KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Travellers /
5 Destinasi Wisata Curug di Pemalang yang Sangat Recommended
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dcd646068cc95014350a327/5-destinasi-wisata-curug-di-pemalang-yang-sangat-recommended

5 Destinasi Wisata Curug di Pemalang yang Sangat Recommended

Destinasi Wisata di Pemalang






Assalamualaikum. Hai, Agan dan Sista semua. Jumpa lagi di thread ane. Semoga tak bosan berkunjung ke sini, ya.


Pemalang merupakan salah satu kota di Jawa Tengah. Letak kota ini diapit oleh Kota Pekalongan dan Kota Tegal. Namun, sayangnya masih banyak yang belum mengenal kota ini. Bahkan kerap masih banyak orang dari luar Pemalang yang menyangka Pemalang sama dengan Kota Malang yang ada di Jawa Timur.

Selain tujuh destinasi wisata yang menarik di Pemalang, kota ini juga memiliki curug atau air terjun yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Umumnya, wisata curug ini masih sangat alami dan belum mendapat perhatian khusus dari Pemerintah. Harga tiket masuknya pun bisa dikatakan sangat terjangkau.

Sebenarnya ada banyak curug di Kota Pemalang, tapi di kesempatan kali ini hanya 5 curug saja yang akan dibahas.

Berikut ini 5 destinasi wisata curug yang ada di Kota Pemalang :

1. Curug Maratangga

Quote:


Curug ini terletak di Desa Sima, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang. Air terjun yang jernih dan segar mengalir dari ketinggian 7 meter. Belum ada tarif resmi untuk masuk ke curug ini. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000,-

Untuk dapat mencapai air terjun, pengunjung harus berjalan kurang lebih 300 meter dari area parkir. Selama perjalanan menuju tempat ini, pemandangan alam seperti area persawahan dan bukit-bukit yang berjejer indah akan memanjakan mata kita.

2. Curug Sibedil

Quote:


Curug Sibedil terletak di desa yang sama dengan Curug Maratangga, yaitu Desa Sima, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang. Berbeda dengan Curug Maratangga, Curug Sibedil ini berada di tengah perkampungan warga. Namun, kendati demikian, curug tersebut masih sangat terjaga keasriannya.

Nama Sibedil sendiri berasal dari batu mirip moncong senapan atau meriam yang berada tak jauh dari curug. Oleh masyarakat setempat disebut bedil. Sebab itulah curug tersebut pun diberi nama Curug Sibedil.

3. Curug Duwur

Quote:


Curug yang satu ini terletak di Dusun Karang Pucung, Desa Wanarata, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang. Lokasinya berada jauh dari perkampungan warga, sehingga kondisi di curug ini masih sangat alami.

Sepanjang perjalanan menuju curug ini pun pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang indah berupa bukit-bukit yang berjejer memanjang, hijaunya persawahan yang terbentang luas, dan juga semilir angin yang sepoi.

Letak curug yang lumayan tinggi, yaitu di antara perbukitan, menjadikan tempat ini hanya dapat diakses dengan jalan kaki. Dari tempat penitipan motor, pengunjung harus berjalan lebih kurang 30 meter melewati sawah dan bukit yang dipenuhi pohon Pinus.

4. Curug Sidok

Quote:


Curug Sipendok, atau yang oleh masyarakat lebih dikenal dengan nama Curug Sidik, terletak di Desa Mandiraja, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang. Curug ini berada di lokasi yang jaraknya 300 meter dari batas rumah penduduk.

Untuk mencapai lokasi curug ini, pengunjung harus melewati jalan setapak kecil yang kanan kirinya ditumbuhi pohon Bambu. Ketinggian air terjun ini lebih kurang 8 meter. Udara yang sejuk, pepohonan rimbun, batu-batuan yang besar, dan air yang jernih menjadikan para pengunjung bakalan betah berlama-lama di sini.

5. Curug Barong

Quote:


Curug ini terletak di Dusun Barong, Desa Simpun, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang. Meskipun lokasinya berada di tengah hutan, tapi jangan khawatir. Keamanan di sana terjaga. Perjalanan menuju wisata ini melewati jalan yang berkelok-kelok.

Dari tempat parkir, pengunjung harus berjalan kurang lebih sejauh 3 Km. Selain jalan yang berkelok-kelok, untuk mencapai curug ini pun harus berjalan melewati medan yang lumayan panjang dan terjal. Sepanjang perjalanan, pemandangan alam yang hijau terbentang luas. Penat selama perjalanan pun akan terbayar begitu sampai di lokasi curug yang indah ini.

Nah itulah 5 destinasi wisata curug yang ada di Kota Pemalang. Sangat recommended bagi Agan dan Sista yang tengah mencari tempat wisata dengan kondisi alam yang masih alami untuk berlibur. Tertarik mengunjungi ke lima curug tersebut? Silakan datang ke Pemalang, Gansis.

Sekian dulu dari ane. Semoga bermanfaat. Kurang dan lebihnya mohon maaf. Ditunggu cendol, rate, dan komennya, Gansis.




Penulis : Haz
Referensi Tulisan : 1, 2, 3, 4, 5
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 20 lainnya memberi reputasi
Quote:


Aamiin.

Quote:


Terima kasih, ayo ke Pemalang. 😍

Quote:


Ane asli Pemalang, Gan, tapi nggak gitu dekat juga rumahnya sama tempat-tempat ini 😁

Quote:


Harusnya jangan magrib-magrib ya, Gan. Serem. 😅

Quote:


Semoga suatu saat nanti bisa ke sini, Gan.

Quote:


Ditunggu kunjungannya ke Pemalang, Gan.
profile-picture
Daniswara92 memberi reputasi
profile picture
Daniswara92
kaskus addict
hehehe, semoga ya gan
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di