alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000000871251/96089474share94749608-jangan-serakah-bedakan-antara-investasi-dan-spekulasi
Inspiratif 
█│SHARE│█ Jangan Serakah, Bedakan antara Investasi dan Spekulasi
NOTE: Mengingat thread lama "Jangan Serakah" di-lock sejak kaskus kena hack kemarin, utk sementara, thread "Jangan Serakah" pindah ke sini dahulu. Buat teman-teman yg ingin membaca artikel-artikel di thread yg lama, bisa didownload dlm bentuk file pdf di sini. Jika linknya sudah kadaluarsa, harap info ke saya, agar bisa saya upload. Saya juga akan pelan-pelan memindahkan isi file pdfnya ke thread ini, tetapi akan memakan waktu karena formattingnya harus saya kerjakan lagi.

-----OOO-----

JANGAN SERAKAH, BEDAKAN ANTARA
INVESTASI DAN SPEKULASI


Terkadang sedih rasanya melihat banyak orang yang setiap kali terjebak "investasi" (dalam tanda kutip) yang nggak bener, karena belum mengerti investasi yang benar itu seperti apa. Investasi itu, menurut Benjamin Graham (gurunya Warren Buffet), adalah

"an operation which, upon thorough analysis, promises safety of principal and an adequate return. Operations not meeting these requirements are speculative".


Dalam bahasa Indonesianya kira kira :

"sebuah operasi, dimana melalui analisa yang mendalam, menjanjikan keamanan modal pokok dan tingkat keuntungan yang pantas/layak. Operasi yang tidak memenuhi persyaratan ini adalah spekulatif"

-------

Dalam definisi di atas ada 3 elemen yang penting buat sebuah investasi:
  1. Kita harus melakukan analisa yang mendalam

    Apa nih artinya? Artinya kita mesti pelajarin data data tentang investasi kita. Tidak cuma dengerin kata orang doang. Pelajari apakah model investasi itu benar feasible.

    Misalnya ada yg nawarin invest warnet, coba tanya teman teman yg punya warnet. Kalau nggak ada, luangin waktu liat gimana operasi warnet pada umumnya. Cari insider info dari karyawan warnet kalau perlu, tanya mereka per hari ada berapa jam, tapi minta data beneran jgn cuma omong "rame terus pak". Hitung estimasi pendapatan, hitung estimasi biaya (listrik mahal sekarang!), hitung biaya sewa, karyawan, penyusutan komputer dan lain lain.

    Repot? Tidak serepot kalau modal investasi kita hilang dan mesti ngumpulin modal lagi.


  2. Kita harus berusaha sebisa mungkin menjaga keamanan modal pokok kita

    Modal pokok kita adalah ibaratnya pohon di taman kita. Kalau cuma buah dicuri, tahun depan bisa berbuah lagi. Kalau misalnya dahan dipatahin orang, biarpun mengganggu, selama pohon masih hidup, masih bisa kita nikmatin buahnya tahun depan. Tapi kalau sampai pohon ini roboh?

    Harus diingat, SEMUA investasi itu ada resikonya. Bahkan anda beli Surat Utang Negara ataupun US Treasury Bonds pun masih ada resikonya, cuma resikonya sangat kecil saja.Jadi kalau ketemu orang nawarin investasi yang bilang NO RISK, langsung tinggalin saja, karena itu udah misleading, atau lebih parah lagi sedang mencoba buat scam kita.


  3. Kita harus berusaha mencapai tingkat pengembalian/keuntungan yang "PANTAS"/"LAYAK", bukannya "LUAR BIASA".

    Salah satu aturan utama yang kita harus selalu ingat, baik kita invest maupun spekulasi itu adalah "return proportionate to risk" atau "keuntungan itu berbanding dengan resiko". Risiko rendah memberikan tingkat Return/untung yang rendah. Resiko tinggi itu menawarkan tingkat Return yang tinggi.

    Tidak ada yang namanya "Resiko rendah-Return Tinggi". Lagi lagi kalau ada yang nawarin hal seperti ini, langsung aja tinggalin, karena kalau bukan misleading, ya berarti lebih parah lagi alias scam.

