyakit ini kurang terlihat. Kelinci bisa terlihat menggaruk-garuk telinganya atau kelinci merasa sakit jika kupingnya dipegang. Dalam dua minggu, akan terlihat jelas sisik berwarna abu-abu kecoklatan di dalam kupingnya. Jika tidak segera diobati, tungau dan kotoran kuping akan tumpah berceceran ke pipi dan kupingnya.

Penyakit ini perlu diobati melalui konsultasi dengan dokter hewan. Jika kelinci Anda terlihat sangat sakit, mintalah dokter hewan memberinya penawar rasa sakit. Antibiotik juga diperlukan untuk memberantas infeksi bakteri lain. Antibiotik ini dapat diteteskan langsung ke dalam telinga atau disuntikan/disuapkan ke kelinci. Kadang-kadang, proses pembersihan kotoran kuping bisa menimbulkan rasa sakit yang luar biasa bagi kelinci. Jika demikian, kotoran kuping yang keras itu perlu dilunakkan dulu dengan obat. Kemudian kelinci perlu dibius ketika proses pembersihan kotoran itu dilakukan.


Kutu (Fleas)

Kelinci peliharaan jarang terkena kutu. Tapi kelinci peliharaan mungkin dapat tertular kutu dari hewan anjing dan kucing. Ada vaksinasi khusus untuk mencegah penyakit ini. Di Inggris, flea collar (kerah kutu) disarankan untuk dipakai kelinci yang terinfeksi kutu.


Wounds (luka)

Luka pada kelinci bisa jadi bisul/bengkak bernanah. Oleh karena itu, luka luar harus dengan telaten dibersihkan.

Goresan dan luka potong kecil dapat diobati dengan mandi air garam (satu sendok makan untuk 0,568 liter air hangat). Tetapi luka luar yang parah perlu diobati dokter hewan. Luka luar yang besar mungkin perlu dijahit (yang kadang-kadang perlu pembiusan) dan diberi antibiotik untuk mengurangi risiko terkena infeksi.

Luka luar lebih mudah dijahit kalo masih baru. Walau gitu, luka luar tidak harus segera diobati saat itu juga. Dengan kata lain, jika seekor kelinci memiliki luka luar saat tengah malam, pengobatannya di dokter hewan dapat ditunda sampai esok pagi. Kecuali luka luar akibat serangan hewan lain, atau pendarahan yang tidak berhenti walau ditekan langsung selama 20 menit.
lanjutan copas

--------------------------------------------------------------------------------

lanjutan soal penyakit kelinci

--------------------------------------------------------------------------------

Red Urine (Air seni/kencing berwarna merah)

Air seni kelinci memiliki beberapa variasi warna. Ada yang berwarna putih jernih, kuning, coklat sampai merah muda. Variasi warna ini normal kecuali ada gejala-gejala penyakit seperti kelinci duduk dan berusaha untuk kencing, kehilangan nafsu makan, atau demam. Jangan panik jika Anda melihat air seni berwarna merah, tetap perhatikan apakah ada gejala-gejala penyakit di atas. Jika Anda ragu, segera ke dokter hewan untuk diperiksa apakah ada darah dalam urin/air seni.


Amoxicillin Danger (Bahaya Amoxicillin) @kutchiee dari tetangga loh

Jangan pernah memberi kelinci Anda amoxicillin. Amoxicillin adalan obat antibiotik cair berwarna merah yang beraroma pemen karet. Amoxicillin sangat berbahaya bagi kelinci. Obat ini telah membunuh kelinci lebih banyak daripada menyelamatkan nyawa mereka. Obat-obat antiobiotik lain juga bisa berbahaya bagi kelinci anda. Jadi pastikan Anda memiliki dokter hewan yang tahu banyak soal keamanan penggunaan antibiotik bagi kelinci, dan yang berpengalaman menggunakan obat yang lebih aman seperti Chloramphenicol, Tetracyline, obat sulfa (semacam belerang):Septra atau TMS, atau enrofloxins seperti Baytril atau Cipro.


Cedar and Pine Shavings (Serutan kayu cedar dan cemara)

Serutan ini tidak bagus untuk kelinci dan hewan peliharaan lain. Aroma hidrokarbon yang dihasilkan dari serutan kayu halus/lunak seperti ini akan mengakibatkan gangguan pernafasan dan kerusakan hati pada kelinci dan hewan kecil lainnya. Gunakan alas organik di kotak kotoran (litter box) dan letakkan koran di nampan kandang.


Spay (Pemandulan Betina)/Neuter (Pemandulan Jantan)

House Rabbit Society telah memandulkan 1000 kelinci dengan tingkat kematian/mortalitas rata-rata 1%. Tingkat kematian ini disebabkan karena pembiusan. Di sisi lain, resiko kelinci betina yang tidak dimandulkan kena serangan kanker reproduksi (yang sangat fatal) rata-rata 85%. Oleh karena itu, pemandulan sangat diperlukan.

