alexa-tracking

Panggilan Mistis dari Candi Jiwa Batujaya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000001213896/panggilan-mistis-dari-candi-jiwa-batujaya
Panggilan Mistis dari Candi Jiwa Batujaya
KAMI SUDAH LAMA MENANTI KEDATANGANMU

Panggilan Mistis dari Candi Jiwa Batujaya

itulah sepenggal pesan dari sekian banyak pesan yang kami terima
melalui salah seorang dari kami yg mendapat berita tersebut secara gaib
tatkala kami melakukan "penghormatan dan uluk salam"
di Candi Jiwa Situs Batujaya Karawang

DEDICATED FOR JATUKARM RAMATHEP SRIVICHAYA
(Jatukam Ramatep Sriwijaya)

Panggilan Mistis dari Candi Jiwa Batujaya

Panggilan Mistis dari Candi Jiwa Batujaya


Panggilan Mistis dari Candi Jiwa Batujaya
Kuburan Terimpit Bangunan Stupa

Rabu, 28/12/2005 - 10:53 - dikirim oleh: admin. Berita
http://jibis.pnri.go.id/aktivitas/be.../tgl/28/id/108.

Tengah malam pada bulan Juli 2005, di sela-sela kegiatan penelitian arkeologi di Situs Batujaya, Karawang, Jawa Barat, dua warga Perancis pergi ke lahan yang sedang diteliti. Menurut banyak orang, lahan itu dikenal dengan nama Unur Lempeng dan sangat angker.

Apalah artinya angker bagi kedua orang Perancis tersebut. Mereka datang tengah malam untuk sekadar memotret pepohonan yang banyak tumbuh di tempat tersebut. Betapa terkesimanya mereka dan juga anggota tim lain ketika melihat hasil jepretannya.

Ada penampakan tiga buah cahaya yang terang benderang berwarna kuning di antara pepohonan, ujar salah seorang di antaranya dengan bahasa Indonesia yang terbata-bata.

Itulah sekelumit pengalaman berbau mistis di antara kegiatan penelitian arkeologi yang berlangsung di Unur Lempeng, Situs Batujaya. Beberapa hari kemudian, setelah tiga cahaya tersebut terekam kamera digital, ditemukan kerangka manusia di Lempeng.



dan inilah diantara penampakan yg terekam saat aku foto

Panggilan Mistis dari Candi Jiwa Batujaya

Panggilan Mistis dari Candi Jiwa Batujaya

lokasi lebih kurang 20 m dari Candi Jiwa

Panggilan Mistis dari Candi Jiwa Batujaya

Panggilan Mistis dari Candi Jiwa Batujaya

Panggilan Mistis dari Candi Jiwa Batujaya
Situs Batujaya
Bukti Jatidiri yang Terhimpit Ekonomi


http://lisasuroso.wordpress.com/2007...impit-ekonomi/


Para ahli menyebutnya sebagai penemuan arkeologi terbesar selama 50 tahun ini. Ternyata lokasinya tak jauh dari Jakarta.

Kilat keemasan hamparan padi siap panen, mengiringi langkah menuju kompleks percandian Batujaya. Di perbatasaan Desa Segaran-Kecamataan Batujaya dan Desa Telagajaya-Kecamatan Pakis Jaya, Karawang terlihat beberapa bukit kecil menyembul. Enam km menuju Utara, Pantai Jawa Barat membentang.

Situs ini pertama kali ditemukan di tahun 1984 oleh tim arkeologi Fakultas Sastra Universitas Indonesia (kini bernama Fakultas Ilmu Budaya UI). Bukit-bukit kecil di tengah sawah itu disebut unur-unur oleh warga setempat. Mereka sudah lama mengetahui bahwa terdapat tumpukan bata di bawah unur itu, tapi tidak mengira bahwa bata tersebut adalah bagian dari kompleks bangunan candi. Masih banyak unur-unur berukuran cukup besar yang belum digali dan diteliti. Berbentuk bukit-bukit, lengkap dengan pepohonan yang tumbuh lebat di atasnya.

Para peneliti cukup kagum dengan temuan luas situs yang mencapai lima km persegi. Sejak awal penelitian di tahun 1985 sampai 1999, ditemukan tidak kurang dari 13 situs di Desa Segaran dan 11 situs di Desa Tegaljaya.

