CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Mac OSX Info & Discussion /
iBattery - Maintenance Tips & Tricks
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000005327074/ibattery---maintenance-tips--tricks

iBattery Tips-Trick Maintenance






Hallo agan2 semua, pengguna MacBook dimana saja anda berada. Di topik yang baru ini, gw mencoba merangkum topik2 tentang penggunaan batterai (selanjutnya gw singkat batt) macbook. Begitu banyak pertanyaan yang muncul soal batterai macbook terutama karena harganya yang cukup mahal ketimbang batt laptop biasa. Jadi gw disini mencoba untuk merangkum semua masukan dan informasi yang dapat kita gunakan bersama untuk menggunakan batt mac kita secara efektif!

Mari kita mulai..

Pertama tama, yang harus kita ingat adalah Tidak Ada sesuatu yang ABADI di dunia ini apalagi Batterai MACBOOK!
Sehingga pada suatu saat nanti pasti batt agan musti di gantikan. Yang bisa kita lakukan adalah menggunakan nya dengan tepat sehingga umurnya sesuai dengan umur dari pabrikannya.

PANDUAN (Rules and Regulation)
Ada baiknya agan membaca bagian ini sebelum melanjutkan..
1. Harap baca thread #1 dan #2 untuk keterangan umum seputar batt.
2. [untuk nubie/awam/yang ingin bertanya seputar batt] Jika ada yang tidak dimengerti, harap catat dulu, teruskan membaca kemudian di akhir, jika masi ada yang tidak dimengerti baru dipersilakan posting thread.
3. [sesepuh/shifu/suhu/mastah] Memang mengesalkan kalo ada agan yang bertanya itu2 aja, tapi mari kita lihat, apa jadinya kalo anda ada di posisi mereka, bingung dengan sebuah hal baru? Marilah saling mendukung agar tercipta suasana kondusif dengan tidak menyudutkan penanya apalagi dengan bahasa yang kasar, tidak semua orang bisa mnerimanya. Terima kasih.
4. Jika menurut semua pembaca, ada kekurangan/kekeliruan pada tulisan gw ini, silakan dikoreksi, bisa PM atau posting, TAPI tidak grasa grusu yah..

5. Jika ingin menyertakan gambar, harap pasang dalam SPOILER. Kalo belum tahu bisa PM gw.
6. Untuk reply thread yang mengandung image, pastikan image berada dalam spoiler.
7. Harap tidak menggunakan huruf kapitas semuanya karena kita tahu bersama, kata dengan semuanya huruf kapital, berarti berteriak!
8. Jika memungkinkan dan sesuai, harap srtakan image pendukung. Jika disertakan, pastikan ukuran tidak terlalu besar agar nyaman dilihat dan diakses oleh orang lain.
9. Untuk penyertaan image, harap upload/unggah image anda di server umum seperti photobucket. Pengalaman gw dengan u.kaskus.co.id adalah setelah beberapa hari, image dihapus.
10. Jika ada panduan baru, segera akan gw posting. Penyesuaian gw lakukan semata mata untuk membuat thread ini aman dan nyaman diakses oleh kaskuser pencinta/calon pencinta MAC sekalian..


ISTILAH
sebelum kita lanjut ke bagian berikut, ada beberapa istilah seputar batt yang mungkin tersebut dalam diskusi di thread ini. Apa saja? cekidot gan

1. Batterai - selanjutnya disebut batt (tentunya) adalah bagian penyedia listrik DC yang stabil untuk macbook anda. terletak di bagian bawah macbook anda dan ada yang bisa dicopot tanpa membuka bodi, namun ada pula yang harus bongkar bodi.

2. Macbook. Tidak ada penjelasan untuk ini emoticon-Smilie

3. Kapasitas maksimal batt . Ini adalah kemampuan batt untuk menampung ion listrik. Perlu diperhatikan perbedaannya dengan kapasitas isi batt. Kapasita maksimal ini akan berkurang seiring berjalannya waktu Cek no selanjutnya.

