KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Cerita Pejalan Domestik /
Banyuwangi Underrated, Surabaya Overrated (Opini Pribadi Gue)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c13ee68cc957bd86e43dc/banyuwangi-underrated-surabaya-overrated-opini-pribadi-gue

Banyuwangi Underrated, Surabaya Overrated (Opini Pribadi Gue)

Beberapa waktu lalu, sekitar pertengahan bulan september saya dari jakarta berencana pergi ke banyuwangi kota ujung timur pulau jawa yang berdekatan dengan pulau bali. sudah lama sebenarnya mau ke banyuwangi tapi waktunya belum ada dan perjalanan menggunakan kereta harus 1x transit (jakarta-surabaya-banyuwangi). ada juga sih alternatif via jogja- banyuwangi tapi memakan waktu yang agak lama di banding lewat jalur utara. ada juga sih rencana pakai pesawat tapi pas liat di Traveloka ehhh mahal banget. hehe 

saya ke banyuwangi menggunakan kereta dari pasar senen (gumarang-bisnis) menuju stasiun surabaya pasar turi tapi untuk menuju ke banyuwangi nya harus dari stasiun gubeng maka dari itu mau gak mau harus ke stasiun gubeng yang lumayan jauh juga ternyata. di stasiun gubeng menuju banyuwangi saya pakai kereta (probowangi-ekonomi) menuju karangasem (karena lebih dekat menuju kawah ijen). 

kalau pulangnya pakai kereta juga berbekal promo, dari karang asem menuju surabaya (probowangi-ekonomi) dari stasiun gubeng menuju jakarta, gambir (bangunkarta-eksekutif). 

Sesampainya di banyuwangi. langsung ada penyewaan motor (Rumah singgah banyuwangi) 75K  (mas rachmad) per hari. dan ownernya baik banget ada rumah singgah beneran yang tempatnya nyaman, kamar mandinya bagus, kasurnya nyaman dan yang terpenting adalah GRATIS. 

saya berisirahat sebentar dan mandi dulu karena hampir 20 jam di kereta. lalu agak siangan saya menuju ke taman nasional baluran. kesana dari stasiun karangasem sih 1,5 jam dan beneran 1,5 jam karena banyuwangi anti macet hehehe. taman nasional baluran ternyata masuk di kabupaten situbondo. tips menuju kesana hati-hati aja karena pengendara mobilnya gila-gila! ngebut mulu. tapi pengendara motornya kalem kok. 

taman nasional baluran menurut saya keren. dan ada pantainya namanya pantai bama. hati hati juga kalau kesana jangan bawa makanan atau snack karena banyak monyet hutan yang mungkin bisa iseng ngambil makanan kalian. setelah puas berfoto ria. saya melanjutkan perjalanan menuju kawah ijen. (kalau dari karang asem cuma 1 jam) deket banget.  kawah ijen dibuka pukul 1  dan baru sampai di pos dinginnya sudah parah banget mungkin karena musim kemarau. banyak turis asing disana. dan trek nya sih tidak menyulitkan hanya licin saja. niatnya pas sampai puncak ingin lihat blue fire nya tapi karena saking dinginnya memutuskan untuk istirahat di api unggun saja untuk menghangatkan badan. dan view puncaknya wow banget!!!

saya pun langsung pulang dan hanya 24 jam di banyuwangi. saya dari karang asem menuju surabaya untuk menikmati kuliner nya dan mungkin agak lama disana. 

sesampainya disana mungkin 11-12 sama jakarta. pengendara motor dan mobil "jenisnya sama" udaranya panasnya juga sama. tapi taman nya memang bagus macem di bandung karena bu risma yang mantan kepala dinas pertamanan memang tidak diragukan lagi. 

saya mencoba kulinernya macem bebek sinjay, nasi mak yeye, bubur madura, rawon setan dan penyetnya yang lain. tapi di perjalanan ada di jalan teh ada gedung tua mirip kota tua di jakarta kota. yaudah foto-foto deh. dan gak lupa mampir jembatan suramadu hehe 

Buat saya banyuwangi adalah kota yang mau saya singgahi untuk kedua kali. 
kalau surabaya. mungkin akan kangen sama makanannya aja yaaa hehe 

https://www.instagram.com/farizrezahabib/



























profile-picture
profile-picture
FarizRezaHabib dan memberi reputasi
Diubah oleh FarizRezaHabib
Quote:


Bagi cendolnya gan
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
FarizRezaHabib memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di