CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pengalaman Ane Ikut Menjadi Volunteer Hewan Kurban Tapi Malah Disuruh Jadi Marketing
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2178372637727b360588b4/pengalaman-ane-ikut-menjadi-volunteer-hewan-kurban-tapi-malah-disuruh-jadi-marketing

Pengalaman Ane Ikut Menjadi Volunteer Hewan Kurban Tapi Malah Disuruh Jadi Marketing


bobox.co.id

Selama pandemi ini ane udah beberapa kali melamar menjadi sukarelawan di beberapa organisasi. Dari beberapa yang ane lamar ada yang berhasil mendapatkan panggilan dan telah ane jalani kegiatan volunteernya via online. Karena ane punya basic nulis asal-asalan maka biasanya ane melamar pada posisi content writer.

Menjelang Idul Adha ini, organisasi yang membuka jasa volunteer semakin banyak. Terutama pada mereka yang bergerak dibidang "pembagian hewan kurban". Anepun mendaftar 2 dari 3 volunteer itu. Tapi anehnya, pada disini tidak dicantumkan divisi yang dibuka. Karena biasanya ada berbagai macam divisi yang ditampilkan, mulai dari social media, fundriser, design, content writer dan lain-lain.



edukasi.kompas.com

Selang beberapa hari setelah ane mendaftar pada kegiatan volunteer hewan kurban ini, ane dimasukkan pada grup wa. Tapi yang ane kaget nama grup WA itu "Volunteer Kurban ******* Gelombang 4". Dan isi grupnya penuh. Di grup itu hanya admin yang bisa berbicara, kita baru bisa mengirim chat setelah admin membuka locknya.

Dan dari situlah kejanggalan terjadi, tiba-tiba seseorang yang mengaku sebagai ketua pelaksana memberikan pesan panjang lebar. Yang intinya kita semua diminta mencari donatur yang mau membeli hewan kurban yang sudah ditentukan harganya oleh para panitia inti. Nantinya bagi yang berhasil mendapatkan donatur akan mendapat bonus uang dan sertifikat. Dan hukumnya wajib.

Dari situ ane curiga, ini ane ikutan volunteering apa ikutan marketing hewan kurban. Akhirnya disitu ane angkat bicara kalau volunteering seperti itu salah. Harusnya panitia inti membagi para kandidat yang mendaftar menjadi beberapa divisi. Tujuannya biar kurbannya enggak terlihat terlalu ngemis, tapi berkelas, jadi orang beli hewan kurban dikita karena kagum dengan program yang kita jalankan bukan karena ada sanak saudara kita yang menawarkan hewan kurban kepada mereka, kalo kayak gini mah sama aja kita jadi marketing.

Setelah ane komen gitu, muncul opini-opini lain yang juga sependapat dengan ane. Dan beberapa menit kemudian satu persatu para volunteer yang ada di dalam grup itu keluar dari grup. Dan ane yang belom mendapat balasan dari pihak panitia tiba-tiba dikeluarkan begitu saja.

Beberapa hari setelah ane dikeluarkan dari volunteer kurban yang pertama, ane diundang kembali oleh volunteer kurban yang berbeda. Konsepnya sama seperti volunteer kurban yang pertama, dan begitu panitia intinya bilang "semua yang mendaftar kita terima, tapi kita meminta bantuan semuanya untuk mencari donatur yang akan membeli hewan kurban kita yang nantinya untuk disumbangkan bla-bla-bla dan bagi yang berhasil akan mendapatkan komisi bla-bla-bla". Anepun langsung left grup itu.



rencanamu.id

Disini yang ane sayangkan adalah perbuatan segelintir orang-orang ini. Karena pada umumnya orang ikut kegiatan volunteer untuk menambah ilmu, menambah relasi dan meningkatkan pengalaman. Kalo masuk organisasi sebagai volunteer tapi disuruh jualan hewan kurban, ya buat apa? Niatnya emang baik karena hewan kurban itu nantinya disalurkan ke daerah-daerah tertentu cuman caranya salah. Dan saat diberi saran mereka menolak. 

Lagipula emangnya gampang mencari donatur hewan kurban dengan embel-embel "akan disalurkan di beberapa daerah". Mending kalo yang ngadain sekelas a*t, rumah z*kat, d*mpet duafa yang notabenenya udah punya nama. 

