CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ada Penanaman Pohon di Lokasi Revitalisasi Monas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e380fce018e0d65ea1ee490/ada-penanaman-pohon-di-lokasi-revitalisasi-monas

Ada Penanaman Pohon di Lokasi Revitalisasi Monas



Jakarta - Setelah beberapa hari tak ada aktivitas kerja di proyek revitalisasi Monas bagian selatan, kini terlihat beberapa pohon telah ditanam di lokasi. Saat revitalisasi diputuskan dihentikan sementara, pohon di sisi barat dan timur plaza tidak terlihat.
Dilihat detikcom, Senin (3/2/2020), pohon-pohon itu telah dipangkas di bagian atas dengan hanya menyisakan beberapa dahan dan daun. Batang pohon disokong dengan beberapa bambu menyilang agar tegak.

Pohon-pohon itu ditanam di bagian tribun di sisi barat dan timur plaza. Pada bagian tribun timur, masih beroperasi alat berat backhoe menggali tanah di lokasi penanaman pohon pada pukul 18.15 WIB.

Dilihat dari konsep Plaza Selatan Monas yang terpasang sebagai pembatas dan penutup lokasi proyek, tergambar pohon-pohon rindang di belakang tribun. Gambaran pohon di lokasi saat ini sama dengan konsep yang tergambar.

Diketahui, soal penebangan pohon di revitalisasi Monas menjadi perbincangan. Banyak yang menyayangkan adanya tindakan tersebut, termasuk Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Kemensetneg mengatakan hasil desain pemenang sayembara berbeda dengan detail engineering design (DED) yang menjadi panduan revitalisasi Monas sekarang. Desain pemenang lomba disebut memiliki konsep konservasi terhadap alam.

"Jauh berbeda, pemenang hasil desain pemenang sayembara itu berbeda dengan DED yang menjadi dasar pembangunan sekarang ini," kata Sekretaris Kemensetneg Setya Utama kepada wartawan, Rabu (29/1) malam.

Setya lantas membeberkan contoh perbedaan desain hasil sayembara dengan desain revitalisasi Monas saat ini. Salah satunya beton yang melebar sehingga memotong pohon-pohon.

"Jauh dari sayembara karena sayembara itu di sana saya masih ingat betul tidak ada kemudian beton membeton, melebar ke kanan kiri sehingga harus mencabut atau memotong pohon-pohon, nggak ada. Jadi memang kan diwajibkan untuk membuat plaza upacara, setiap peserta sayembara diwajibkan untuk membuat itu tetapi dalam desainnya nggak ada kemudian melebar ke kanan kiri, hanya persis yang di-conblock itu," ujar dia.

Sebenarnya, saat ini proyek revitalisasi Monas sedang diberhentikan sementara sejak Selasa (27/1) sampai keluar izin dari Komisi Pengarah. Pemberhentian itu sesuai dengan permintaan dari Mensetneg Pratikno selaku ketua Komisi Pengarah.

https://m.detik.com/news/berita/d-48...lisasi-monas/2

Sekalipun selalu di dukung dan di benarkan generasi kadrun.

Tetap.....

Hasil tidak akan pernah bohong...

Dengan di hentikannya revitalisasi monas dampaknya gelaran formula E akan semakin lambat progresnya padahal tinggal menghitung bulan.

Kita tidak tau strategi politik apa yg diterapkan oleh pusat tuk memberi pelajaran bagi seorang gubenur yg jelas berani menantang langsung kekuasaan tertinggi negara....

Bisa jadi yang di anggap bakal lebih menaikan popularitas malah menjadi bumerang diri sendiri.
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gabener.edan
Pohon kurma kah?
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di