alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Lulus SMA Lanjut Kuliah? Persiapkan Ini Secara Matang!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9ffba8349d0f7d8a73ec78/lulus-sma-lanjut-kuliah-persiapkan-ini-secara-matang

Lulus SMA Lanjut Kuliah? Persiapkan Ini Secara Matang!

Ingin Kuliah? Persiapkan Dirimu dengan Baik!





Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan umumnya berarti daya upaya untuk memajukan budi pekerti (karakter, kekuatan bathin), pikiran dan jasmani anak-anak selaras dengan alam dan masyarakatnya.

Pendidikan sangat penting bagi kehidupan manusia. Karena manusia butuh dididik agar mampu menjadi manusia yang lebih baik lagi, serta mengerti mana yang baik dan mana yang buruk. Pendidikan dapat dimulai sejak anak berada di dalam kandungan, kedua orangtuanya selalu mengajaknya berbicara dengan kalimat-kalimat yang baik, itu dapat membentuk karakter anak di masa mendatang. Pendidikan dari TK, SD, SMP, SMA, menuju kuliah tentu bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan.

Kali ini saya akan membahas tentang kuliah. Kuliah merupakan pendidikan ke arah yang lebih tinggi. Tentu kuliah mendidik remaja agar pikiran maupun sikapnya lebih dewasa lagi, lebih mengerti, mandiri, serta taat pada perintah agama. Dalam kuliah memang berbeda dengan saat SMA, baik dari segi pembelajaran, maupun penugasan.

Sebenarnya, seberapa mantapkah Anda dalam kuliah? Sudah berapa persen?

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan ketika ingin kuliah, diantaranya:

1. Persiapkan biaya

Tentu sudah banyak rumor yang beredar bahwa biaya kuliah itu mahal. Dua kali lipat bahkan tiga kali lipat saat SMA dulu. Memang benar. Namun, jika kekurangan biaya dalam kuliah bisa mengambil jalur beasiswa prestasi, bidikmisi, atau beasiswa lainnya yang telah disediakan oleh pemerintah maupun perusahaan-perusahaan, misalnya tanoto foundation, fair & lovely, dll. Kalau memang punya tekad yang kuat ingin melanjutkan pendidikan ke lebih tinggi, jangan takut soal biaya. Usaha dan berdo'a semoga dimudahkan oleh Allah. Bisa juga kamu kuliah sambil bekerja, cari universitas yang ada kelas di hari sabtu minggu.

2. Persiapkan mental yang baik

Kuliah harus mempersiapkan mental. Apalagi jika kamu sosok yang pendiam dan malu. Pasti kamu akan merasa kaget, atau tidak terbiasa dengan suasana yang baru. Perlu adaptasi dengan lingkungan yang baru. Kuliah harus benar-benar disiapkan. Apa kamu benar-benar serius dalam kuliah atau tidak. Jangan sampai kuliah dijadikan sebagai gaya saja. Jangan sampai sudah setengah perjalanan tiba-tiba terhenti karena alasan sudah menyerah dalam pembelajaran.

3. Persiapkan fisik yang kuat

Fisik harus kuat, apalagi jika mendapat tugas yang banyak harus lembur untuk menyelesaikannya. Kesehatan harus terjaga, makan-makanan yang sehat. Jangan terlalu makan-makanan instan. Tidak baik buat tubuh. Sering olahraga terutama dan minum air putih itu yang banyak. Jangan sampai dehidrasi.

Dalam masa pendidikan, jangan pernah meremehkan sesuatu hal. Karena pendidikan itu penting. Terutama dalam pemilihan jurusan, jangan sampai salah memilih. Harus memilih sesuai kemampuanmu dan skills mu ya, guys.

Bagi anak SMA yang ingin melanjutkan kuliah, harus mempersiapkan segalanya dengan matang, ya. Terutama niatnya. Niatnya harus baik agar pendidikan yang dijalani berkah dan bermanfaat untuk kehidupan. Jika setelah lulus, amalkan ilmu yang diperoleh dengan baik dan amanah.


Sumber gambar: google
Sumber tulisan: opini pribadi
Sumber lain: Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
febriay123 dan 44 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ilafit
Quote:


Oalah..semangat aja ya, kak..sukses selalu..semoga ilmunya bermanfaat dan berkah
profile-picture
febriay123 memberi reputasi
profile picture
febriay123
amin hihi makasih yaa gan,semoga ente juga sukses selalu,ilmunya bertambah&dapet pekerjaan yg di idam2kan amin.
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di