Jadi jangan heran kalo tiba-tiba teman kalian ada yang mengajak beli hewan kurban kepadanya. Emang sih dia dapet profit dari penjualan hewan itu (ane disini gak tau kayak gitu dibolehkan agama atau enggak). Cuman, ya profit-profitnya itu kalo digabungkan bisa dapet hewan lebih banyak atau seandainya relawan tadi gak dapet profit, pasti hewan yang bisa dibeli ukurannya sedikit lebih besar.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
BejhoDeViruz dan 43 lainnya memberi reputasi
gak tega liat mata sapi yg sejuk teduh menenangkan walau maut sudah di hadapan nya
ane liat sendiri sapi itu di jatuhkan dgn paksa ke tanah, tapi mata sapi tetap sejuk tatapan nya
jangan di kira sapi itu binatang bodoh loh, mereka tau loh akan d bunuh
tapi para sapi itu rela menerima kematian nya dengan legowo
sungguh berdosa mereka yg membunuh sapi atas nama agama
apalagi bayi dan anak anak kalian di besarkan dgn susu mereka
tapi manusia membalas nya dgn cara seperti itu
kita memang pantas di azab covid saat ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Stephen.cau dan 14 lainnya memberi reputasi
profile picture
RedHotChilli
kaskus addict
Hah? Gimana gimana gan? Maksudnya penyembelihan sapi itu salah gitu?
profile picture
ronalddch
kaskus addict
Ini dari sudut pandang mana nih?
profile picture
ronalddch
kaskus addict
Dibunuh - dipotong beda maknanya gan, apalagi bawa2 atas nama agama, agama yg mengisyaratkan lho berqurban ini. Kalau sdh ga percaya dng alquran dan hadist ya lebih baik mundur saja.
profile picture
chonang
kaskus addict
McDonald tiap hari memotong sapi buat memperkaya diri Lo ga protest.

Muslim memotong sapi/kambing buat ngasih makan orang miskin Lo protes?
profile picture
sapikuda1000
kaskus addict
Sapi dan binatang ternak memang dari Allah sudah di takdirkan memjadi makanan manusia... Jadi kematiannya ada manfaatnya.. Kalau sapi tidak di sembelih , matinya malah merana dan nanti malah tidak ada manfaatnya buat manusia.

profile picture
kurapbadak
kaskus addict
Kalau begitu jangan makan segala hal yg berasal dari daging entah itu sapi, babi, ayam, ikan, serangga, dll.
Agan masih makan daging ga?
Atau udah full vegetarian?
profile picture
Memang benar semakin lama tua dunia ini banyak orang yang bisanya ngomong tanpa tau ilmu
profile picture
barif94
kaskuser
lu pernah liat gak proses pemotongan daging di mc donald luar negri.. di masukin ke mesin pengjancur
profile picture
zeze6986
kaskus addict
Gimana ni jadinya?

Sapinya disembah apa disembelih?
profile picture
aquatrium
kaskus geek
Mungkin dia vegetarian bre. Kagak makan daging.
profile picture
TERA.SERVO
kaskus addict
@aquatrium dia kafir bre... Dan sprti kebanyakan kafir... Selalu mencari celah menjelekan ajaran islam... Jd harap maklum aja...
profile picture
aquatrium
kaskus geek
@TERA.SERVO lah gw kafir juga tapi demen sama nih acara bagi daging buat orang. emoticon-Smilie
profile picture
Ga nyambung ente gan, ini yang di permasalahin panitianya, hewan2 komoditi ternak macem sapi dll bakal terus di sembelih dan di makan dagingnya, mau atas dasar agama atau kebutuhan (bisnis) sekalipun. Itu udah kodratnya dari zaman manusia purba dulu. Bedanya dulu manusia berburu nyari daging, sekarang tinggal di ternak aja...
profile picture
vilde
kaskus addict
biarin aja ngerasa pinter tp makin nunjukin ke geblekan
profile picture
namaku374
aktivis kaskus
Sungguh berdosa mereka yang menyembah sapi atas nama agama emoticon-Leh Uga


Atau mungkin ni orang pengen diseruduk emoticon-Big Grin
profile picture
fan.kui
kaskus addict
mo makan ikan aja?
ikan juga disembelih bosku, disiangin pula, malah ada yg mesti digetok dulu kyk lele.. emoticon-Hammer (S) emoticon-Big Grin

mo jadi vegan? eits.. pohon dan tanaman2 juga sakit dipetik, ada yg dicabut dari akarnya, banyak yg buahnya dirampas.. emoticon-Frown
cuman kan ente ga tau.. ga bisa keliatan kyk sapi..

trus gimana? makan tanah..?
eits.. bumi menangis ketika tanah bagian darinya ente renggut sebagai makanan emoticon-Frown

waduh..
kalo makan angin?
silahkan mumpung masih gratis, kalo mo yg enak ke tukang tambel ban nitrogen emoticon-Recommended Seller
profile picture
blindwolf
kaskus maniac
SJW vegan mode : ON emoticon-Big Grin
profile picture
ded0
kaskus addict
Ente kebanyakan minum air got yah
profile picture
anp50
aktivis kaskus
wow, ada Tuhan baru
profile picture
ya gini kalo mabok anti agama anti khilafah anti ulama, tolol nya menyerap sampai sumsum tulang belakang
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 27 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di