4. Kapasitas isi batt. Ini adalah jumlah isi batt mac yang masih ada. Mari kita lihat contoh. Kapasitas batt maksimum adalah 5000 mAh. Sedangkan jika batt terisi setengahnya maka kapasitas isi batt adalah 2500 mAh. Seiring berjalannya waktu kapasitas max batt bisa berkurang,misal menjadi 4800 mAh. Jika seseorang melakukan recharge hingga 100%, maka batt tersebut hanya akan bisa menampung 4800 mAh dan bukannya 5000 mAh seperti kemampuan awal. Jadi persentasi kapasitas batt ada 2, yang satu kapasitas max sedangkan kedua adalah kapasitas isi batt. Kapasitas max tidak selalu 100% dan akan berkurang sedangkan kapasitas isi batt bisa selalu 100% dari kapasitas max.

5. Recharge. Adalah kondisi dimana magsafe dihubungkan dengan listrik dan menempel di macbook kita.

6. Discharge. Kondisi pemakaian macbook tanpa menggunakan supply listrik dari magsafe. Kondisi ini tercapai ketika kapasitas batt sudah 100% dan magsafe dilepaskan. Dalam mode ini, listrik diambil dari batt.

7. MagSafe. Charger macbook. mempunyai 2 indikator warna lampu. Saat orange, maka supply arus besar, diperuntukkan untuk mengisi batt yang kosong. Saat hijau, batt sudah penuh dan supply arus diperkecil karena hanya memberikan supply listrik untuk macbook. Saat magsafe masih terhubung dan batt sudah penuh, mac akan menggunakan listrik dari magsafe dan bukan dari batt. Hal ini TIDAK APA APA dan TIDAK mengurangi kapasitas max batt agan.

8. KALIBRASI. Nah ini dia istilah yang sering menjadi bahan pembicaraan. Kalibrasi adalah proses penyamaan pembacaan sensor dan kapasitas max batt yang sebenarnya. Kenapa gw sampaikan ini sebenarnya, karena sering, kapasitas batt berbeda dengan apa yang dilaporkan sensor. Misal kapasitas max batt 4900 mAh namun di sensor terbaca 4700 mAh atau BISA JUGA SEBALIKNYA. Proses kalibrasi ini akan berusaha menyamakan/meminimalisir perbedaan pembacaan kapasitas max batt. Cara melakukan kalibrasi, silakan cek di bagian bawah.

9. DEEP-SLEEP. Kondisi mac dimana batt dalam keadaan TOTAL kosong hingga mac akan otomatis me'nidur'kan dirinya sendiri untuk mencegah kehilangan data.

10.DEEP-DISCHARGE. Kondisi batt dimana batt tidak dapat di recharge. Kondisi ini terjadi ketika batt kosong dalam jangka waktu yang lama. Indikasi ini menunjukkan batt harus diganti emoticon-Frown

11. CC. Singkatan dari Cycle Count.


Berikutnya,
batt macbook berbeda dengan batt laptop biasanya. Sepengetahuan gw, di dalam batt mac, terpasang chip yang mengontrol arus yang masuk dan keluar. Hal ini dapat kita lihat dengan mudah. Cukup balikkan mac anda dan di bagian batt anda dapat menemukan lampu indikator tingkat isi batt yang diwakilkan oleh led kecil dan lucu berwarna hijau-kuning-terang.


KONTROL ARUS saat RECHARGE
Chip ini juga memungkinkan kontrol arus saat batt sudah terisi penuh. Saat batt terisi penuh, arus dari magsafe otomatis DIKURANGI, berbeda dengan charger laptop biasa yang memberikan arus yang full terus tanpa henti.


PERTANYAAN UMUM - cek REPLY #3

profile-picture
profile-picture
kece99 dan 2mon memberi reputasi
Permisi gan,

MBP saya indikator battery di sebelah kiri tidak bisa nyala saat di press. Saat MBP dinyalakan bunyi fan sangat kencang dan battery tandan silang (X). Coba reset SMC nggak pernah bisabisa & kondisi battery memang sudah harus di replace.

Kira-kira ada cara lain nggak ya untuk reset SMC dengan kondisi tersebut diatas ? ataukah ada issue kerusakan selain di battery nya ?
profile picture
Hertzfeld 
Mac Enthusiast


ini MBP tahun berapa?
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di