KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kematian Sang Pengadil Ditangan Tommy Soeharto
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da3fa5c2f568d57b03d75c1/kematian-sang-pengadil-ditangan-tommy-soeharto

Kematian Sang Pengadil Ditangan Tommy Soeharto


Syafiuddin Kartasasmita lahir di Jakarta pada 5 Desember 1940. Lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini kerap mengadili perkara-perkara besar yang berisiko tinggi. Selain kasus Tommy Soeharto, Syafiuddin juga pernah menangani perkara dugaan korupsi terkait yayasan milik sang mantan penguasa.

Hakim yang satu ini memang “spesialis” kasus-kasus terkait Orde Baru. Pada 2001, ia menangani kasasi perkara korupsi Bob Hasan, pengusaha kelas kakap sekaligus mantan menteri yang dikenal dekat dengan mantan Presiden Soeharto semasa Orde Baru berkuasa.

Kasasi yang diajukan Bob Hasan ditolak Syafiuddin selaku Hakim Agung MA. Kala itu, MA mendukung putusan majelis hakim banding Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta yang menjatuhkan hukuman 6 tahun penjara dan denda Rp15 juta serta ganti rugi kepada negara sebesar 243,7 juta dolar AS.


Saat Soeharto resmi menjadi terdakwa dalam perkara kasus dugaan korupsi terkait sejumlah yayasan, Syafiuddin jugalah yang mengurusi. Syafiuddin saat itu duduk sebagai Ketua Majelis Hakim dengan anggota Sunu Wahadi dan Artidjo Alkostar.

Berkali-kali mengurusi perkara terkait pelanggaran Orde Baru jelas membuat orang-orang di lingkaran bekas rezim itu terusik, termasuk Tommy Soeharto, terlebih setelah kasasinya ditolak dan Syafiuddin menjatuhkan hukuman kepadanya. Aksi nekat pun dilakukan untuk mengakhiri riwayat sang hakim.


Quote:


Simak kisah Hakim Syafiuddin yang dibuatoleh Nadaramadhan20 bersama Jas Merah hanya di Kaskus Podcast.




emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut


profile-picture
profile-picture
profile-picture
isabela1234 dan 18 lainnya memberi reputasi
ini yg mobil ny diledakin sama tommy bukan ? apa korban lain lg ?
profile-picture
profile-picture
isabela1234 dan extreme78 memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di