KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
10 Game Playstation 1 Terlaris dan Paling Banyak dimainkan, Pernah Mainin Gan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbfba216cc648375e3df9aa/10-game-playstation-1-terlaris-dan-paling-banyak-dimainkan-pernah-mainin-gan

10 Game Playstation 1 Terlaris dan Paling Banyak dimainkan, Pernah Mainin Gan?

Halo agan-agan, selamat datang kembali di thread ane emoticon-Big Grin.

Playstation generasi pertama merupakan salah satu konsol game tersukses dan paling berpengaruh dalam sejarah video game. Konsol keluaran sony ini pertama kali dirilis pada 1994 silam dan langsung menggebrak pasar dan ketika itu sedang terjadi persaingan konsol game antara Sega dan Nintendo. Playstation sendiri adalah konsol game generasi keenam dan menjadi sebuah loncatan penting dalam perkembangan teknologi di industri video game. Di Indonesia sendiri, Playstation generasi pertama pada saat memasuki era 2000an kehadirannya sangat booming dan rental Playstation bertebaran di seluruh pelosok negeri. Gamer yang lahir di era 90an pasti pernah merasakan era keemasan konsol ini. Sebagai salah satu konsol game terbaik, Playstation generasi pertama mempunyai ribuan judul game dan banyak di antaranya merupakan game berlabel masterpiece. Nah, pada video ini akan dibahas 10 judul game Playstation terlaris sepanjang masa, langsung saja berikut ulasannya.

10. Metal Gear Solid (1998/Konami)

Inilah salah satu game Playstation yang dianggap sebagai salah satu masterpiece. Metal Gear Solid merupakan game rancangan Hideo Kojima dan diterbitkan oleh Konami pada 1998. Game ini bergenre stealth dan pada saat itu menawarkan gameplay yang menarik serta alur cerita yang berbobot dan menegangkan. Dalam seri pertama ini pemain berperan sebagai Solid Snake, seorang tentara yang menginfiltrasi fasilitas senjata nuklir untuk menetralisir ancaman teroris dari FOXHOUND, unit pasukan khusus yang memberontak. Snake harus membebaskan dua sandera, kepala DARPA dan presiden produsen senjata utama, menghadapi para teroris, dan menghentikan mereka untuk melakukan serangan nuklir. Kesuksusan Metal Gear Solid berlanjut hingga beberapa seri hingga mencapai Playstation 4. Game Metal Gear Solid pertama ini berhasil terjual sekitar 6 juta copy.

9. Tomb Raider II (1997/Core.Design)

Merupakan sekuel dari seri pertama dan dirilis pada 1997 dan dikembangkan Core Design. Game yang satu ini dulu juga sempat populer di rental-rental Playstation. Dengan gameplay dan rintangan yang seru, Tomb Raider II mampu menghipnotis para pemainnya untuk menamatkan petulangan menegangkan dari Lara Croft. Pada tahun 2003, Tomb Raider terjual sekitar 6,8 juta copy dan menjadikannya sebagai salah satu game terlaris di konsol generasi keenam. Game ini juga menjadi game Playstation terlaris kedua di Inggris. Dari segi penerimaan, Tomb Raider 2 juga menerima respon positif dari para reviewer, IGN memberi nilai 8/10 pada game ini.

8. Crash Bandicoot (1996/ Naughty Dog)

Ya, para gamer era Playstasion sebagian besar pasti pernah memainkan game ini dong ya. Crash Bandicoot merupakan game platformer adventure yang sangat fenomenal dan ini merupakan seri pertamanya yang dirilis pada 1996, dikembangkan oleh Naughty Dog dan diterbitkan oleh Sony Computer Entertainment. Dengan gameplay yang seru dan bikin ketagihan, Crash Bandicoot menjadi game yang banyak dimainkan di masanya dan Playstasion generasi pertama seri game ini berlanjut ke Crash Bandicoot 2: Cortex Strike Back, dan Crash Bandicoot 3: Warped sehingga membentuk trilogi hingga dibuatkan remakenya berjudul Crash Bandicoot N Sane trilogy di Playstasion 4. Game ini juga memunculkan spin off yang sangat fenomenal, Crash Team Racing. Crash Bandicoot sendiri terjual sekitar 6,8 juta copy.

7. Final Fantasy VIII (1998/Square Soft)

Game ini merupakan seri Final Fantasy kedua untuk Playstation dan dirilis pada 1999 serta dikembangkan oleh Square Soft yang sekarang sudah menjadi Square Enix. Game ini pasa masa itu merupakan salah satu game yang ditunggu kehadirannya karena kesuksesan besar Final Fantasy VII dua tahun sebelumnya. Final Fantasy VIII mengisahkan cerita yang bertempat di dunia fantasi tanpa nama dengan elemen fiksi ilmiah, pemain berperan dalam sekelompok tentara bayaran muda, yang dipimpin oleh Squall Leonhart , mereka terseret ke dalam konflik yang dipicu oleh Ultimecia, seorang penyihir dari masa depan yang ingin memanipulasi waktu. Selama upaya untuk mengalahkan Ultimecia, Squall berjuang dengan perannya sebagai pemimpin dan menjalin hubungan asmara dengan salah satu rekannya, Rinoa Heartilly. Meski tidak menyaingi angka penjualan seri pendahulunya, namun Final Fantasy VIII berhasil terjual sekitar 7 juta copy.

