CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Langkah Cek Nomor dan Status IMEI Ponsel
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dad294482d4950ce75e9d60/langkah-cek-nomor-dan-status-imei-ponsel

Langkah Cek Nomor dan Status IMEI Ponsel



Ilustrasi. (Pixabay/niekverlaan)




Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah mengesahkan aturan pelegalan International Mobile Equipment Identity (IMEI) pada Jumat (18/10).

Seluruh pengguna ponsel yang memiliki nomor IMEI namun masih ilegal, diwajibkan mendaftar sebelum Februari 2020. Pasalnya, aturan ini akan resmi diterapkan pada April 2020.

Ponsel ilegal adalah ponsel dengan nomor IMEI yang tidak terdaftar di dalam basis data Kementerian Perindustrian serta Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Bila nomor IMEI pada ponsel belum terdaftar, Anda harus mendaftarkannya terlebih dulu melalui aplikasi yang akan dirilis Kementerian Perindustrian. Namun, saat ini aplikasi belum tersedia karena sedang dalam proses pengembangan.

Untuk memastikan keresmian IMEI pada ponsel, Anda dapat melakukan berbagai cara di bawah:

Cek produksi

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek IMEI yaitu dengan melihat kardus boks ponsel. Pada umumnya, nomor IMEI tertera pada stiker kardus. Bila terdapat keterangan ‘Dirakit di Indonesia’ atau ‘Diproduksi di Indonesia’ sudah dipastikan ponsel tersebut resmi terdaftar.

Mengutip CNNIndonesia.com, ponsel bermerek Oppo dan Huawei biasanya tidak dirancang di dalam negeri. Namun, produsen asal ponsel tersebut telah bekerja sama dengan distributor resmi di Indonesia seperti PT Indonesia Oppo Electronics dan PT Sat Nusapersada.

Cek langsung di ponsel

Pada umumnya, nomor IMEI pada setiap ponsel dapat dicek melalui kode USSD dengan tekan *#06# pada menu telepon. Namun, Anda juga bisa mengeceknya di dalam menu.

Bagi pemilik iPhone, Anda bisa pergi ke fitur ‘Settings’ > ‘General’ > ‘About’ dan telusuri laman tersebut hingga terdapat keterangan mengenai nomor IMEI.

Jika Anda menggunakan Samsung, temukan nomor IMEI pada menu ‘Settings’ > ‘About phone’ > ‘Status’.

Sementara bagi pengguna Xiaomi, Anda dapat telusuri menu ‘Settings’ > ‘System’ > ‘About phone’ lalu carilah informasi yang memperlihatkan nomor IMEI ponsel.

Setelah berhasil menemukan nomor IMEI ponsel, Anda bisa mengecek keresmiannya pada laman https://imei.kemenperin.go.id/. Pertama, masukkan nomor IMEI di dalam situs tersebut dan tunggu hasil, apakah IMEI ponsel Anda terdaftar resmi di basis data atau tidak.
 

profile-picture
profile-picture
profile-picture
afifa26 dan 9 lainnya memberi reputasi
sebetulnya klo beli hp misal xiaomi tipe2 tertentu (yg ga dijual di dealer resmi xiaomi) itu HP legal ada imei nya gak sih? mau beli jd ragu gara2 ada aturan imei ini
profile picture
orochimori
kaskus addict


Ane cek IMEI Xiaomi 2A ane, ga terdaftar di Kemenperin, memang ane dulu beli di toko HP aja, bukan di dealer resmi Xiaomi..

Trus kalo ga terdaftar, berarti bakal diblokir? Diblokir itu efeknya gimana sih?
profile picture
Abc..Z
kaskus geek


semua hp itu ori ama legal selama imei infonya bener di imeiinfo situs, cuman yang dipermasalahin diindo adalah hp kita mesti yang "beli di indo" alias lo mau beli simfree ato international version bakal dianggap hp black market ama non ori



intinya kalah saing, wong gw tanya ke spg counter hp aja gak ada yang tau international version, simfree version, factory unlocked emoticon-Big Grin



seperti yang gw bilang, sia sialah produsen hp bikin versi simfree, international karena diindo bakal dianggapnya non ori
profile picture
tidhy010709
kaskus addict


efeknya ga bisa gunain bwt sms telpon ato internet, jd tu hp bsa dpake cma bwt game offline dan dengerin mp3 ato foto video aja gan. tpi kan qta nti bisa daftar di website mana gtu tpi tuk skrng msh blm siap website nya, yg blm terdaftar bsa ddaftarkan di website tsb
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di