KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Simbol Kebangkitan Sepakbola Ukraina
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc2a1dfb8408827b205390d/simbol-kebangkitan-sepakbola-ukraina

Simbol Kebangkitan Sepakbola Ukraina


Sumber Gambar: FIFA.com

Ukraina memang bukan salah satu kiblat persepakbolaan di Eropa, mungkin jika kita mendengar nama Ukraina yang pertama kali terlintas di kepala adalah nama Andriy Shevchenko, striker tajam kelas dunia yang sempat menyabet gelar Ballon d'Or tahun 2004. Selain itu apalagi sih prestasi timnas Ukraina ini?

Dua puluh tiga tahun yang lalu, benua Eropa dihancurkan oleh bencana nuklir terburuk yang pernah ada di dunia. Baru empat bulan kemudian, manajer masa depan tim nasional Andriy Shevchenko, akhirnya dievakuasi bersama teman-teman sekelasnya.


Pada saat itu, Negara Soviet Ukraina masih ada, bersama dengan kebencian komunisnya yang kuat terhadap Barat. Bahkan bencana yang mengubah planet masih ditutup-tutupi untuk menyembunyikan rasa malu nasionalnya.

Dengan akibatnya, Ukraina hanya memiliki sedikit hal untuk ditunjukkan, begitu jatuhnya tembok pada tahun 1991 terjadi. Hanya sekilas kecil bakat sepakbola terkurung yang tersembunyi dipotret selama 70-an dan awal 80-an, oleh negara-negara yang mendominasi tim era Dynamo Kyiv.

Sejak mereka memerdekakan diri dari Uni Soviet pada 1991, sebelumnya mereka hanya meramaikan babak kualifikasi Piala Dunia dan Piala Eropa. Bibit pemain muda Ukraina mulai menunjukkan taringnya saat menelurkan nama-nama seperti Andriy Shevchenko, Sergiy Rebrov, Oleksandr Shovkovskiy dan Anatoliy Tymoschuk.

Spoiler for Legend:


Usaha Ukraina untuk menjadi tim yang besar memang tidak main main,

Tim senior nasional Ukraina telah lolos ke Piala Dunia FIFA, pada tahun 2006, di mana mereka mencapai babak perempat final yang dipimpin oleh mantan pemain bintang sepak bola Soviet Oleh Blokhin. Tim ini juga lolos beberapa kali ke kejuaraan Piala Eropa pada 2012 dan 2016. Tim junior Ukraina berhasil mencapai final UEFA European U-21 Championship 2006 dan  memenangkan Kejuaraan U-19 Eropa 2009 dan berhasil mencapai final Piala Dunia FIFA U-20. Tim pelajar Ukraina memenangkan dua turnamen sepak bola di Summer Universiade dan berhasil mencapai final yang lain. Bahkan prestasi terbaru mereka adalah menjuarai Piala Dunia FIFA U-20 2019 di Polandia.

Spoiler for FIFA U-20 World Cup 2019:


Dynamo Kyiv dan Shakhtar Donetsk adalah beberapa klub yang paling dikenal yang berasal dari Ukraina. Dynamo Kyiv melacak ketenarannya dari masa Soviet ketika mereka memenangkan Piala Winners Eropa dua kali pada tahun 1975 dan 1986. Pada tahun 1975 Dynamo Kyiv memperluas keberhasilannya ke Piala Super UEFA juga. Pada 2009, Shakhtar Donetsk memenangkan Piala UEFA. Di antara pemain terkenal yang keluar dari Ukraina adalah Oleh Blokhin dan Andriy Shevchenko. Pelatih legendaris Valeri Lobanovski memimpin Dynamo Kyiv untuk kemenangan mereka ke masa kejayaannya dan kemudian ia di tim sepak bola nasional Ukraina: Dia adalah pahlawan sepakbola Ukraina!!.

Shakhtar Donetsk juga mampu bersaing di level Eropa dengan mampu menggondol UEFA Cup pada 2008-2009, dan kini dibawah Andriy Shevchenko Ukraina mampu lolos ke Piala Eropa 2020 dengan mengungguli Portugal dengan Cristiano Ronaldonya.

Seistimewa apakah Sheva sebagai pelatih? sebagai pemain ia pernah dilatih secara langsung oleh maestro sepakbola seperti Valeri Lobanovskiy dan Carlo Ancelotti. Permainan militan menyerang bak tentara yang penuh semangat diiringi dengan skema taktis lini tengah yang sangat harmonis dan teraturnya lini bertahan dalam menjaga daerahnya membuat Ukraina sebagai timnas yang sangat kompak walaupun tak memiliki pemain bintang yang bersinar di klub klub Eropa.

Tercatat hanya nama Andriy Yarmolenko, Oleksandr Zinchenko, dan Ruslan Malinovskiy yang mampu bermain cemerlang di Liga diluar Ukraina, selebihnya hanya pemain liga lokal dan liga kelas dua di Eropa.

Lihatlah siapa saja dibelakang Sheva, Mauro Tassotti sang asisten pelatih yang dulunya juga menjabat sebagai asisten Pelatih Ancelotti di AC Milan, kemudian ada Andrea Maldera yang juga orang kepercayaan Ancelotti dalam meracik taktik selama di Milan. Pelatih kiper dilatih langsung oleh sang kiper legendaris Oleksandr Shovkovskiy dan jangan lupa Ruslan Rotan yang mampu membawa tim junior Ukraina berprestasi.

Spoiler for Staff:




[table][tr][td][/td]
[td]Kita lihat sepak terjang Ukraina dalam beberapa tahun ke depan, atau mungkin kita bakal bisa lihat langsung mereka main di Piala Dunia U-20 di Indonesia?
emoticon-I Love Indonesia

Semoga Timnas Indonesia mampu meniru prestasi mereka ya gan.

profile-picture
profile-picture
anarchy0001 dan achmad526 memberi reputasi
Diubah oleh ahlifosil
mejeng pejwan ah
Diubah oleh rahmata.p
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di