KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mau ke Perancis Atau Suka Melihat Liga Perancis? Jangan Salah Ucap Nama Kota-Kota Ini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db84a9c10d29519c8042022/mau-ke-perancis-atau-suka-melihat-liga-perancis-jangan-salah-ucap-nama-kota-kota-ini

Mau ke Perancis Atau Suka Melihat Liga Perancis? Jangan Salah Ucap Nama Kota-Kota Ini



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Shalom, salam sejahtera. Om swastiastu. Namo buddhaya. Wei de dong tian.

emoticon-I Love Indonesia

Hai, GanSis. Apa kabar? Kali ini ane mau membahas tentang ejaan yang betul nama kota-kota di Perancis. Biar mirip sama native speaker, hasyeeeeek....

emoticon-I Love Indonesia


Menara Eiffel, Paris, Perancis.
Gambar: worldadventurists.com
---------------


Siapa sih yang gak mengenal Perancis? Sepertinya gak ada ya GanSis. Nama salah satu negara di Eropa Barat yang memiliki peran lumayan penting bagi dunia. Menjadi negara terluas ketiga di Eropa, setelah Rusia dan Ukraina, Perancis selama ratusan tahun menjadi pusat seni kebudayaan dan ilmu pengetahuan dunia.

Kalau gak ada Perancis, mungkin kita gak akan bisa berpolitik dengan baik dan benar sebab banyak pemikir atau filsuf yang berasal dari Perancis. Sebut saja Jean Jacques Rousseau, Maximilien Robespierre, Montesquieu, Rene Descartes, dll.

Perancis juga menyumbang banyak ilmuwan dan penulis, seperti Albert Camus, André Ampère, Blaise Pascal, Louis Daguerre, dll. Serta beberapa seniman, seperti Claude Monet, Jean-Baptiste Greuze, Paul Delaroche, dll.

Ok, intinya Perancis itu salah satu negara di dunia yang memiliki pengaruh sangat besar GanSis. Makanya banyak orang yang suka dan bercita-cita ingin pergi ke Perancis. Selain kuliner yang enak banget, Perancis juga menawarkan banyak destinasi menarik dan romantis, seperti Istana Versailles, Menara Eiffel, Musée d’Orsay, Museum Louvre, dll.


Museum Louvre.
Gambar: livescience.com
---------------


Nah, masalahnya bahasa Perancis itu salah satu bahasa yang rumit buat lidah orang Indonesia. Mereka punya bunyi "r" yang spesial, namanya bunyi uvular fricative. Bunyi "r" dari tenggorokan yang mirip orang mau membuang dahak atau kumur-kumur.

emoticon-Leh Uga

Bahasa Perancis menurut ane juga bahasa boros. Huruf konsonannya banyak, tapi gak terpakai semua. Setiap bahasa memang memiliki ciri masing-masing sih hehe. Kali ini ane bakal memberitahukan cara pengucapan yang benar nama kota-kota di Perancis. Biar lebih mirip orang lokal.

Oh ya, sebelumnya ane mau kasih panduan. Kalau ane tulis (NG) berarti dengung samar ya GanSis. Jangan jelas-jelas, bunyi –ng tipis saja.

Juga kalau ane tulis KH berarti bunyi "r" ala Perancis yang keluar dari tenggorokan.

Terus kalau ane tulis Ê berarti bunyi e pepet, seperti pada kata pênat, kalêm, bêsar, dll.

Lalu kalau ane tulis É berarti bunyi e taling, seperti pada kata mérah, bécak, sétan, dll.

Ok, ini dia pengucapan yang baik dan benar nama kota-kota di Perancis!

1. Ajaccio
AJAK-SYO


Ajaccio, Perancis.
Gambar: njcharters.com
---------------


2. Amiens
AMI-YÊ(NG)

3. Angers
AO(NG)-ZÊ

4. Annecy
AN-SI

5. Ardennes
AKH-DÉ-NÊ

6. Auxerre
OU-SÉKH

7. Avignon
AVI-NYO(NG)

8. Bordeaux
BOKH-DO


Bordeaux, Perancis.
Gambar: inntravel.co.uk
---------------


9. Brest
BKHÉS

10. Caen
KA(NG)

11. Cannes
KAN


Cannes, Perancis.
Gambar: seadream.com
---------------


12. Chambly
SHAM-BLI

13. Chateauroux
SHA-TO-KHU

14. Clermont-Ferrand
KLÉKH-MO(NG) FÉ-KHO(NG)

15. Dijon
DI-ZO(NG)

16. Grenoble
GKHÊ-NOU-BLÊ


Grenoble, Perancis.
Gambar: studapart.com
---------------


17. Guingamp
GÉ(NG)-GAOM

18. Le Havre
LÊ AVKH

19. Le Mans
LÊ MAO(NG)

20. Lens
LAOS

21. Lille
LIL

22. Lorient
LOKH-YA

23. Lyon
LYO(NG)


Lyon, Perancis.
Gambar: baerumkulturhus.no
---------------


24. Marseille
MAKH-SÉY

25. Metz
MÉS

26. Montpellier
MONG-PÊLI-YÉ

27. Mulhouse
MU-LUZ

28. Nancy
NA(NG)-SI


Nancy, Perancis.
Gambar: destinia.com
---------------


29. Nantes
NAOT

30. Nice
NIS

31. Orléans
OKH-LÉAO(NG)

32. Paris
PA-KHI


Paris, Perancis
Gambar: exploretheworldblogs.blogspot.com
---------------


33. Rambouillet
KHAOM-BU-YÉ

34. Reims
KHÊS

35. Rennes
KHÉN

36. Roubaix
KHU-BÉ

37. Saint-Étienne
SAÉT ÉT-YÉN


Saint-Étienne, Perancis.
Gambar: pinterest.com
---------------


38. Sochaux
SO-SHO

39. Strasbourg
STKHAS-BUKH

40. Toulouse
TU-LUZ

41. Toulon
TU-LO(NG)

42. Troyes
TKHWA

43. Valenciennes
VA-LAO(NG)-SYÉ-NÊ


Valenciennes, Perancis.
Gambar: bonjourlafrance.com
---------------


44. Versailles
VÉKH-SAY

45. Villeurbanne
VI-LOKH-BAN

Sebenarnya masih banyak lagi nama kota-kota di Perancis, tapi 45 saja dulu. Soalnya kota-kota di atas biasanya menjadi destinasi wisata favorit turis asing. Oh ya, kalau ada yang mau menambahkan juga boleh banget.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sumber Referensi:
1 2

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sekian thread dari ane. Ambil bagusnya, buang buruknya. Semoga bermanfaat. Bye.

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mengeja dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mengeja
pengennn banget dehhh!!
Wah thread yang begini menurut ane sangat bermanfaat ya gan sis
Coba baca dan pahami thread macam ini yang baik segera disharekan ke teman-teman dan yang nggak oke usul aja atau jangan dishare. Ane suka banget sama thread ini gan sis
Super duper kece dan ane sendiri jadi paham tentang topik yang diulas
Aseeekk!sukses teus gan sis dan ditunggu ulasan berikutnya yeayy!
TOSSS gan,ane tunggu ya thread berikutnya yang nggak kalah CIAMIK
emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh
profile-picture
mengeja memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di