Berdasarkan penelitian dari temuan artefak dan gerabah, diketahui bahwa kronologi paling tua berasal dari abad ke-2 dan yang paling muda berasal dari abad ke-12 Masehi. Sementara bangunan-bangunan di situs itu memperlihatkan rentang waktu abad ke-5 hingga ke-6 Masehi yang berarti dibangun di bawah kekuasaan Kerajaan Tarumanegara.
Amulet dan gerabah –terutama yang dikenal sebagai Romano-Indian roulleted pouttery- berasal dari kota pelabuhan kuno Arikamedu di India Selatan. Ini membuktikan bahwa tempat ini didatangi oleh pelayar dari India yang lalu me¬ninggalkan pengaruh budaya.
Sumber lain yang memperkuat adalah laporan perjalanan Fa Hsien yang berjudul Fo Kuo Chi pada tahun 414 Masehi dimana disebutkan keadaan Ya-Wa-Di atau Jawadipa. Catatan di Negeri Tiongkok juga menyatakan bahwa raja To-Lo-Mo (Tarumanagara) dengan rajanya Pa-da-do-a-la-pa-mo atau Purnawarman pernah berkunjung ke Tiongkok pada tahun 435 Masehi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Candi-candi Batujaya adalah candi tertua di tanah Jawa.

Saat ini ada dua candi berukuran cukup besar yang sudah dan sedang dieskavasi di desa Segaran, yaitu Candi Jiwa dan Candi Blandongan.
Candi Jiwa yang sudah diekskavasi sepenuhnya, diba¬ngun di atas lapik bujur sangkar. Bagian atas lapik ini bergelombang membentuk helai bunga teratai. Sedangkan Candi Blandongan yang masih dalam tahap rekonstruksi, memiliki undakan tangga di keempat sisinya dan semacam ruang lapang di bagian tengahnya. Diperkirakan ruang lapang ini dipakai untuk pertemuan atau peribadatan. Di sekitar candi Blandongan ditemukan amulet yang menggambarkan relief Buddha. Jadi bisa disimpulkan bahwa bangunan di kompleks ini adalah bangunan candi Buddha.


Kedua bangunan candi itu terbuat dari bata. Lain de¬ngan bata biasa, bata candi ini dicampur dengan pecahan kulit kerang. Begitu pula lapisan dinding dan hiasan candi Blan¬dongan. Terbuat dari campuran pasir, kerikil dan kulit kerang. Bahan campuran ini disebut stuko.

Penemuan ini meruntuhkan mitos bahwa di Jawa Barat tak ada candi lain selain Candi Cangkuang (candi Syiwa) di Leles Garut. Candi Batujaya justru adalah candi tertua di tanah Jawa. Candi Batujaya juga meruntuhkan mitos bahwa candi yang berumur lebih muda dibangun dari bata merah, sementara candi yang lebih tua dibangun dari batuan gunung (andesitik), seperti model candi-candi di Jawa Tengah ke Jawa Timur.
Selain bangunan candi dan artefak, pada bulan Juli 2005 sebuah tim kerja sama Puslitbang Arkeologi Nasional dan Ecole Francaise d’Extreme-Orient dari Perancis menemukan kerangka manusia yang masih utuh lengkap bersama bekal kuburnya di Unur Lempeng. Ia dikuburkan memakai gelang emas di tangan kanan sambil memegang pisau (parang) besi. Di antara dua lutut dan dan di bagian punggungnya juga terdapat senjata dari besi. Di bagian kaki dan atas kepalanya terdapat wadah tembikar. Di dekat kerangka tersebut juga ditemukan lima kerangka lain yang semuanya ditemukan bersama bekal kubur berupa tembikar. Penemuan ini menggembirakan, tak pernah dalam sejarah arkeologi ditemukan artefak dan kerangka manusia pembuatnya, dalam satu tempat secara sangat lengkap.

Penemuan situs di pinggir Sungai Citarum ini begitu pen¬ting dalam menyumbang informasi prasejarah dan awal sejarah bangsa Indonesia. Situs Batujaya menunjukkan bahwa masyarakat purbakala Indonesia telah cukup terorganisasi dan siap meningkatkan peradaban. Ia adalah bukti, bahwa Indonesia (Nusantara) sudah melakukan globalisasi sejak akhir zaman prasejarahnya.
Penelitian situs Batujaya, bagaimanapun terhimpit ber¬bagai kepentingan. Penelitian arkeologi harus berdampingan dengan kepentingan ekonomi pesawahan Karawang sebagai lumbung padi nasional. Ada pula rencana Pertamina dalam mengembangkan penemuan minyak di Pondok Tengah. Ini berarti akan ada tumpang tindih antara lahan penelitian dan kepentingan ekonomi.

