CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da00ee3facb9542893f3231/ternyata-hewan-hewan-ini-dianggap-membawa-mitos-loh-hewan-apa-saja

Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?

Di antara Agan/Sista ada yang gak tahu apa itu mitos? Semuanya pasti tahu ya, minimal pernah mendengar kata tersebut. Nah, secara singkatnya, mitos adalah sesuatu yang tidak terbukti kebenarannya. Berbicara soal mitos, ternyata ada loh beberapa hewan yang dipercayai membawa mitos. Hewan apa saja? Langsung saja, berikut adalah 7 hewan yang dipercayai membawa mitos.

1. Kupu-Kupu

Nah, untuk hewan pembawa mitos yang pertama adalah kupu-kupu. Siapa sih yang gak tahu dia, hewan cantik dengan sayap yang indah. Sebagian besar dari Gan/Sis pastinya udah pada tahu ya mengenai mitos yang menyertai hewan tersebut, soalnya menurut ane ini legend banget loh. Ya, betul, jika ada kupu-kupu masuk ke dalam rumah, itu adalah pertanda bahwa akan ada tamu yang berkunjung ke rumah kita. Hemmm, percaya gak sih, Gan? Ya, yang jelas itu keyakinan yang dipercaya sejak zaman dulu ya.

2. Anjing

Tak kalah terkenal dari hewan yang sebelumnya, anjing juga kerap dikaitkan dengan mitos yang tersebar di masyarakat. Agan dan Sista pasti deh udah tahu mitos yang dibawa hewan tersebut. ya, anjing seringkali dikaitkan dengan makhluk halus. Hemmm, agak ngeri, ya. Nah, katanya, jika anjing melolong di tengah malam, itu berarti pertanda ada makhluk halus di sekitar anjing tersebut. serem, ya?

3. Kedasih

Agan/Sista udah pada kenal hewan ini? ya, hewan ini adalah sejenis burung yang biasanya hinggap di pohon tinggi. Hewan ini jarang menampakkan wujudnya, hanya suaranya saja yang biasanya terdengar. Nah, mitos mengatakan, jika ada suara burung kedasih ini, itu berarti pertanda akan ada orang yang meninggal di sekitar tempat burung tersebut bertengger. Percaya gak, Gan?
emoticon-Shutup

4. Laba-Laba

Kalau hewan yang satu ini mitosnya berasal dari luar nih, Gan, maksudnya bukan mitos dari Indonesia. Di Eropa, mitos yang tersebar mengenai hewan ini adalah, ketika kita melihat laba-laba di pagi hari, itu berarti akan ada kejadian duka atau musibah yang akan menimpa kita. Sebaliknya, jika bertemu laba-laba di siang hari, maka itu pertanda akan mendapatkan keberuntungan. Berbeda dengan negara Jepang, warga sana memercayai bahwa jika laba-laba muncul di malam hari, hewan tersebut dianggap sebagai jelmaan iblis. Wah ada-ada aja ya, Gan. Ternyata di luar negeri juga masih ada mitos ya, kirain ada di Indonesia aja.emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

5. Kucing Hitam

Kucing yang mempunyai bulu hitam juga dianggap membawa mitos tersendiri loh, Gan. Pada era pertengahan di Eropa, ternyata kucing yang berbulu hitam dianggap sebagai jelmaan dari penyihir, jadi pada masa itu banyak kucing hita yag dibunuh dengan kejam. Duh, kasihan ya emoticon-Nohopeemoticon-Nohope. Bertolak belakang dengan negara Jepang, kucing hitam dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Namun, berbeda bagi beberapa penjudi di sana, mereka mengganggap kucing hitam akan membawa kerugian.  Ada lagi nih, yaitu dari Mesir. Hewan berbulu hitam ini dianggap sebagai makhluk keramat dan dipelihara guna menjadi pelindung, pembawa keberuntungan, serta kesuburan. Mereka percaya bahwa ruh dari beberapa dewa akan masuk ke dalam badan kucing hitam tersebut dan akan memberkati keluarga tersebut. lalu, bagi siapa saja yang membunuhnya, diyakini akan mendapatkan petaka sampai akhir hayatnya.

6. Burung Hantu

Hewan yang satu ini juga sering dikaitkan dengan hal yang mistis ya Gan, sesuai namanyaemoticon-Big Grin. Hewan yang aktif di malam hari ini mempunyai mitos yang tersebar di masyarakat Jawa, yaitu sebagai teman setan. Namun, berbeda dengan mitos yang ada di masyarakat Bali, tidak ada kaitannya dengan mistis sama sekali loh, Gan. Jadi, katanya, kalau ada suara burung hantu di dekat rumah seseorang, berarti wanita yang tinggal di rumah tersebut sedang ngidam. Ada-ada saja ya, Gan.

7. Koreak

Tahu burung koreak, Gan? Kalau burung ini terkenal di masyarakat Sunda nih, Gan. Jadi, kicauan dari burung ini baru bisa terdengar pada waktu petang sampai malam hari. Nah, masayarakat di pedasaan mempercayai bahwa jika ada suara burung tersebut maka ada anak kecil yang diculik oleh dedemit alias setan. Tak hanya itu, jika kicauan burug tersebut terdengar, banyak orangtua yang bergegas menemani anaknya yang sedang tidur, atau jika anakmya masih dalam keadaan terbangun, segeralah mereka menggendongnya. Selain itu, mereka pun akan segera mengangkat baju anak-anak mereka yang masih dijemur di luar rumah.  Aduh, saking takutnya kali ya, Gan.

Nah itulah 7 hewan yang dipercayai membawa mitos. Nah, percaya atau tidak, itu tergantung pandangan diri sendiri ya. Yang terpenting dan harus diingat adalah, segala sesuatu yang berbau mitos, itu berarti tidak pernah terbukti kebenarannya. Jadi, kita hanya cukup tahu, tidak perlu terlalu percaya. Namun, tetap hargai ya budaya-budaya yang tersebar di masyarakat zaman dulu.

Semoga Bermanfaat. 
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


Hewan Mitos
Hewan Mitos 2
Burung Koreak
Sumber Gambar:
Google Images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nanitriani dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nanitriani
laron...mitosnya kalo keluar besok ato lusa pasti hujanemoticon-Leh Uga
profile-picture
nanitriani memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di