CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ngomong Bahasa Inggris dibilang Sok Inggris, Is That True ?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0909bd65b24d068f56cf7f/ngomong-bahasa-inggris-dibilang-sok-inggris-is-that-true

Ngomong Bahasa Inggris dibilang Sok Inggris, Is That True ?

Hallo Gansis

Bahasa Inggris adalah satu bahasa yang penggunaannya sangat luas untuk semua negara, tak terkecuali Negara Indonesia sendiri. tak kayal ada aja orang-orang di Indo ada yang menggunakan bahasa Indonesia bercampur Bahasa Inggris. mereka disebut sok inggris.


Kemarin ini ane  ngeliat video youtube yang ngebahas soal penggunaan bahasa inggris di kalangan orang Indonesia, dan di sana terjadi tuh perdebatan apa penggunaan bahasa inggris tuh bukan untuk pamer-pameran atau sok-sok an, alias emang kebiasaan aja. tapi apa benar begitu ? apa persepsi kita pada orang indo yang pake bahasa Inggris sehari-hari bisa dibilang Sok English gitu ? So cek it out pembahasan dari beberapa sudut pandang.

Bahasa
Quote:

Sok Inggris Banget
Quote:

Komunikasi
Quote:

Belajar Bahasa Inggris
Quote:

Ngomong Bahasa Inggris itu tidak Nasionalis
Quote:

Bahasa Inggris
Quote:

Penutup
Sekian Gansis sekalian, itu aja yang bisa ane paparin soal ngomong inggris. kembali lagi ke tujuan agan, kalo buat belajar dan komunikasi masih baik-baik saja kok kalo ngomong inggris, tapi kalau agan cuma mau pamer dan jumawa, mending jangan dah. karena bahasa tujuannya bukan buat pamer melainkan komunikasi.

Thank you udah Nyimak
emoticon-Sundul
Dirawan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
keenan09 dan 47 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dirawan09
Nope.... We're not.
English itu bahasa international, ga salah kalo diucapin, sekalian buat belajar juga.

Di Malaysia lebih parah gan, kemanapun agan melangkah, pasti kedengeran org yg lagi ngomong bahasa inggris, walaupun dicampur2 bahasa melayu. Apa mereka ada yg nyindir? Hell no! Malaysia itu org2nya serius dan gak ada yg suka nyindir2 atau ngebully orang, apalagi ketawa ketiwi, itu yg bikin Malaysia lebih maju dari kita.
The only downside is mereka kadang2 sombong aja gan dan susah diajak becanda, kayak tipikal Indonesia..

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh setiapmenit
profile picture
initiald91
kaskus maniac
Malaysia itu bhs inggris jadi bahasa kedua disana. Biasanya mrk yg pake bhs inggris ras chinese sm india. Makanya bhs inggris malay itu nyampur sm bhs lokal sm chinese pake akhiran 'lah'. Org sana nyebutnya manglish (malaysian english)
profile picture
setiapmenit
kaskus addict
@initiald91
Bener bray.. malah katanya ras chinese ogah pake bahasa melayu, itu yg bikin kesel org2 asli melayu di sana..

Tapi pas ane tugas kesana, kenalan2 ane yg org chinese malaysia, termasuk supir grab, selalu gw ajak ngomong bahasa Indonesia bray, dan kenyataannya mereka bisa kok bahasa melayu dikit2.. bodo amat klo mereka ga suka digituin..

Melayu is their national language.. they should at least learn a little, supaya gak punah..

emoticon-Ngakak
profile picture
da.gandul
kaskus addict
Downside apa downsize? emoticon-Bingung (S)
profile picture
setiapmenit
kaskus addict
@da.gandul
Downside gan...
Thanks..

emoticon-Ngakak
profile picture
aleclau
kaskuser
iya gan sama kayak Singapura (Singlish)
profile picture
setiapmenit
kaskus addict
@aleclau Apalagi Singapore bray... Ras chinese di Singapore gak kenal ama yang namanya bahasa Melayu, soalnya chinese jadi penguasa di sana gan, jadi hampir 100% bahasanya English kalo di Singapore

cuma org2 Singapore melayu aja yg msh bisa bahasa melayu dan ngerti bahasa Indonesia

emoticon-Ngakak
profile picture
aleclau
kaskuser
@setiapmenit iya gan
karena orang sana gak diajarin bahasa lain hanya diajarin bahasa ibu mereka
profile picture
Ya kaya ente itu yang ane permasalahkan, kenapa harus pake “the only downside” kalo selanjutnya bahasa indonesia kalo bisa pake “kekurangannya” yang lebih pendek, komplit, dan enak dibaca? Kadang ane bingung dicampur” gini buat apa sih? Kata serapan juga enggak???? Keren? Kaga menurut gua. Geli? Iya banget.
Kecuali kalian bahas sesuatu yang kalo di indonesiakan artinya bisa salah (apalagi di dunia IT tuh banyak kaya consensus lah, broker lah dll). Kata imbuhan pake bahasa inggris mah gegayaan doang kali
profile picture
exarid
kaskus addict
Mereka suku2nya beda2 negara bre dan yg saling mengerti basa inggris, sedangkan kita basa indonesia yg kebanyakan pahamnya. Tentu aja beda kasusemoticon-I Love Indonesia
profile picture
Karena mereka negara koloni inggris, jadi wajar saja. Kalo dulu jepon sampe sekarang masih menjajah Indonesia juga pasti bahasa jepang jadi bahasa nasional kita.

Kalo ane pribadi kadang ada beberapa istilah inggris yang lebih familiar dan kalo di terjemahkan jadi terasa aneh. Seperti pake HP aja bahasa nya dari dulu punya pasti pake bahasa inggris, karena kebiasaan jadi kalo disuruh setting hp orang yang pake bahasa Indonesia jadi sedikit bingung
profile picture
setiapmenit
kaskus addict
@nurhazbiy
Buseeet ngegas amaaat.. nyantai wooii!!

Tiap podcastnya Deddy Corbuzier di Youtube lu komenin kayak gini juga kali ya... Gw maklumin lah, ini Indonesia, bukan Malaysia, masih banyak yg nyinyir klo org belajar. Di sini bule2 yg belajar bahasa Indonesia aja diketawain dan dinyinyirin, di sana mana ada.. Secara etika malu gak tuh kita? Gw sih malu ya!

Gw juga ga norak kaliii dan tau sikon.. gw cuma ama temen2 yg bisa English aja kadang2 ngobrol gw diselipin English.. dan mereka juga sama.. udah ga aneh jaman sekarang.. Trit ini topiknya English, udh pasti ada yg bisa English...

Kalo ngobrol ama tukang sayur atau ama abang ojek, kaga bakal ngomong English gua, pake bahasa betawi malah...


emoticon-Ngakak
profile picture
@setiapmenit ah ngga juga, ane cuma bahas balesan ente. Konteksnya kan judul nya “apa pake bahasa inggris cuma gegayaan” yang ente jawab ngga, trus tujuan jawaban ente di campur adukkan begitu kalo bukan buat gegayaan apadong???
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 12 dari 12 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di