KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bebasnya Sofyan Basir dan Pelajaran Berharga untuk KPK
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc3015c4601cf01f9676e80/bebasnya-sofyan-basir-dan-pelajaran-berharga-untuk-kpk

Bebasnya Sofyan Basir dan Pelajaran Berharga untuk KPK



Baru-baru ini, Mantan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir divonis bebas oleh pengadilan tipikor Jakarta Pusat. Ini membuktikan bahwa KPK perlu disorot atas penindakan kasus korupsi.

Kasus bebasnya Sofyan Basir ini tidak hanya mempermalukan penyidik di KPK, tapi juga sekaligus membuka aib lembaga anti rasuah itu yang selama ini "dicurigai" tidak profesional, penuh rekayasa, bermain politik, dan tidak taat asas alat bukti.

Demikian pandangan dikemukakan oleh Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane.

Ia menilai, vonis bebas Pengadilan Tipikor Jakarta untuk mantan Dirut PLN Sofyan Basir menambah bukti tentang pentingnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diawasi oleh dewan pengawas (Dewas).

Selain itu, keberadaan peraturan pemerintah (PP) sebagai penjabaran UU KPK hasil revisi semakin diperlukan. Tujuannya agar KPK dalam melakukan pemberantasan korupsi benar-benar profesional dan independen.

Sejak awal IPW mendapat informasi bahwa perkara korupsi Sofyan Basir ini dilimpahkan ke pengadilan bukan karena alat bukti yang kuat, melainkan karena keputusan voting.

Padahal, dalam memutuskan sebuah perkara harus berdasarkan alat bukti dan bukan voting. Sehingga hasil kerja KPK benar-benar berdasarkan asas keadilan, dan bukan mempolitisasi, apalagi mengkriminalisasi lawan-lawan politik.

Kita patut mengapresiasi keberanian dan putusan majelis hakim Pengadilan TIpikor yang membebaskan Sofyan Basir karena tidak terbukti bersalah. Karena dengan begitu, bisa memberikan pelajaran yang berharga bagi KPK.

Ke depan, kita berharap Komisioner KPK maupun Dewan Pengawas KPK harus mampu membersihkan KPK dari manuver politik pihak-pihak tertentu.

Kasus Sofyan Basir ini harus menjadi pelajaran berharga dan baha instrospeksi bagi KPK maupun komisoner yang baru dan Dewan Pengawas KPK agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Untuk KPK, mari kita tegakkan keadilan, tanpa pandang bulu. Bukan mengkriminalisasi lawan politik atau berdasarkan kepentingan politik.
Kpk rasa taliban jenggot cingkrang memang harus dihabisi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di