CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jam Pintar Nettox Atasi Kecanduan Internet
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc482c38012ae27cc1d92ce/jam-pintar-nettox-atasi-kecanduan-internet

Jam Pintar Nettox Atasi Kecanduan Internet

Nettox adalah singkatan dari Internet Detox. Alat Detoksifikasi untuk atasi kecanduan Internet berupa jam tangan pintar ini diciptakan untuk mengurangi angka pemakaian gadget akibat penggunaan internet berlebihan. Jam Pintar Nettox Atasi Kecanduan Internet buatan anak bangsa.

Jam Pintar Nettox ciptaan anak bangsa

Siapa Pencipta Nettox?
Alat Nettox diciptakan oleh tiga mahasiswa Universitas Indonesia. Mereka adalah Irfan Budi Satria (Teknik Elektro angkatan 2016), Nabila Ayu Budianti (Biologi 2016 Fak. MIPA) dan Alhuda Reza Mahara (Teknik Komputer 2016).

Mampukah Jam Pintar Nettox Atasi Kecanduan Internet
Nettox Watch menggunakan teknologi terapi berbasis Biofeedback, yaitu menggunakan sinyal-sinyal biologis tubuh untukmemberikan peringatan kesehatan kepada pengguna yang menggunakan internet pada Smartphone secara berlebihan karena hal tersebut memiliki dampak negatif terhadap kesehatan, seperti penurunan variabilitas detak jantung (HRV).
Walaupun dibuat menyerupai jam tangan namun ukuran Nettox masih terbilang besar dibandingkan jam tangan pada umumnya. Hal ini dikarenakan didalam Nettox terdapat Sensor canggih.
Pengukur Kandungan Oksigen pada Sel Darah Merah atau Hemoglobin Oxygen Level serta Pengukur Detak Jantung (Heart Rate Variability atau HRV).

Jam Pintar Nettox
Setelah dikembangkan selama tiga bulan, Nettox diuji coba kepada seorang mahasiswi bernama Tyas Sisianindita. Tyas menghabiskan delapan jam sehari menggunakan gadgetnya. Ini sudah dalam taraf kecanduan internet.

Akibat penggunaan internet berlebihan maka detak jantung mulai dan kadar oksigen dalam darah pengguna gadget mulai menurun, Nettox akan memperingatkan untuk segera berhenti menggunakan gadget. Inilah tujuan diciptakannya alat ini, untuk atasi kecanduan internet.

Saat ini ketiga mahasiswa tersebut telah membuat prototype Nettox Watch. Dijelaskan lebih lanjut bahwa hasil dari penggunaan jam pintar Nettox ini akan berbeda pada masing-masing pengguna.

Nettox memiliki personalisasi berupa informasi kondisi fisik pengguna yang akan mempengaruhi bacaan variabilitas detak jantung, dan preferensi pengguna untuk menerima feedback seperti apa (visual, auditori, kinestetik) yang ingin diterima dari Nettox Watch.

Tidak bisa dibantah bahwa tingginya penggunaan gadget dan internet saat ini disebabkan semakin murahnya akses ke layanan tersebut. Mulai dari menonton video, interaksi melalui sosial media sampai mengabadikan momen-momen tertentu.


Penggunaan Gadget Berlebihan
Semoga saja Nettox dapat segera diproduksi massal dan untuk atasi kecanduan internet yang disebabkan penggunaan internet berlebihan.:

Sumber Berita : SukaBanget.Com


profile-picture
profile-picture
profile-picture
deawijaya13 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Kalo ini udah alam bawah sadar yang bertindak. Refleks buat mengabaikan.

Quote:


Yup.. betul gan. Kita butuh generasi penerus Alm. BJ. Habibie

Quote:


Mantul gan!

Quote:


Betul, di versi awal ini lebih tepatnya meminimalisir. Tapi siapa tau di versi berikutnya bener bener bisa mengatasi. Kita support aja karya anak bangsa

profile-picture
deawijaya13 memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di