    Kalau baca koran sekarang, banyak yang nawarin "mimpi" main forex/options. Klaimnya "Over 1100% profit in 1 day!!!!!" Apakah itu bohong? Tidak juga, bisa saja kejadian seperti itu, karena saya juga pemain options and stocks. Tapi realita tidak seindah itu. Mereka tidak pernah nulis bahwa utk 1 orang yang profit 1100% in 1 day itu, sudah berapa orang yang modalnya ludes semua? Bahkan sebelum profit 1100% itu atau juga sesudahnya, orang itu sudah rugi berapa? Yang difokuskan dlm iklan adalah bahwa pada 1 hari itu, orang itu menang 1100%. Padahal dengan membeli lotere kita juga bisa "menang", beribu ribu % malahan.

    Jadi berapa sih tingkat keuntungan yang "Layak"/"Pantas"? Itu tergantung kepada banyak variabel, terlalu banyak buat dibahas semua. Tapi ada satu metode yang paling gampang. Kalau ada orang yang nawarin investasi dengan untung 10% perbulan misalnya, bahkan tanpa memperhitungkan faktor compounding (bunga berbunga) itu berarti udah 120% per tahun.

    Nah logikanya, kalau orang itu begitu yakin dgn proyeknya, kenapa dia tidak mengagunkan aja semua assetnya (rumah, mobil, dll), kalau perlu pinjam saudara. Bunga kredit dari bank di Indonesia itu sekarang tergantung tipenya paling 13-14%. Masih untung 100%++...

    Bahkan kalau orang itu narik duit pakai kartu kredit, yang bunganya gak kalah dengan rentenir, itu baru 48% setahun, masih untung 72% setahun!!! Tapi orang ini malah nawarin investasi ini ke anda, berarti anda udah harus mulai curiga ada udang di balik batu. Jadi analisanya harus lebih mendalam lagi. Lebih baik bertanya daripada sesat di jalan, itu kan kata orang tua kita.


-------

Nah permasalahnya, banyak orang yang tidak mengetahui hal hal diatas, lalu berpikir mereka invest, tapi gak sadar kalau mereka itu sebenarnya spekulasi, atau lebih parah lagi kena scam.

Ada satu catatan penting lagi yang mesti diingat, ini gak berarti spekulasi semuanya jelek. Seperti kata Benjamin Graham :

"Just as there is intelligent investing, there's also intelligent speculation. But there are many ways in which speculation may be unintelligent. Of these, the foremost are : (1) speculating when you think you are investing; (2) speculating seriously instead of as a pastime, when you lack the proper knowledge and skill for it"; and (3) risking more money in speculation than you can afford to lose"


Indonesianya kira-kira :

"Sama halnya bahwa ada Investasi dengan cerdik, ada juga Spekulasi dengan cerdik. Tetapi ada beberapa kondisi dimana spekulasi mungkin tidaklah cerdik, terutama : (1) Berspekulasi sambil menganggap bahwa anda itu berinvestasi (2) Berspekulasi secara serius (dan bukan utk bermain-main), padahal tidak mempunyai pengetahuan maupun keahlian utk itu; dan (3) Mempertaruhkan uang di spekulasi dalam jumlah yg terlalu besar".

Happy Investing!

------NOTE-----

Thread ini BUKAN tentang bagaimana "membuat Rp 1000 anda jadi Rp 1 juta". Kalau mau dibilang, thread ini lebih condong kepada "Bagaimana agar Rp 1 juta anda TIDAK menjadi Rp 1000."

Diskusi dalam thread ini mungkin akan saya arahkan kepada diskusi tentang :
  1. Investasi (investasi secara umum, bagaimana menyusun portofolio, instrumen investasi apa yg cocok bagi masing masing orang, dll)
  2. Spekulasi
  3. Financial Planning/Perencanaan Keuangan
  4. SCAM (bagaimana cara mengenali sesuatu tawaran sebagai SCAM, dll)


Fokus kepada topik di atas adalah karena saya lumayan akrab dengan topik-topik tersebut. Kalau mengenai bisnis/enterpreneurship, saya tidak berani banyak bicara, karena saya tahu banyak orang yg jiwa enterpreneurshipnya yang hebat. Selain itu pandangan tentang bisnis & cara menjalankan bisnis pun berbeda-beda antara tiap orang. Walaupun demikian, kalau sekedar bertukar cerita, tidak dilarang emoticon-Smilie.

----000----

Bagi yg tertarik buat ngikutin thread ini tetapi tidak sempat baca keseluruhan thread, di bawah ini adalah direct link ke beberapa posting dan juga diskusi saya dengan user lain di thread ini yang topiknya agak menarik.

