KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Buku /
Harlequin vs Hisrom, Genre Buku yang Bikin Adem Panas. Ente Suka Baca Yang Mana?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc3764cc9518b78f62e75ac/harlequin-vs-hisrom-genre-buku-yang-bikin-adem-panas-ente-suka-baca-yang-mana

Harlequin vs Hisrom, Genre Buku yang Bikin Adem Panas. Ente Suka Baca Yang Mana?

Beberapa waktu lalu Lori gabung di grup jastip. Kebetulan banget pas ada LS (Live Show) buku Gramedia. Berhubung diperbolehkan buat ngasih WL (Waiting List) jadinya Lori dengan pedenya pesan novel Hisrom dan Harlequin.

Dan apa yang terjadi kemudian saudara-saudara? Lori ditanyain Novel apa itu. Waduh, bingung juga yang jelasin. Kan Lori nggak ada daftar judul secara khusus. Akhirnya Lori cuma minta jastip buat fotoin novel yang ada tulisannya Historical Romance (Hisrom) dan Harlequin.

Lori sebenarnya lebih senang baca novel Fantasi, tapi karena ada teman yang senang sekali dengan kedua jenis genre ini jadinya ikut penasaran.

Pas ketemu dengan novelnya Sabrina Jeffries dan Julia Quinn yang berseri. Lori memang lemah di novel yang serial karena penasaran dengan kehidupan tokoh lain. Itu yang membuat jatuh cinta pada novel Hisrom.

Sebenarnya apa sih perbedaan kedua Genre ini?

Historical Romance (Hisrom)

Dokpri


Novel ini termasuk novel romantis dengan latar belakang abad 19. Tokoh masih memakai gaun yang lebar dan berlapis-lapis. Seringnya berkisah tentang kehidupan kaum kelas atas dengan berbagai aturan ketat dan season untuk mencari jodoh.

Tak jarang menceritakan tentang hubungan intim antar tokoh yang menjadi bumbu cerita ini. Ada beberapa yang berseri, ini yang Lori sukai. Walau pun agak pusing kalau berburu nggak langsung dapat komplit.

Beberapa nama penulisnya antara lain : Julia Quinn, Sabrina Jeffries, Suzanne Enoch, Johanna Lindsey, Sally MacKenzie, dsb.

Penerbit yang sering mencetak Hisrom antara lain Gramedia, Elex, dan Dastan. Sayangnya Dastan udah tutup, buku cetakannya jadi langka. Padahal bagus-bagus lho.

Hisrom terbitan Gramedia biasanya memakai cover Lady dengan gaun indah. Dastan memakai cover kastil. Elex memakai cover padang bunga atau kastil.

Harlequin


Dokpri


Harlequin sebenarnya adalah nama penerbitan di luar negeri tapi di Indonesia jadi genre buku. Ciri khas yang bikin kipas-kipas karena adem panas adalah covernya yang hot. Menampilkan cowok yang telanjang dada atau pun cewek dengan pakaian seksi. Posenya pun nggak main-main, terlihat intim. Tapi nggak semua seperti itu sih. Ada beberapa yang cukup sopan.

Cerita cintanya tergolong ringan dan tidak terlalu tebal bukunya. Meski pun begitu, ada juga yang berseri.
Sebagian besar berkisah tentang tokoh cowok yang tampan, kaya, dan memiliki berbagai kelebihan. Bukan hot yang menjijikkan karena ditulis dengan vulgar, tapi hanya adegan pemanis cerita.

Beberapa nama penulisnya antara lain : Emma Darcy, Sarah Morgan, Alice Sharpe, Debbie Macomber, Susan Meier, Diana Palmer, dsb. Kalau Harlequin suka cerita yang tokohnya dokter. Mungkin karena Lori berkecimpung di dunia kesehatan, jadi lebih mengena.

Nah, ente termasuk yang suka baca Harlequin atau Hisrom? Kenapa bisa suka? Jangan lupa share bila bermanfaat.

Nb : mau cari cover yang bikin kipas-kipas ternyata sudah nggak punya lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
IztaLorie dan 54 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh IztaLorie
Lagi menjauh sama novel dan sejenisnya, lagi bokek. Cuma ngandelin giveaway sama hadiah lomba😭
profile-picture
IztaLorie memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di