si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Nissan: Sang Legenda Pengangkut Kayu Gelondongan
Kembali berjumpa di forum otomotif, semoga agan sista gak bosan melihat dan membaca tulisan TS. Kali ini ane mau membahas truk lagi nih gan sist, kalau dijalanan aspal ada merek Mitsubishi sebagai rajanya. Kalau dijalan tanah maka dia bukanlah rajanya, khusus untuk jalanan tanah nama rajanya adalah Nissan. Bukan nisan yang dipakai dikuburan itu ya, Nissan satu ini adalah produk otomotif asal Jepang. Seperti apa sih kiprah truk yang dijuluki sebagai sepesialis jalan tanah dan pengangkut kayu gelondongan ini ?, mari kita bahas bersama gan sist.



Nissan TZA 520




Ilustrasi Si Oren.

Sumber



Seperti kata pembuka diatas, kali ini TS akan membahas truk yang biasa berdinas di jalan tanah, lebih tepatnya di hutan gan sist. Truk ini biasanya dipakai untuk aktifitas logging, istilah logging sendiri adalah proses penebangan kayu sampai dengan proses pengangkutannya ke truk. Mohon koreksinya kalau salah, disegmen logging ini. Kendaraan yang terkenal dan dipakai adalah produk truk dari Nissan.


Produk ini berjenis heavy duty truk, dan mulai diproduksi sejak tahun 1970-an. Heavy duty sendiri adalah jenis truk yang dirancang untuk memuat beban yang berat. Maka dari itu chasis dan mesinnya juga dirancang sederhana dan kuat. Produk Nissan sendiri masuk ke Indonesia melalui bendera United Tractor, merupakan perwakilan penjualan Nissan di Indonesia.


Truk yang dipakai di area logging adalah tipe TZA 520, nama TZA 520 sendiri merupakan kode yang digunakan Nissan untuk produknya. T adalah kode untuk bentuk kabinnya, Z adalah tipe penggerak rodanya (AWD 6×6), A adalah varian atau jenis truk dan angka 52 sebagai tipe mesin yang digunakan, yaitu RF8. Truk ini biasa ditemui didaerah Sumatera, Kaliamantan dan Papua. Dimana wilayah tersebut terkenal akan hasil kayunya. Mungkin disini ada agan yang pernah jadi pengemudi Nissan ini ?, mungkin keluarga dari agan sista pernah ada yang menjadi sopir truk logging legendaris ini ? Silakan nanti dishare dikolom komentar ya.




Mesin dan Ciri Khas Si Oren


Nissan ini desain luarnya memakai kabin jadul gan sist, dimana ada moncong panjang dibagian depannya, mirip desain Toyota Buaya. Dimana para pesaingnya dari Eropa seperti Mercy, Renault dan Volvo sudah tidak menggunakan tipe moncong seperti itu.


Desain moncong panjang ini masih dipertahankan, sehingga kelihatan jadul. Meskipun kelihatan jadul, kabin panjang ini mempunyai keunggulan pada akses mesin. Dimana lebih memudahkan dalam hal perawatan dan pengecekan mesin saat ada masalah, untuk pasar Indonesia warna kepalanya punya ciri khas yaitu warna Orange. Sehingga lebih lumrah disebut Si Kepala Oren. Interiornya sendiri tidak begitu istimewa, namun yang istimewa adalah mesin dan desain rangkanya.


Ini adalah produk truk yang tidak menggunakan nama julukan aneh, seperti Toyota Buaya atau Mercy Bagong. Mungkin karena keberadaannya yang hanya bermain diarea hutan, menyebabkan namanya kurang begitu dikenal dikalangan masyarakat luas. Para sopirnya pun sudah familiar dengan nama TZA 520. Bagian eksterior yang menjadi ciri khasnya adalah kacanya yang lumayan lebar dan dilengkapi dengan 3 wiper, sementara lampunya masih menggunakan desain bulat.







Eksterior dan ilustrasi mesinnya.




Interior Si Oren.

Sumber Foto



Untuk sektor mesinnya, Nissan-TZA520 dilengkapi dengan Mesin Diesel V8 dengan seri RF8, dengan kapasitas 17.000 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 340 ps di 2200 rpm, tenaga ini diteruskan ke rodanya dengan dibekali transmisi manual 6 kecepatan. Truk ini dirancang khusus untuk medan logging yang berupa tanah, dengan tikungan dan tanjakan tajam.


Nissan TZA 520 juga dilengkapi dengan penggerak roda 6×6 untuk memudahkan para sopirnya melewati jalan tanah yang sulit dan ekstrim, truk ini mampu membawa beban mencapai 26 ton (standard pabrik). Khusus untuk orang Indonesia, truk ini mampu membawa beban lebih dari 26 ton. Hanya dengan bermodal nyali dan pengalaman, itu lah orang Indonesia, yang penting yakin dulu.