Untuk kelinci jantan, pemandulan berguna untuk menghilangan perilaku buruk seperti perilaku agresif akibat hormon dan perilaku spraying (penyemprotan).
Dokter hewan yang berpengalaman akan dapat memandulkan kelinci anda dengan resiko minimal.


Teeth (gigi)

Gigi kelinci dapat membengkok karena terlalu panjang (misaligned). Kondisi ini dikenal dengan istilah "malocclusion", yang artinya pertumbuhan gigi kelinci yang cepat tidak diimbangi dengan pengikisan/pengausan alamiah. Jika pembengkokan giginya sudah parah, gigi kelinci harus dipotong/digunting secara bertahap supaya kelinci dapat makan. Dokter hewan dapat memotong gigi kelinci Anda atau menunjukkan pada Anda bagaimana cara memotongnya.
Biasanya "malocclusion" terjadi pada gigi depan.

Walau begitu kadang-kadang gigi belakang juga dapat kena "malocclusion". Salah satu gejalanya adalah dagu kelinci terlihat basah akibat air liurnya keluar. Jika gigi belakang kelinci kena malocclusion, maka geraham kelinci harus dipotong secara bertahap oleh dokter hewan.


Hairballs (Bola Rambut)

Kelinci ganti bulu setiap tiga bulan. Anda perlu menyikat dan menyisir kelinci Anda yang sedang ganti bulu supaya bulu-bulu matinya rontok. Kelinci dapat merawat diri mereka sendiri dan memakan bulu-bulu yang mati seperti kucing. Tetapi kelinci tidak dapat memuntahkan bulu-bulu itu kembali seperti kucing. Oleh karena itu, selain perawatan rutin, kelinci perlu diberi jerami segar (fresh hay) setiap hari. Sebab serat-serat fresh hay dapat membantu sistem pencernaan kelinci mengeluarkan bulu-bulu mati itu. Anda dapat mempersiapkan kelinci Anda menghadapi hairball dengan memberikan Petromalt atau Laxatone: 1) seminggu sekali ketika mereka masih belum ganti bulu.
2) setiap hari ketika mereka sedang ganti bulu. Terakhir, latihan (olahraga) setiap hari adalah hal penting untuk mencegah penyakit hairballs.


Surgeries (Pembedahan)

Pastikan kelinci Anda dalam keadaan sehat sebelum dibedah. Tetap berikan kelinci makanan dan minuman beberapa jam sebelum pembedahan. Perubahan jadwal makan dapat menganggu organ pencernaan kelinci yang sensitif serta mengakibatkan masalah setelah operasi.

Salah satu alasan kenapa dokter hewan menyarankan agar hewan tidak diberi makan sebelum pembedahan adalah karena ada kemungkinan hewan tersebut akan muntah. TETAPI kelinci tidak bisa muntah… Jadi, kelinci tidak perlu terlalu dipuasakan sebelum pembedahan.
Dokter bedah akan lebih suka jika pembedahan dilakukan dengan perut/usus sekosong mungkin. TETAPI perlu waktu 3-4 hari untuk mengosongkan perut/usus! Jika 3-4 hari kelinci tidak diberi makan, kelinci itu akan mati! Oleh karena itu, JANGAN TERLALU mengosongkan perut/usus kelinci sebelum pembedahan.

Setelah pembedahan, pastikan kandang kelinci bersih dan periksa bekas pembedahannya apakah ada yang tidak beres (Misal: bengkak, bernanah, dan lain-lain). Usahakan kelinci Anda untuk makan lagi sesegera mungkin. Untuk meningkatkan nafsu makannya, Anda perlu memberikannya bermacam-macam makanan, termasuk pellet dan hay. Jika kelinci Anda tidak makan juga 2 hari setelah pembedahan, segera ke dokter hewan lagi.


Infeksi Bakteri

Indikasi/gejala pertama infeksi adalah pilek dan keluar air mata terus menerus. Kadang-kadang disertai dengan demam tinggi atau nafas berbunyi atau suara batuk-batuk. Segera ke dokter hewan jikan Anda melihat gejala awal infeksi. Sebab infeksi ini lebih mudah diobati pada tahap dini/awal. Bakteri yang pada umumnya menginfeksi adalah Pasteurella. Dengan obat antibiotik baru, bakteri ini dapat diberantas tuntas. Jika tidak dapat diberantas tuntas, bakteri ini dapat dikontrol dengan menggunakan obat antibiotik yang dipakai dalam jangka waktu panjang.

Sebagian besar gejala-gejala infeksi bakteri sangat mirip. Oleh karena itu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mengidentifikasi bakteri apa yang menyerang kelinci Anda dan bagaimana mengobatinya.