Meskipun demikian, jika ada waktu, mungkin lebih baik untuk membaca thread dengan lengkap, karena banyak post yg bagus dari user lain yang tidak dibuatkan direct linknya (takut kepenuhan). Sayang kalau user-user sudah pada sharing tapi tidak kita manfaatkan.

Proyek Terjemahan/Rangkuman buku "The Intelligent Investor" : (MUST READ!!!)



Berkenalan dengan Reksadana
(link, tambahan)

Mengenal lebih dekat Obligasi
(part 1, part 2)

Investasi Emas di saat ini
(link)

Options : Investasi atau Spekulasi? (link)

Spekulasi, FM forbiz dan FM profesional
(link)
lapak asuransi + investasi PRUDENTIAL saya yang kinerjanya pernah sampai 55% juga nggak bisa di akses, saya nunggu aja deh, karena nggak punya cadangannya jg
dulu pernah saya usulkan untuk di packing/rar emoticon-Big Grin hehehehhe skrg trjadi deh emoticon-Frown
mungkin ada kaskuser yang punya backupnya? ngarep mode on hehe emoticon-Smilie
gw jg hanya nubi... jd gak sempet nyimpen dokumen... pdhal gw suka skali lo artikelnya... apalgi gw sukane invest duit di program internet... wahhh syang skali nih ts yg bnyk artikel hilang... please kembalikan dunk
semoga data bisa di kembalikan, CPD, banyak ilmu yg hilang
sabar bro nikken... kita tunggu backup datanya dari admin... emoticon-Smilie
Akhir-akhir ini saya perhatikan beberapa bank mulai gencar menawarkan produk yg mereka klaim sebagai "deposito" (padahal bukan). Return yg mereka tawarkan bervariatif utk setiap banknya, tetapi umumnya antara 8-9,5% NETT (tidak dipotong biaya lagi). Jangka waktu penempatan pun berbeda-beda antara 1 bulan hingga 2 thn.

Sebelum thread dilock waktu itu, saya sempat memperingatkan agar teman-teman tidak "terkecoh" oleh perilaku yg agak "menyesatkan" ini. Sebenarnya produk yg ditawarkan oleh beberapa bank ini adalah produk investasi, di mana instrumen yg mereka gunakan adalah instrumen Money Market (Pasar Uang).

Terlepas dari perilaku yg kurang etis dari para marketing bank tersebut, sebenarnya produk ini boleh menjadi pertimbangan utk teman-teman, selama teman-teman sadar bahwa itu adalah produk investasi dan bukan produk deposito (tabungan). Utk itu mungkin bagi teman-teman yg sempat ditawarkan produk spt ini, bisa sharing informasi di sini.

Sedikit info singkat yg saya tahu (utk detail, hubungi bank yg bersangkutan)

Bank Sinar Mas : Masa penempatan 8-9% (tergantung nominal), masa penempatan 1-3 bulan. Nominal 100jt.

Bank Commonwealth : Masa penempatan 2 thn, bunga 9%
bro nikken saya punya soft file beberapa tulisan diskusi dari temen temen di thread ini, tidak semuanya tapi saya rasa cukup lengkap ada dalam bentuk pdf dari awal sampe akhir thread.....

kira kira mau di upload di mana nich bro....

ntar gwe email ke emailnya bro nikken... ini ya emailnya??? Nikken76@gmail.com

biar bro nikken yang kasih link buat temen temen disini

emoticon-Smilie
emoticon-Angkat Beer buat roxar
"harta" kita terselamatkan emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By Nikkentobi
Akhir-akhir ini saya perhatikan beberapa bank mulai gencar menawarkan produk yg mereka klaim sebagai "deposito" (padahal bukan). Return yg mereka tawarkan bervariatif utk setiap banknya, tetapi umumnya antara 8-9,5% NETT (tidak dipotong biaya lagi). Jangka waktu penempatan pun berbeda-beda antara 1 bulan hingga 2 thn.

Sebelum thread dilock waktu itu, saya sempat memperingatkan agar teman-teman tidak "terkecoh" oleh perilaku yg agak "menyesatkan" ini. Sebenarnya produk yg ditawarkan oleh beberapa bank ini adalah produk investasi, di mana instrumen yg mereka gunakan adalah instrumen Money Market (Pasar Uang).