Mesinnya sendiri terkenal bandel, karena jarang sekali rewel. Kalaupun rewel, tidak begitu sulit untuk membetulkannya kembali. Karena mesinnya masih konvensional, dan tidak banyak menggunakan perangkat elektrik, spare partnya juga lumayan banyak dipasaran. Tak heran banyak truk logging keluaran tahun 1980-an, masih diajak kerja keras keluar masuk hutan. Membayangkan Nissan dengan mesin tuanya membawa kayu gelondongan sebesar tiang listrik, membuat bulu kuduk TS merinding. Apalagi medan yang dilalui adalah tanjakan, tikungan serta turunan yang curam, akan semakin sulit ketika musim hujan datang. Dimana jalan tanahnya akan menjadi becek, dan dipastikan diarea hutan itu gak ada ojek.




Masih kuat.

Sumber





Varian yang Dipasarkan


Nissan sendiri menawarkan truk ini dalam beberapa versi, dinataranaya adalah: Nissan TZA520KT (Truck Tractor), TZA520KD (Dump Truck), TZA520VH/TZA520YH Rigid (Logging Trucks) , dan TZA520pp (Logging Tractor with Trailer). Kebanyakan yang dipakai saat ini adalah logging truk dan juga dump truknya, selain itu Nissan juga menawarkan truk khusus untuk dipasangi alat berupa crane. Dimana crane ini sangat berguna digunakan di medan berat, seperti area hutan.


Sementara untuk versi logging truk, biasanya akan dilakuakan modifikasi. Dengan penambahan rangka, dimana rangka truk tersebut akan disambung dan panjangnya disesuaikan dengan panjang kayu gelondongan yang akan diangkut. TS kurang tahu pasti berapa total panjang truk yang sudah dimodifikasi ini, tapi sepertinya mencapai 12 meter. Bisa dilihat gambar dibawah, yang pintar matematika mungkin bisa bantu menghitung total panjang truknya.




Hasil modifikasi.



Learn From The Pro.

Sumber Foto



TS mau membahas sebentar soal kayu gelondongan, sedikit oot. Gelondongan adalah istilah untuk menyebut kayu yang sudah ditebang dalam keadaan utuh, dimana ranting dan daunnya sudah dibersihkan. Ukurannya bermacam-macam, ada yang sepanjang tiang listrik sampai sepanjang tiang lampu jalan. Tapi gak ada kayu yang ukurannya dipotong sepanjang jalan kenangan.


Selain diproduksi sendiri sebagai bahan mebel, kayu ini biasanya akan dipasarkan kembali ke luar pulau atau pun untuk diekspor ke beberapa negara, karena kualitas kayunya yang jempolan. Aktifitas penebangan kayu ini sudah seizin pemerintah dan kayu yang ditebang juga tidak sembarangan, maka alat yang diterjunkan untuk penebangan ini juga lumayan banyak. Namun ada juga aktifitas penebangan kayu ilegal, dimana hal ini sering masuk berita, dan belum seizin pemerintah. Biasanya ilegal logging ini yang merusak alam, karena mereka menebang tidak sesuai aturan pemerintah.




Versi pas gak bawa kayu.

Sumber




Versi Dump Truk.

Sumber


Itu tadi sedikit tentang kayu gelondongan, balik lagi ke inti cerita ini. Meskipun sampai saat ini sudah banyak tipe truk lain dipasaran, seperti Mercy bahkan Scania disegmen logging. Namun Nissan tetap bertahan dan menjadi andalan, nafas tua mereka masih menolak menyerah dan masih mampu jadi andalan untuk mencari nafkah.


Bagi yang mau berbagi informasi tambahan mengenai truk ini, silakan nanti berkomentar dibawah. Mari berbagi dan berdiskusi bersama. Harta akan habis jika kita bagi-bagi, tapi ilmu pengetahuan tak akan pernah habis jika kita membaginya.Enjoy kaskus emoticon-Angkat Beer


Yang penasaran setangguh apa truk Nissan ini, bisa lihat video dibawah

Spoiler for Buat Yang Penasaran:


Sedikit tambahan mengenai sistem penggerak roda si oren dari agan jagotorpedo

Quote:




Referensi: sini dan sini
Ilustrasi: google image
Diubah oleh si.matamalaikat 30-06-2020 12:55
indramamoth
blueguy.co.id
tien212700
tien212700 dan 42 lainnya memberi reputasi
43
10.9K
148
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
kurapbadakAvatar border
kurapbadak
#4
Torsinya gabungan kuda, badak, gajah
indrag057
indrag057 memberi reputasi
1