Ditilik melalui keuntungan ekonomi, situs Batujaya bisa saja dianggap tak menguntungkan. Tapi dari sudut pandang kepentingan jati diri dan sejarah bangsa, paling tidak harus ada usaha merekonstruksi bangunan-bangunan terbesar yang ada di kompleks percandian itu. Agar bukti bahwa Indonesia adalah bangsa yang telah lama memiliki budaya tinggi, tak lantas menjadi gundukan tanah tak terurus, seperti rasa perca¬ya diri bangsa kita,
yang kian hari, makin tak terurus.
(Lisa Suroso-TB Heckman/SUARA BARU)
Ijin menyimak ya, ki. emoticon-Smilie
izin ngedeprok ki...
Rencana perjalanan ke Situs Batujaya ialah bermula dari ketertarikanku kepada Jatukam Ramathep Sriwijaya. yang mengantarkan daku ke Vihara Vipassana Graha Bandung.

dan atas rasa penasaran yg entah datang dari mana gerakannya untuk menyingkap rahasia apa dibalik Jatukam.

sehingga suatu ketika aku tertegun memandang gambar Candi Jiwa yang diupload di thread Candi dan reruntuhan Forsup Kaskus.

setelahnya seolah ada panggilan-panggilan mistis yg mengantarkan jejak langkah ini ke Batujaya.

awalnya aku posting di Thread Thai Amulet, "perjalanan ke Batujaya aku mulai".
dan aku mengontak bro Comuttt untuk menemaniku ke Batujaya. lalu aku sadar bahwa harus ada satu orang lagi yg mampu untuk membacakan Paritta di lokasi tersebut.
sehingga gerakanku selanjutnya memanggil dan memohon kesediaan bro Sri Kresna agar mau membacakan Paritta tsb nantinya emoticon-Smilie

sehingga bro Comuttt dan bro Sri Kresna setuju, lalu kami sepakati Sabtu kemaren sebagai hari keberangkatan kami menuju Situs Batujaya Karawang.

tatkala aku mengumumkan di kediamanku malam Jumat berlalu, ternyata respon dari teman-teman kaskuser lainnya segera bermunculan

jadilah kami semua sejumlah 16 orang dengan 4 mobil berangkat menuju Karawang emoticon-Smilie
dan inilah aku posting hasil perjalanan kami ini...

semoga ada hikmahnya buat kita semua emoticon-shakehand
Quote:Original Posted By adi6510
Ijin menyimak ya, ki. emoticon-Smilie


silahkan mas emoticon-Smilie emoticon-shakehand

Quote:Original Posted By eyang jangkis
izin ngedeprok ki...


silahkan eyang emoticon-Smilie emoticon-shakehand


terima kasih atas perhatiannya
mohon ijin menyimak ya ki....emoticon-Smilie emoticon-shakehand
ki ...
nice inpo..
keep posting..
ki ...
nice inpo..
keep posting..
ijin lihat lihat dan menyimak ki sawung
ijin menyimak Ki emoticon-Embarrassment

mungkin kalau berkenan bisa di upload juga peta untuk ke lokasi Ki, jadi bagi yang mau kesana bisa lebih gampang, nggak usah nyari2 lagi.

ada rencana mau ke sana, tapi sepertinya belum waktunya nih Ki emoticon-Smilie jadi kalau ada petanya, buat siap2 aja kalau nanti mau kesana Ki emoticon-Peace

emoticon-rose emoticon-rose
salam hormat buat TS
Panggilan Mistis dari Candi Jiwa Batujaya


kaya ada si andrea felangie deh.....Ayaaaaaaaaaa.......:maho
izin menyimak Ki.. dari dulu aku seneng ama yg berbau history emoticon-Smilie
Wogh bener2 perjalanan/Journey yg penuh dgn pencerahan yah Ki.
selamat dan sukses buat rekan rekan semua emoticon-shakehand
bahagia sekali ahirnya rekan rekan kembali melirik candi sebagai suatu hal yang kembali digali kekuatan supranatural dan juga sejarahnya. mohon dilanjut ki pembahasanya emoticon-Big Grin
saya menyimak dengan deg degan dan bahagia emoticon-Big Grin
izin posting Ki...

barusan aku cari ke mbah google dan menemukan ini emoticon-Big Grin


Panggilan Mistis dari Candi Jiwa Batujaya


sumber
http://www.budpar.go.id/filedata/858...batujaya11.pdf
nice trip ki emoticon-Smilie emoticon-thumbsup:
ijin menyimak ya ki... emoticon-shakehand:
Quote:Original Posted By killerprince
nice trip ki emoticon-Smilie emoticon-thumbsup:
ijin menyimak ya ki... emoticon-shakehand:


ijin menyimak juga yach kiemoticon-shakehandemoticon-Big Grin