Terlepas dari perilaku yg kurang etis dari para marketing bank tersebut, sebenarnya produk ini boleh menjadi pertimbangan utk teman-teman, selama teman-teman sadar bahwa itu adalah produk investasi dan bukan produk deposito (tabungan). Utk itu mungkin bagi teman-teman yg sempat ditawarkan produk spt ini, bisa sharing informasi di sini.

Sedikit info singkat yg saya tahu (utk detail, hubungi bank yg bersangkutan)

Bank Sinar Mas : Masa penempatan 8-9% (tergantung nominal), masa penempatan 1-3 bulan. Nominal 100jt.

Bank Commonwealth : Masa penempatan 2 thn, bunga 9%



Saya pernah ditawarin yg option linkednya commonwealth. meskipun namanya ada baunya option ternyata bukan kok. Locking periodnya cuma 3 bl. Min investasi kalo gak salah 250.
huaaaa
gue kange ma tulisannya bro niken

sayang sekali harta itu sekarang menjadi harta karun yg belom di ungkap hehehe

btw tetap semangat ya bro niken untuk berbagi opini dan pengetahuan
oya dah gwe upload juga.... buat temen-temen disini.....

ini linknya.....

http://myfreefilehosting.com/f/c83e1b17e6_2.64MB

bro nikken bisa taruh di sticky atas.... biar gampang nyarinya....emoticon-Smilie

emoticon-Angkat Beer
Saya punya yang terjemahan Buku Ben Graham sama tentang obligasi, saya email ke bro Nikken ya..
Wah, thank you banget buat semua yg punya "arsip" thread. Sejujurnya kemarin sempat "down" karena saya mikir semua tulisan yg pernah saya bikin hilang semua. Padahal rencananya jika suatu hari saya bikin blog, akan saya pindahin ke blog.... berkat teman-teman jadinya rencana itu bisa terselamatkan.

By the way, ada yg pintar design website nggak di sini? Saya mau mulai design blog nih...
Bro Roxar, back up file-nya teope!
Anda penyelamat bangsa...
Waduh... jangan cuma diisi diskusi, artikel juga tetap tulis di thread dong, bro Nikken. Sayang kan reputasi thread ini sudah bagus berkat tulisan-tulisan bro Nikken & bro Dunkz yang padat gizi.

Jadi bikin blog tentang investasi & spekulasi ya? tolong langsung daftarin saya jadi member emoticon-Smilie
hmm.. utk mulai nulis artikel, mungkin menunggu thread lama sudah dibuka kembali dulu. Kalau mengenai blog ttg investasi, menunggu ketemu web designer yg agak bagus dulu emoticon-Smilie

Sebenarnya saat ini kita hidup di jaman yg begitu menarik utk dipelajari dan didiskusikan (utk topik investasinya). Dalam 1-2 tahun ke depan, potensi utk timbulnya kejadian yg dashyat begitu besar.

Beberapa topik yg menarik misalnya :

Kemungkinan timbulnya krisis pangan? Dampaknya terhadap ekonomi dan dunia investasi? Apa saja opportunity dan risk yg terkait dengan hal ini? Apakah bisa kita manfaatkan?

Apa efek dari perubahan demografik penduduk dunia yg akan terjadi dalam waktu dekat? (Banyak orang usia produktif yg akan memasuki masa pensiun shg mereka akan menjadi "beban" generasi berikutnya). Apa juga opportunity dan risk yg terkait dengan topik ini?

Apakah era minyak murah telah berakhir selamanya? Atau saat ini hanyalah suatu bagian dari siklus pasar komoditas? Bagaimana dampaknya terhadap ekonomi dan dunia investasi?

Apakah masa keemasan Amerika sebagai "Powerhouse" ekonomi dunia telah berakhir?

Berbagai topik di atas saja jika kita diskusikan, sepertinya nggak akan habis emoticon-Smilie (tentunya jika beneran "diskusi", bukannya saya cuap cuap sendiri...hahaha)
wah baru nemu lagi thread ini..

kangen ama bacaan berbobot dari bro niken..

hehe.. ikutan nyimak..

pengen ikut diskusi , tapi kendala di waktu nih.. sibuk bgt emoticon-Ngacir
wah wah wah dibuka lagi nih thread,, amin

kapan ya bisa ketemu bro nikkentobi in person, biar transfer ilmu langsung gituh...