Digestive Problems (Masalah Pencernaan)

Diare pada kelinci berakibat sangat fatal. Oleh karena itu, segera ke dokter hewan jika ada gejala-gejala penyakit ini. Diare pada kelinci bermacam-macam. Ada diare yang gejalanya mudah dilihat seperti kelinci terlihat basah, kotor dan bau. Tapi ada gejala diare yang lebih sulit disadari (tapi tidak separah diare yang basah) misalnya kotoran terlihat normal, tetapi kalau disentuh akan hancur.
Ada juga diare yang disebut diare “gumpalan/clumpy” . Gejalanya: pada kotoran terlihat ada serbuk-serbuk(putty).

Penyakit diare pada umumnya membutuhkan obat antibiotik dari dokter hewan Anda.

Gejala-gejala penyakit diare lain yang perlu diperhatikan adalah: perut berbunyi keras, kotoran yang ukurannya terlalu kecil atau berbentuk aneh, atau bahkan kelinci tidak buang air besar sama sekali. Segera ke dokter hewan Anda jika gejala-gejala pernyakit ini terlihat. (Biasanya dokter hewan salah mendiagnosa penyakit diare ini sebagai penyakit hairball/bola rambut)
copas lagee...

--------------------------------------------------------------------------------

kelinci jenis kecil (based on berat)

--------------------------------------------------------------------------------

Kelinci Jenis Kecil
Kelinci jenis kecil bervariasi ukurannya mulai 1.2 hingga 2.3 kg
Kelinci jenis ini membutuhkan makanan antara 1/3 hingga 2/3 gelas makanan per hari dan membutuhkan hingga 3.5 kakipersegi kandang. Mereka memiliki karakteristik antara dwarf dan kelinci jenis sedang. Mereka biasanya memiliki 1-3 ekor anak lebih banyak dibandingkan dengan dwarft dan tidak memiliki gen dwarft yang berbahaya. Bagaimanapun jenis ini lebih gampang mati karena coccidiosis ketimbang jenis yang lebih besar.
Kelinci jenis kecil terdiri dari:
* American Fuzzy Lop (banyak warna, bulu angora, dan telinga lop) 3 - 4 lbs
* Dutch (kaki, bagian depan perut dan wajah berwarna putih, bagian yang lainnya hitam, biru, coklat, tortoise, stell atau abu-abu coklat) 3-1/2 - 5-1/2 lbs
* Himalayan (Putih dengan telinga, hidung, kaki, dan ekor berwarna antara hitam, biru, lilac, atau coklat) 2-1/2 - 4-1/2 lbs
* Holland Lop (Telinga Lop – banyak warna ) 2-1/2 - 4 lbs
* Mini Rex (bulu Rex - banyak warna ) 3 - 4-1/2 lbs

Keterangan:
1 kaki persegi = 969 cm persegi
1 cup/gelas = 0.3 liter
1 pon atau lbs = 0.45 kg
again..........

--------------------------------------------------------------------------------

kelinci jenis lainnya (based on berat)

--------------------------------------------------------------------------------

Kelinci Jenis Sedang

Kelinci dewasa Jenis ini memiliki berat 2 - 3.2 kg. Membutuhkan makanan 0.5 hingga 1 gelas makanan perhari dan membutuhkan 5 kaki persegi kandang.
Kelinci jenis ini memiliki daging yang tebal dan tulang yang kecil namun peternak kelinci biasanya lebih memilih jenis kelinci pedaging yang memiliki rasio makanan dan daging yang lebih kecil.
Jenis-jenis kelinci sedang adalah:
: * American Sable (biasanya digunakan sebagai kelinci daging) 7-10 lbs
* English Angora (banyak warna) 5 - 7-1/2 lbs
* French Angora (banyak warna – baik juga dagingnya) 7-1/2 - 10-1/2 lbs
* Satin Angora (banyak warna) 6-1/2 - 9 lbs
* Belgian Hare (jarang terlihat – jenis body berbeda) 6 - 9-1/2 lbs
* Standard Chinchilla 5 - 7-1/2 lbs
* English Spot (Putih dengan spot berwarna hitam, biru, coklat, emas, abu,lilac dan hijau) 5 - 8 lbs
* Florida White 4 - 6 lbs
* Harlequin (memiliki warna yang berbeda) 6-1/2 - 9-1/2 lbs
* Havana (Hitam, Biru dan coklat) 4-1/2 - 6-1/2 lbs
* Lilac 5-1/2 - 8 lbs
* Mini Lop (kuping Lop - banyak warna) 4-1/2 - 6-1/2 lbs
* Rhinelander (Putih dengan spot warna hitam dan oranye) 6-1/2 - 10 lbs
* Silver (coklat, atau fawn dengan ujung putih) 4 - 7 lbs
* Silver Marten (Hitam,biru, coklat, atau sable dengan perut berwarna putih, garis dagu, dan lingkar mata putih) 6 - 9-1/2 lbs
* Tan (Hitam, biru, coklat, atau lilac dengan warna tan di perut, garis dagu, dan lingkaran mata, serta sisi badan) 4 - 6 lbs


