KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
Hati-hati, Sofa di Rumahmu Ternyata bisa Berbahaya buat Kucing!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc526ce337f9330bd13f7e2/hati-hati-sofa-di-rumahmu-ternyata-bisa-berbahaya-buat-kucing

Hati-hati, Sofa di Rumahmu Ternyata bisa Berbahaya buat Kucing!

Agan dan Sista pecinta kucing, hati-hati, ya. Penelitian baru-baru ini menemukan kalau beberapa benda yang umum ditemukan di rumah bisa berbahaya buat kucing kalian. Salah satunya adalah sofa.



Yap, kalian mungkin harus berpikir dua kali sebelum membiarkan si mpus golar goler di atas sofa kalian. Sebab, tempat tidur favoritnya ini bisa secara nggak sengaja membuat si kucing terpapar racun yang bisa berkembang menjadi hipertiroidisme atau penyakit hipertiroid.

Hipertiroidisme  terjadi saat kelenjar tiroid kucing membesar, dan memproduksi tiroid secara berlebihan. Menurut  American Animal Hospital Association (AAHA), penyakit hipertiroid ini pertama kali didiagnosa pada kucing pada tahun 1979. Satu tahun kemudian, di tahun 1980, 1 dari 200 kucing telah didiagnosa terkena penyakit ini. Dan, hari ini, 1 dari 10 kucing bisa terkena hipertiroidisme!

Menurut studi yang diterbitkan di jurnal American Chemical Society tahun 2019, kandungan flame retardant (retardan api/penghambat nyala) yang biasanya ada pada barang-barang rumah tangga-lah yang menjadi penyebab utamanya. Kandungan ini bisa ditemukan pada furnitur dengan kain pelapis seperti sofa kain, barang elektronik,  serta pada pengharum ruangan.



Para peneliti meyakini bahwa flame retardant mengandung bahan-bahan yang bisa mengacaukan sistem endokrin, dan menimbulkan penyakit tiroid,  yang punya gejala seperti penurunan berat badan, peningkatan nafsu makan. haus berlebihan, muntah, diare, hingga kelemahan dan kelesuan.

Bahan-bahan tersebut, antara lain adalah polybrominated diphenyl (PBDE), dan TDCIPP. Penelitian udah menemukan kalau kucing yang terkena hipertiroidisme punya level TDCIPP yang lebih tinggi di tubuh mereka. Kucing-kucing yang punya kandungan TDCIPP yang tinggi ini adalah mereka yang biasa terpapar oleh pengharum ruangan dan yang suka tidur siang di atas sofa kain.



Nah, intinya, harus bener-bener dijaga nih barang-barang yang terpapar sama kucing kita. Mungkin si kucing bisa dikasih sofa sendiri kali ya, supaya lebih aman.


sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
siapika dan 4 lainnya memberi reputasi
wow emoticon-Matabelo baru tau siich aneee jujuurrrr......

ane baruuu banget melihara kucing.... makasih infonya..... hihi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di