CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Si Mungil Morris Mini, Diminati dari Zaman Bahelak Hingga Sekarang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da989c28d9b1757fa45af1d/si-mungil-morris-mini-diminati-dari-zaman-bahelak-hingga-sekarang

Mobil Klasik Morris Mini, Diminati dari Zaman Bahelak Hingga Sekarang

Agan dan Sista yang sering nonton film Mr Bean, pasti udah sangat akrab ama mobil yang satu ini. Memiliki bentuk yang mungil dan desain yang cukup unik, mobil klasik yang berasal dari Inggris ini cukup diminati dari zaman dahulu hingga zaman yang serba canggih seperti sekarang. Mobil ini dikenal dengan nama Morris Mini Cooper, atau ada juga yang bilang Morris Mini.



Mobil ini cukup banyak dikenal oleh banyak orang lewat adegan konyol seorang Mr Bean. Di film bergendre komedi tersebut, Morris Mini menjadi mobilnya Bean dan sering dijadikan sebagai alat untuk memancing gelak tawa. Tapi, sebenarnya sebelum adanya film tersebut “si mungil” ini udah lumayan dikenal banyak orang.


Diluncurkan pertama kali tahun 1959
Kemunculan mobil ini tidak lepas dari adanya krisis Suez pada akhir tahun 1950 – an. Kala itu di negara – negara Eropa, termasuk Inggris Raya, ditetapkan adanya penjatahan bahan bakar minyak. Kondisi ini membuat salah satu pabrikan otomotif British Motor Corporation (BMC) yang merupakan hasil merger antara Austin dan Morris, berniat membuat mobil denga ukuran kecil, ringkas, simpel, dan hemat bahan bakar.


Tepat pada Agustus 1959, mobil kecil ini resmi diluncurkan. Pada awalnya mobil ini diberi nama Austin Mini Se7en dan Morris – Minor. Namun, pada tahun 1969, nama pabrikan Austin dan Morris tidak digunakan lagi, sehingga muncullah nama Mini. Semenjak itu mobil ini mulai jadi perhatian banyak orang.

Dekade 1970 – an Masuk ke Indonesia
Morris mini mulai banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia pada tahun 1970 – an. Saat itu mobil ini juga sempat menjadi salah satu mobil yang digunakan untuk balap di arena balap Ancol, Jakarta. Distributor yang membawa barang ini masuk ke Indonesia adalah PT Java Motors. Kala itu masih dikirim dalam bentuk kit dan di rakit di Medan.


Sejak tahun 1970 – an hingga sekarang, peminat mobil ini di tanah air masih banyak. Bentuknya yang mungil, unik, dan mesinnya bandel, membuat banyak orang tertarik milikin mobil ini. Di zaman sekarang, kalau ada mobil ini seliweran di jalan raya, pasti bakalan jadi pusat perhatian banyak orang.

Menjadi mobil Inggris terlaris sepanjang sejarah
Dari informasi yang Ane dapat, selama 42 tahun berproduksi, total ada 5,5 juta unit mobil yang di produksi Mini. Angka ini menjadikan Morris Mini sebagai mobil Inggris terlaris sepanjang sejarah. Hebatnya lagi GanSis, tahun 2001 majalah Autocar sempat menganugerahi predikat mobil paling berpengaruh di abad 20. Tuh GanSis, keren kan...emang dari dulu mobil ini udah menjadi pilihan banyak orang di dunia ini.

Harganya nyampe ratusan juta rupiah
Karena klasik, unik, banyak yang pengen, dan berkelas, membuat harga jual mobil ini melejit hingga ratusan juta rupiah GanSis. Tapi kalau ngmongin harga mobil klasik sih tergantung kondisi mobilnya juga sih. Harga ratusan juta rupiah ini untuk mobil yang kondisinya oke GanSis.
Ane sempat ngecek di internet, ada yang berani ngelepas Morris Mini diharga Rp 350 juta GanSis. Kira – kira dengan harga segitu siapa yang mau ngambil yah. Tapi, Ane yakin sih pasti ada aja yang bakalan rela ngeluarin duit banyak buat dapaten mobil ini GanSis.


Kalau untuk proses ngebangunnya, Agan dan Sista kayaknya gak usah ragu. Soalnya dari info yang Ane dapat, sekarang udah banyak yang nyediain spare part nya GanSis. Dan spare part nya ada yang dari luar negeri juga loh. Kalau masih bingung, mending masuk komunitas sih saran Ane GanSis. Di situ lo bisa diskusi seputar mobil unik ini GanSis.

Salah satu komunitas yang bisa Agan dan Sista kepoin adalah Jakarta Morris Club. Sesuai dengan namanya, ini merupakan komunitas mini cooper atau morris mini di Jakarta. Agan dan Sista yang pengen tau banyak tentang morris mini atau mini cooper tahun lama, kalian bisa kepoin sosmed mereka atau kalian juga bisa langsung ketemu ama mereka di event yang akan diadain ama KASKUS GanSis.


Event yang Ane maksud adalah KASKUS HobbyGround. Acara ini akan berlangsung pada 2-3 November 2019 di Plaza Barat Senayan. Nantinya disini bakalan ada sharing seputar mobil klasik termasuk mini cooper GanSis. Lo bisa nanya sepuasnya deh disana. Selain ngobrolin seputar mobil klasik, disini kalian juga bisa nambah ilmu seputar motor, modifikasi motor, dan sepeda. Semua ini bisa lo temuin di ground Rides GanSis.


Gak hanya sharing sesion ama orang – orang keren di dunia riding GanSis. Nantinya kalian juga bisa ngikutin Sunday Morning Rides, showcase motor dan mobil unik mulai dari yang klasik hingga yang langka, ama satu lagi, kalian juga bisa berburu perlengkapan buat riding GanSis.

Gak usah kebanyakan mikir lagi GanSis, ayo ajakin teman - teman lo buat ngumpul di KASKUS HobbyGround pada 2 - 3 November 2019, di Plaza Barat Senayan. Untuk tiket presale - nya cuman Rp 50.000 GanSis, atau kalau merapatnya rame-rame mendingan beli promo Buy 3 Get 1 yang informasi lengkapnya bisa cek di sini.

Untuk informasi selengkapnya mengenai tiket KASKUS HobbyGround kalian bisa lihat detailnya di situs resmi HobbyGround.id
Ditunggu di Tekape ya GanSist!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rony25 dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KASKUS.HQ
mr bean yang memamerkannya sekaligus mempopulerkannya..
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di