Kelinci pedaging

Kelinci pedaging biasanya memiliki berat antara 8 hingga 12 pon. Peternakan biasa berternak kelinci pedaging untuk daging maupun bulunya. Beberapa bahkan dipelihara sebagai kelinci hias karena keunikan warna bulu dan karakteristik telinga. Kelinci jenis ini menghabiskan makanan 1,25 gelas per hari dan membutuhkan ukuran kandang sekitar 7.5 kaki persegi.
Yang termasuk kelinci pedaging adalah:

* American (Biru atau Putih) 9 - 12 lbs
* Beveren (Hitam, Biru atau Putih ) 8 - 12 lbs
* Californian (Putih dengan telinga,hidung, kaki dan ekor hitam) 8 - 10-1/2 lbs
* Champagne D'Argent (kecil berwarna hitam, dewasa silver) 9 - 12 lbs
* American Chinchilla 9 - 12 lbs
* Cinnamon 8-1/2 - 11 lbs
* Creme D'Argent 8 - 11 lbs
* Hotot (Putih dengan warna hitam di sekitar mata ) 8 - 11 lbs
* English Lop (banyak warna dengan telinga lopyang besar) 9 - 14 lbs
* French Lop (banyak warna dengan telinga lop biasa) 10 - 15 lbs
* New Zealand (Hitam, Merah atau Putih) standar kelinci pedaging 9 - 12 lbs
* Palomino 8 - 11 lbs
* Satin (bulu mengkilat) 8-1/2 - 11 lbs
* Silver Fox (bulu menyerupai serigala ) 9 - 12 lbs


The Giants (raksasa)

Kelinci jenis ini dapat mencapai berat 25 pon. Mereka membutuhkan makanan 1,75 hingga 2 gelas per hari dan 11 hingga 12 kaki persegi ukuran kandang. Kelinci jenis ini juga membutuhkan kandang yang lebih kokoh. Karena jarang yang memelihara jenis ini, maka jenis raksasa ini sangatlah jarang ditemui ketimbang jenis lainnya.

* Checkered Giant (Putih dgn spot berwarna hitam atau biru)berat lebih dari 11 lbs
* Giant Chinchilla 12 - 16 lbs
* Flemish Giant (Hitam, biru, fawn, abu, warna pasir, abu baja, atau putih) berat lebih dari 13 lbs


1 kaki persegi = 969 cm persegi
1 cup/gelas = 0.3 liter
1 pon atau lbs = 0.45 kg
deui euy

--------------------------------------------------------------------------------

mendeteksi penyakit pada kelinci

--------------------------------------------------------------------------------

Kelinci yang sakit dapat terdeteksi jika ada perubahan dari perilaku yang normal, kelinci yang normal itu cerdas, waspada, aktif, ingin tahu, memiliki bulu yang halus dan kondisi tubuh yang baik. Kesakitan dapat terlihat dengan jelas pada misal, jalan yang pincang, atau perubahan cara berjalan, menarik diri atau usaha melindungi bagian tubuh yang luka, canggung, dan postur yang tidak normal, menjilat, menggesek, atau menggaruk bagian tertentu, atau penurunan nafsu makan.
Kelinci berbeda disbanding pets yang lain, karena kelinci beradaptasi sebagai hewan yang dimangsa, seekor binatang yang harus menyembunyikan segala jenis kekurangannya dengan tujuan menyelamatkan diri dari pemangsa. Ciri-ciri penyakit dapat sangat tidak kentara, seperti perubahan cara bernafas, keengganan untuk bergerak, kecenderungan menerang, tidur atau istirahat yang tidak normal, gelisah atau ekspresi khawatir.

Seekor kelinci yang sakit perut atau sakit kaki akan berbaring merentang atau duduk dalam posisi membungkuk. Gigi yang gemertak adalah tanda kesakitan yang luar biasa. Sangatlah tidak biasa bagi kelinci untuk bersuara, tapi jika mereka merasakan kesakitan mendadak atau ketakutan, mereka akan mengeluarkan jeritan yang sangat tinggi, yang sangat tidak nyaman bagi setiap orang yang mendengarnya.
Sangat sering penyakit pada kelinci didiagnosa oleh vet, dan dianggap remeh. Sangatlah sulit juga membedakan antara kesakitan pada kekhawatiran/kegelisahan pada kelinci, khususnya karena keduanya sering terjadi bersamaan, dan menyebabkan perubahan perilaku yang serupa.
Kelinci akan gelisah atau khawatir jika mereka ditempatkan pada lingkungan yang baru.