CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / ... / Stories from the Heart /
Home Stay (Based On True Story) #1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db7de1da2d19573875d6def/home-stay-based-on-true-story-1

Home Stay (Based On True Story) #1

Halo gan, kenalin gw fitri (bukan nama sebenarnya). Selama ini gw cuma sering baca baca aja di kaskus. Sekarang mau coba nulis, berbagi pengalaman. Mohon maaf kalo cara menulis nya masih berantakan .

Kejadian ini sekitar tahun 2013, gw lupa bulan apa tepat nya. Lokasi nya di sebuah desa, di dekat kaki gunung salak yang tidak akan gw kasih tau nama desa nya. Untuk menuju ke desa ini, gw harus melewati jalanan menanjak dan menurun, serta jalan desa yang sempit, berbatu, kanan kiri jurang dll.

Jadi pada tahun 2013 itu, sekolah gw mengadakan acara rutin yang wajib diikuti oleh kelas 11 yaitu HOME STAY. Acara nya kaya kita nginep di rumah rumah warga di suatu desa, lalu kita membantu desa tersebut. Misalnya membangun kamar mandi, merenovasi musholla, merenovasi saluran air, mengajar di sekolah, membantu pekerjaan sang pemilik rumah dll.
Kegiatan ini hanya dilakukan selama 3 hari. Tentu saja kegiatan ini juga melibatkan para warga setempat.

hari 1
Kami tiba di desa ini kira2 pukul 10 pagi, langsung disambut oleh warga dan pak RT. Setelah melakukan perkenalan dan menjelaskan maksud dan tujuan kami datang kesana, kami langsung dibagi beberapa kelompok untuk menempati rumah warga. 1 rumah ditempati oleh 5 / 6 orang. Cewek dan Cowok di pisah. Lalu semua anak pergi kerumah nya masing2. Gw dan kelompok gw juga pergi kerumah warga, sebut saja ibu siti (nama samaran), gw berkenalan, ngobrol2 sebentar terus beresin barang2. Gw dan kelompok gw udah disediain 1 kamar nih sama bu siti. Terus abis kita masukin barang ke kamar, kita minta izin sama bu siti untuk masak, untuk makan siang nanti. Yang Kelompok cowo lagi pada siap2 untuk merenovasi musholla.

Pas dijalan kearah dapur, gw ngelewatin sebuah ruangan yang ditutup tirai aja, ga ada pintu nya. Gw langsung mikir, ruangan apa nih kok ga ada pintu nya sendiri. padahal yang lain ada. Gw belom terlalu peduli, gw dan temen2 langsung masak aja di dapur. Jadi dapur nya ini letak nya di paling belakang, di luar rumah, tapi ditutup pakai bilik bambu gitu. Deket dapur, ada toilet yang letaknya diluar rumah juga. Tapi udah pakai tembok dan lampu yg kuning.

Selesai masak kita makan bareng2 sama bu siti dan keluarga sekalian mengakrabkan diri. Setelah makan siang, kita semua 1 angkatan ngumpul di musholla, disitu gw ketemu temen2 gw dari kelompok lain. Mereka semua heboh ceritain apa yang baru saja mereka lihat di rumah yang mereka tempatin. Katanya mereka ngeliat padi kecil dan daun apa gitu dipasang diatas pintu di setiap ruangan rumahnya. Dan ada temen gw yang ngeliat bunga ditaro wadah gitu. Kita semua keheranan, karena sebelumnya ga pernah liat gituan.

Setelah pulang dari musholla, gw balik kerumah bu siti lalu mengamati seluruh rumahnya. Dan gw melihat padi dll itu ada di setiap atas pintu. Kaget, takut + bertanya2 ini sebenernya maksudnya apa ya.. apa tradisi di desa ini memang begitu, atau gimana, entahlah gw belom berani nanya. 

Hari pertama berlalu begitu saja. Gw dan kelompok gw bantu renov musholla dan beresin yang lain. Rasa penasaran gw tahan dulu sampe besok.





profile-picture
profile-picture
profile-picture
17062018 dan 6 lainnya memberi reputasi
belum rampung ya ceritanya kak?
profile-picture
17062018 memberi reputasi
profile picture
ofkhai
newbie
belum hehe
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di