KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Cerita Pejalan Mancanegara /
Tempat-tempat Wisata di Guilin yang Worth to Visit, Tertarik?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db5735a4601cf08a72454dd/tempat-tempat-wisata-di-guilin-yang-worth-to-visit-tertarik

Tempat-tempat Wisata di Guilin yang Worth to Visit, Tertarik?

Haloo GanSis!

Wah lumayan lama juga ya ane gak nulis thread, maklum kesibukan wkwk. Di sela-sela kesibukan kemaren, akhirnya untuk melepas penat ane sempetin liburan Gannn ngabisin jatah cuti yang ditabung dari awal tahun. Jadi thread kali ini ane mau cerita pengalaman ane selama liburan kemaren ya, mumpung masih anget nih foto-fotonya.

Jadi kemaren ane main-main ke Guilin, China. Ane juga baru tau gan ada paketan wisata ke Guilin ini, ya namanya juga jarang piknik. Mungkin agan juga lebih familiar sama kota besar yang lebih modern kayak Beijing, Shanghai, Guangzhou, dll. Nah Guilin ini kayaknya lebih terkenal sama suasana pedesaan yang masih menonjolkan pesona alam kayak sungai dan gunung kapur. Berhubung ane lagi pengen refreshing yang adem-adem jadi ane dateng kesini deh. Nah di Guilin ada apaan aja sih emang? Cekidot:

Silver Cave, Yangshuo
Guilin punya gua stalaktit dan stalagmit yang terletak di Yangshuo. Untuk menuju kesana agan bisa mengarungi sungai pakai perahu kayu tradisional:


Naik perahu sambil disuguhi pemandangan yang kalender-able banget Gan, sungainya jernih banget sampe keliatan dasarnya:


Turun dari perahu, langsung jalan menyusuri kebun jeruk dan toko tradisional, terus di ujung langsung disambut sama pintu masuk gua. Di dalam gua udaranya sejuk banget karena ada kolam-kolam air alami, di sepanjang gua juga dipasang lampu warna-warni jadi kayak berasa di dasar laut. Under the sea~ Under the sea~


Rutenya gak begitu panjang, turun ke guanya juga gak begitu jauh, jadi kayaknya kita cuma menyusuri jalanan di bawah gunung kapur dan gak jauh sampai ke pintu keluarnya. Lumayan aman lah buat ane yang sebenernya suka rada panik kalo berada di tempat yang dalam dan tertutup.

Liu Sanjie Impression Show, Yangshuo
Kalo agan udah di Yangshuo mesti banget sekalian nonton Liu Sanjie Impression Show, itu semacam pertunjukkan seni yang dimainkan oleh 600 orang, dan yang lebih unik adalah dilakukan di atas sungai Li dengan latar belakang gunung kapur. Ane lupaaa banget ngerekam haha keasikan nonton, tapi agan bisa liat di youtube penampilannya.
Nah paginya agan bisa sewa rakit untuk menyusuri sungai Li, wah chill banget sih parah. Agan juga bisa liat tempat pertunjukan dari dekat di sungai ini:


Seven Star Park, Qixing
Gak cuma wisata sungai, Guilin juga punya taman untuk jalan-jalan para warlok alias warga lokal. Ada banyak tempat foto-foto juga di dalamnya, kayak air terjun mini atau gunung batu yang katanya mirip unta kalo diliat-liat, coba deh Agan nilai sendiri beneran mirip unta gak:



Selain itu di taman ini juga ada gua pahatan leluhur yang kalo diartiin isinya menceritakan keindahan kota Guilin. Ane sih percaya aja berhubung ane gak ngerti tulisannya, monggo Agan liat sendiri:



Ancient Town, Daxu
Pertama kali ane masuk ke desa ini berasa kayak balik lagi ke film silat jaman dulu Gan! Masyarakat di desa Daxu emang sengaja melestarikan bangunan di desanya sehingga jadi salah satu tempat tujuan wisata yang antik. Mereka juga menjajakan cinderamata dan makanan tradisional di depan masing-masing rumah, seharian dijamin gak bakalan bosen menjelajah desa ini Gan! Huhu cita-cita ane banget menjalani masa pensiun di tempat kayak gini:



Yao Mountain
Pemandangan gunung kapur di Guilin emang menakjubkan, tapi 1000x lebih indah waktu dilihat dari atas gunung Yaoshan. Untuk mencapai puncak kita mesti naik cable car dulu, jujur banget nih awalnya ane rada takut soalnya jenis cable carnya jadul banget:


Dan ini kita naekin sampe ke atas gunung, nanjak Gan! Sedari awal naik ane kerjaannya cuma komat-kamit berdoa, eh pas udah di atas.... WAAAAAAAW! CAKEP BANGET SUMPAH GAK BOONG! Pas udah sampe atas ternyata masih ada tempat yang bisa diliat-liat Gan, ada menara pandang, hutan, sampe tukang jualan juga ada. Ane bingung sih itu tukang jualan naek darimana, masa iya tiap hari naek cable car?




Nah buat turunnya Agan boleh milih mau naik cable car lagi apa pake perosotan. Iya bener, perosotan dari atas gunung! Mantep gak tuh, tapi karena ane kadung beli tiket cable car pp jadi gak nyobain perosotannya. Ini gambar perosotannya yang dari alumunium itu:


Makanan Khas Guilin
Katanya di Guilin itu yang terkenal adalah mi Guilin, ane sempet nyobain, enak banget gak nyesel! Mi tebel gitu kayak udon dikasih kuah bening dan bebas mau pake topping apaan. Berhubung ane gak bisa makan babi (buat yang bisa makan boleh dicoba, katanya sih haoce alias enak), ane pake daging bebek yang rasanya juga gak kalah enak.


Pas makan langsung mantep minta nambah. Makan mi ini tuh boleh sepuasnya asal habis Gan.

Terusssss ada lagi makanan yang belom pernah ane temuin sebelumnya, yaitu tahu bau. Naah, jadi salah satu desa di Guilin katanya tempat produksi tahu yang best in town. Pas ane cobain sih emang lembut banget, terus ada tahu kehitaman yang baunya rada strong gitu ya kayak gini penampakannya:


Ini dikasih kuah warna bening kecokelatan ditambah potongan cabai dan daun bawang, pas dicobain ternyata gak separah baunya sih malah kayak tahu gejrot menurut ane.

Huah capek juga nulis padahal ini belom sebagian, tapi kayaknya trit ane sampe sini dulu ya Gan. Pengen ceritain semuanya tapi keburu males, daripada malah gak dipost-post mending disambung lagi kapan-kapan kalo masih inget wkwk.

Maaf ya kalo nulisnya belepotan, maklum ane kurang berpengalaman nulis trit panjang-panjang. Kalo Agan juga pernah ke tempat yang ane sebutin di atas juga boleh share dimari ya sekalian nambahin info-info yang keskip HAHA.

Tengkyu for mampir GanSis!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
phiaf dan 13 lainnya memberi reputasi
Quote:


Iya juga seh emoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
phiaf memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di