6. Tomb Raider (1996/ Core Design)

Inilah seri pertama Tomb Raider yang menghasilkan kesuksesan besar hingga membentuk franchise termasuk diangkat ke layar lebar. Game yang dirilis pada 1996 disebut-sebut sebagai salah satu video game terhebat yang pernah dibuat dan pada saat pertama kali dirilis, game ini mendapatkan banjir pujian. Salah satu faktor yang membuatnya demikian adalah karena game ini menawarkan gameplay yang menawan, cerita menarik dan kualitas grafik yang pada saat itu termasuk luar biasa di zamannya. Seri Tomb Raider pertama ini terjual sekitar 7 juta copy.

5. Harry Potter and The Philosopher Stone (2001/Argonout Game)
Di nomor lima ada game yang diadaptasi dari novel fenomenal karya JK Rowling, Harry Potter and The Philopher Stone dan juga hasil adaptasi filmnya. Game ini mendapatkan review yang beragam namun berhasil laris dalam penjualan karena pada saat itu, demam Harry Potter tengah memuncak setelah di tahun yang sama film Harry Potter pertama sukses di box office. Gameplay game ini sendiri berfokus pada puzzle dan action yang harus dilewati oleh para pemain. Pemain berperan sebagai Harry Potter saat di tahun pertamanya di sekolah sihir Hogwarts. Game ini terjual sekitar 8 juta copy.

4. Tekken 3 (1998/Namco)

Ini dia game bergenre fighting yang sangat populer di era Playstation dan juga banyak dimainkan oleh para gamer di rental PS. Game Tekken 3 juga menjadi salah satu game fighting paling berpengaruh dan menjadi salah satu seri tersukses dalam sejarah franchise Tekken. Dalam game yang dikembangkan oleh Namco ini pemain akan merasakan gameplay yang adiktif dengan segela gerakan karakternya yang bervariatif. Karakter yang paling terkenal dalam Tekken 3 siapa lagi kalau bukan Jin Kazama? Selain itu, Tekken 3 juga menjadi salah satu game dengan grafik terbaik di masanya dan terjual sekitar 9,3 juta copy.

3. Gran Turismo 2 (1999/Polyphony Digital)

Merupakan seri kedua dari game simulasi balapan Gran Turismo, dikembangkan oleh Polyphony Digital. Seri kedua ini menampilkan lebih banyak mobil dan trek serta simulasi balapan yang lebih mirip dengan aslinya. Gran Turismo 2 terdapat dua mode, yaitu mode arcade dan mode simulasi. Mode arcade adalah mode permainan yang berjalan seperti balapan biasa dan bisa dimainkan oleh dua player. Sementara mode simulasi adalah nilai jual utama game ini. Gran Turismo 2 menampilkan hampir 650 mobil dan 27 trek balap, termasuk trek reli. Selain mendapatkan pujian, Gran Turismo 2 juga sangat laris dan terjual sekitar 9,3 juta copy.

2. Final Fantasy VII (1997/ Square Soft)

Inilah seri Final Fantasy tersukses dan yang paling terkenal dan merupakan seri Final Fantasy pertama untuk Playstation karena seri-seri sebelumnya, Final Fantasy dirilis untuk Nintendo Entertainment System dan Super Nintento Entertainment System. Game sangat sukses di seluruh dunia hingga dibuatkan filmnya pada 2005 yang lalu. Terlalu panjang untuk menjelaskan sinopsis detil dari game ini, yang jelas intinya merupakan petualangan Cloud Strife dkk di sebuah planet bernama Gaia yang energinya terus diserap oleh perusahaan bernama Shinra. Di sisi lain munculah Sephirot yang ternyata jauh lebih berbahaya. Gameplay dalam Final Fantasy VII ini juga membuat para pemainnya harus menamatkannya dalam puluhan jam karena terdapat beberapa puzzle dan harus melakukan farming. Game ini terjual sekitar 9,8 juta copy.

1. Gran Turismo (1997/Polyphony Digital)
Dan inilah game terlaris di Playstation generasi pertama. Ya, Gran Turismo. Game ini disebut-sebut sebagai pelopor game simulasi balapan dan sangat berpangaruh dalam genre racing karena keunikannya dan ciri khasnya menyerupai balapan asli dan dirancang oleh Kazunori Yamauchi. Game ini juga dianggap oleh beberapa pengamat video game sebagai game balap dengan rating tertinggi. Selain gameplay yang ciamik, Gran Turismo juga punya grafik terbaik di masanya. Dalam mode simulasi pemain harus berkarir dari awal mulai mendapatkan lisensi, membeli mobil, dan memenangkan berbagai kejuaraan dengan mengalahkan pebalap lain yang dijalankan oleh sistem AI. Berbagai manuver yang dibuat oleh para pemain juga harus diperhitungkan karena mekanismenya dibuat semirip mungkin dengan yang asli. Game ini terjual sekitar 10,8 juta copy

Nah,. Itulah dia kesepuluh game Playstation terlaris sepanjang masa. Game mana saja nih yang pernah agan mainkan? emoticon-Shakehand2
profile-picture
joesilver memberi reputasi


Quote:


Iya gan setuju nih. Game wajib itu klo main ps emoticon-Ngakak
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di