KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Cara Menghilangkan Berbagai Jenis Noda pada Pakaian, Yuk Dicoba!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9ef96c0577a92ba20a63a2/cara-menghilangkan-berbagai-jenis-noda-pada-pakaian-yuk-dicoba

Cara Menghilangkan Berbagai Jenis Noda pada Pakaian, Yuk Dicoba!

Saat dipakai untuk beraktivitas, pakaian kita tentu akan rentan terkena noda. Jenis noda tentu bermacam-macam, ada yang mudah dihilangkan, ada pula noda membandel yang susah dibersihkan meskipun udah digosok sekalipun. Kalau udah terkena noda yang nggak bisa hilang, kita jadi mikir dua kal deh sebelum memakai baju tersebut. 

Cara untuk membersihkan noda itu berbeda-beda, Gan Sis, tergantung jenis nodanya. Kalau menggunakan cara yang salah, bisa-bisa noda tersebut bukannya hilang, tapi malah makin menyebar dan terlihat makin kotor.

Nah, berikut ini ada beberapa tips buat menghilangkan berbagai jenis noda di pakaian. Cekidot, Gan!

1. Noda tinta

Tinta pulpen yang bocor dan terpapar sampai ke pakaian jadi mimpi buruk bagi semua orang, terutama saat lagi memakai baju berwarna cerah. Noda tinta yang gelap dan pekat ini keliatannya susah banget dihilangkan.



Ternyata, untuk menghilangkan noda tinta cukup menggunakan bahan-bahan rumah tangga, Gan. Salah satunya dengan garam. Usapkan garam dengan beberapa lembar tisu basah, kemudian gosokkan tisu bergaram tersebut di titik noda yang terkena tinta. Ulangi sampai noda benar-benar terangkat.

Selain menggunakan garam, Agan juga bisa membersihkan noda tinta dengan hairspray. Yap, produk rambut ini bisa disemprotkan pada noda untuk menghilangkannya.
 

2. Noda luntur



Kita seringkali melakukan kesalahan dalam mencuci baju, yakni mencampurkan baju putih dan baju berwarna. Akibatnya, seringkali baju putih kita bakal terkena lunturan warna baju-baju lain. Nah, untuk menghilangkan noda lunturan ini, Agan bisa segera merendam pakaian yang bernoda di mesin cuci dengan air dingin yang dicampur dengan pemutih non-klorin selama delapan jam. Ulangi prosesnya sampai noda di baju putih benar-benar hilang. Setelah itu, cuci dan keringkan seperti biasa. 


3. Noda protein



Apa itu noda protein? Keringat, muntah, darah, dan segala cairan yang keluar dari tubuh kita termasuk noda protein.  Noda yang mengandung protein harus dibersihkan dengan menggunakan deterjen yang mengandung enzim (yang bisa memecah protein), dan pemutih non-klorin. Cuci pakaian yang bernoda protein dengan air panas (suhu tertinggi yang direkomendasikan untuk jenis kainnya). Kadang, noda protein masih menyisakan bau nggak sedap setelah dicuci. Untuk menghilangkan bau ini, gunakan deterjen yang bisa menghilangkan bau.
 

4. Noda produk susu



Noda susu sebenarnya termasuk noda protein karena bersifat organik (dari hewan). Meski begitu, noda dari produk susu dibersihkan dengan cara yang berbeda, Gan. Karena, mencuci noda susu dengan air hangat atau panas malah bisa membuat noda susu semakin parah. Noda produk susu yang segar harus direndam dan dikucek dalam air dingin dulu  sebelum dicuci. Rendam pakaian hingga beberapa jam dalam air dingin yang dicampur detergen berenzim, setelah itu baru bilas dengan air hangat.
 

5. Noda kopi



Sesegera mungkin cuci pakaian Agan yang terkena tumpahan kopi dengan air dingin untuk menghilangkan nodanya.  Lalu, taburkan deterjan berenzim, dan gunakan sikat berbulu halus untuk menggosok noda pada pakaian. Diamkan selama lima sampai sepuluh menit, dan cuci seperti biasa (tanpa membilas sisa deterjen yang tadi) dalam air panas.
 
 
Tapi, supaya noda ini bisa benar-benar hilang, tindakan di atas harus dilakukan segera setelah baju terpapar oleh noda, ya. Kalo nodanya udah melekatseharian sih nggak bakal bisa ilang ya , Gan, karena udah menyerap ke pakaian.

Selamat mencoba! emoticon-2 Jempol





Spoiler for sumber:




profile-picture
profile-picture
profile-picture
arfan1997 dan 6 lainnya memberi reputasi
sering banget kemeja ane kena tinta bolpen sampe pusing ngilanginnya gimana. ntar dicoba deh
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di