CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Travellers /
Ingin Mendaki 'Gunung Kembar'? Ke Sini Aja Dan Rasakan Sensasinya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc6a48ca727686f8a6599fa/ingin-mendaki-gunung-kembar-ke-sini-aja-dan-rasakan-sensasinya

Ingin Mendaki 'Gunung Kembar'? Ke Sini Aja Dan Rasakan Sensasinya!


sumber: Klik

Halo halo, AganSista terzeyenk. Ketemu lagi di thread ane. Sekarang lagi rame bahasan tentang gunung ya. Ane nggak mau ketinggalan, mau ikut meramaikan dong. Kali ini tentang gunung kembar. Ya, gunung kembar yang menakjubkan.😂😂

(Yang rada ke kiri silakan urut dada dulu, ya, GanSist, ke belakang juga boleh. 😎😎😂)


Apa yang Agan Sista bayangkan tentang gunung? Pasti sebuah gundukan besar dengan pemandangan indah mempesona. Tempat tertinggi di muka bumi yang bisa AganSista capai setelah perjuangan yang luar biasa. Tidak ada kendaraan yang akan mengantar AganSist untuk mencapai puncak-puncak itu, kecuali kaki Anda sendiri.

Mungkin beberapa pengecualian dengan memakai helikopter ya, AganSist. Tapi itu bukan mendaki namanya, itu terbang. emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Pemandangan luar biasa di puncak gunung ini membuat mereka yang pernah mendaki akan ketagihan. Tak puas dari satu puncak gunung, mereka akan bergerilya ke puncak gunung lain. Bahkan, ada yang sampai bisa mendaki dua puncak gunung dalam satu hari!

Ah, masaa??🙄🙄

Serius, AganSist. Jika fisik dan cuaca mengizinkan, Agan dan Sista bisa menikmati pemandangan dari dua puncak gunung ini dalam satu hari. Itu karena jarak mereka berdekatan makanya disebut gunung kembar.

Keduanya adalah Marapi dan Singgalang. Terletak di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Berikut ane sertakan fakta dan keunikan gunung kembar fenomenal ini ya, GanSist. Cekidot.

1. Tinggi yang Nyaris Sama


Kedua gunung ini memiliki tinggi yang tidak jauh berbeda. Gunung Marapi berada di 2.891 mdpl sedang Gunung Singgalang 2.877 mdpl. Tuh kan, tidak jauh beda ya?



sumber: klik

2. Karakter yang Jauh Berbeda

Uniknya, dua gunung ini memiliki karakter yang sangat jauh berbeda. Jika Gunung Marapi adalah salah satu gunung api teraktif di Sumatera Barat, maka Gunung Singgalang sudah lama mati. Kawahnya sudah ditutupi air yang membentuk danau cantik daya tarik utama gunung ini.


sumber: Gunung Marapi

Sementara untuk durasi mendaki, waktu yang dibutuhkan lebih lama untuk sampai ke puncak Singgalang daripada Marapi. Mungkin dikarenakan medan dan trek pendakian Singgalang yang lebih terjal dan banyak akar pepohonan.



3. Bisa Ditempuh Dalam Satu Hari

Ini dibuktikan salah satunya oleh seorang pendaki yang bernama Willem Sigar Tasiam pada 01 Juni 2016 lalu. Dia mendaki Marapi sekitar pukul 00.00 WIB dan kembali ke pos awal di Koto Baru pada pukul 08.00 pagi. Kemudian dia segera menuju pos pendakian Singgalang dan mulai mendaki pada pukul 10.00. Pada pukul 18.30 dia sudah tiba kembali di pos pendakian awal di Desa Pandai Sikek, Kab. Tanah Datar. Luar biasa, ya, GanSist.



sumber: Gunung Singgalang


4. Punya Ikon Tersendiri


Tentu setiap perjuangan itu ada hasilnya, ya, GanSist. Demikian pula dengan pendakian ke dua gunung itu. Begitu sampai Agan Sista akan disuguhi oleh pemandangan dan ikon-ikon menarik yang tak akan terlupakan.


Di Gunung Singgalang, pada ketinggian 2.765 mdpl, Agan Sista akan menemukan dua danau seluas satu hektar bekas kawah mati. Namanya Telaga Dewi dan Telaga Kumbang. Kedua danau ini menjadi ikon Gunung Singgalang dan merupakan tujuan utama para wisatawan yang berkunjung.


sumber : Telaga Dewi

Sementara icon Marapi adalah Puncak Merpati. Puncak tertinggi di mana para pendaki bebas melayangkan pandang ke sekeliling tanpa hambatan. Sehingga ada istilah populernya, belum naik Gunung Marapi, kalau belum menikmati Puncak Merpati.


sumber: Puncak Merpati

Tak jauh dari Puncak Merpati, 10-15 menit perjalanan menurun, terdapat Taman Edelweiss yang tak kalah memesona. Bunga abadi itu tumbuh rimbun diantara cadas dan bebatuan.


sumber: Taman Edelweis

Nah, GanSist, keren bukan? Tak heran gunung ini juga kerap menjadi sasaran pecinta fotografi untuk memburu foto terbaik. Bahkan seorang Dirut Utama PT Semen Padang, Yosviandri, berhasil mengabadikan penampakan puncak gunung yang seolah menyeruak dari gumpalan awan putih. Iyap, foto perdana di laman ini adalah jepretan beliau, GanSist. Amazing, ya.emoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Jempolemoticon-Jempol


Demikianlah, AganSista. Semoga menambah referensi bagi Agan dan Sista yang hobi mendaki ya, dan menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih sudah singgah. Salam.

Referensi :klik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sofiyuen dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sofiyuen
Suka liat edelweis nya 😍
profile-picture
sofiyuen memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di