alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Rekomendasi 7 Kuliner Surabaya Legendaris Terkenal Harga Murah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9bf720018e0d5b632561d1/rekomendasi-7-kuliner-surabaya-legendaris-terkenal-harga-murah

Rekomendasi 7 Kuliner Surabaya Legendaris Terkenal Harga Murah


Indonesia tidak akan pernah ada habisnya untuk dijelajahi. Selain terkenal akan kekayaan alamnya, Indonesia juga memiliki keberagaman di bidang kuliner. Setiap daerah mempunyai makanan khas masing-masing. Makanan Indonesia selalu identik dengan cita rasa yang menggugah selera karena kombinasi bumbunya yang kaya rempah. Karena itulah makanan Indonesia juga digemari wisatawan asing.

Surabaya sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia hadir dengan kuliner khasnya. Ibu kota Jawa Timur ini memiliki berbagai jenis menu kuliner legendaris yang terkenal. Uniknya, kuliner di Surabaya memiliki cita rasa yang beragam akibat banyaknya pendatang dari daerah lain. Nah, bagi kalian yang sedang merencanakan pergi ke Surabaya rekomendasi 7 kuliner legendaris ini tidak boleh sampai dilewatkan, ya!

1. Lontong Kupang

Memiliki nama Lontong Kupang, bukan berarti makanan ini berasal dari Kupang, Nusa Tenggara Timur. Lontong Kupang adalah kuliner Surabaya asli. Makanan ini juga bisa ditemui di daerah sekitar Surabaya seperti Sidoarjo dan Pasuruan. Nama kupang disematkan karena memang menu ini menggunakan bahan kerang kupang. Kupang atau yang juga sering disebut kerang putih merupakan adalah jenis hewan laut yang berukuran kecil yaitu seukuran biji beras.

Kupang kemudian dimasak dan ditambahkan bumbu petis dan disajikan bersama lontong. Es degan atau air kelapa muda sebagai pelengkap menu ini dipercaya oleh masyarakat sekitar bisa mengobati berbagai keluhan penyakit. Perpaduan ini menurut saya menciptakan rasa nikmat yang sayang buat dilewatkan saat berkunjung ke Surabaya.

2. Lontong Balap

Menurut sejarah, dulu para penjual makanan ini berebut pembeli dengan cara berjalan cepat menuju pos terakhir di Pasar Wonokromo. Jalan cepat ini yang dalam bahasa Jawa disebut balapan. Sehingga makanan ini disebut dengan nama Lontong Balap. Dulunya kuliner Surabaya ini dijual dalam wadah tanah liat besar yang disebut kemaron.

Dalam seporsi Lontong Balap terdiri dari ontong, tahu goreng, tauge, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal dipadu kuah segar. Saya menyukai taoge yang melimpah di menu ini karena memberikan kesan segar. Es degan juga menjadi minuman wajib yang sangat cocok menyertai menu ini. Bagi saya, kombinasi Lontong Balap yang nikmat dan es degan yang segar sangat cocok disantap saat waktu makan siang.

3. Rawon

Menurut saya kurang lengkap rasanya jika ke Surabaya tanpa menikmati kuliner khasnya yang satu ini. Rawon dibuat dari daging sapi dengan kuah hitamnya yang bercita rasa khas. Meskipun makanan ini dikenal sebagai kuliner Surabaya asli, namun kita juga bisa menemuinya di daerah lain seperti Jawa Tengah. Di luar negeri, Rawon dikenal dengan sebutan black soupkarena tampilannya.

Dalam bumbu rawon, ada campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, kunyit dan kluwek. Bumbu yang telah dihaluskan ini kemudian ditumis dan dimasukkan dalam kaldu daging sapi. Rawon biasanya disajikan bersama nasi hangat dengan taburan tauge segar di atasnya. Sebagai pelengkap ada daun bawang, kerupuk udang dan sambal bagi yang suka pedas.

4. Rujak Cingur

Ada banyak jenis rujak dan salah satu yang paling ternama adalah Rujak Cingur. Rujak Cingur telah dikenal sebagai kuliner Surabaya yang legendaris dan masih banyak disukai hingga sekarang. Dalam bahasa Jawa, cingur berarti mulut atau moncong sapi. Mulut atau moncong sapi inilah yang menjadi bahan dasar menu Rujak Cingur.

Rujak lain hanya berisikan berbagai jenis sayuran segar dengan rasa yang umum. Sedangkan dalam seporsi Rujak Cingur, saya bisa merasakan rujak dalam rasa yang lebih khas karena ada bahan mulut sapinya. Menurut saya, rasa mulut sapi dalam Rujak Cingur tidak berlebihan karena telah berpadu dengan bahan lain dan saus kacang yang nikmat. Akan semakin nikmat rasa Rujak Cingur jika dinikmati dengan kerupuk udang.

5. Tahu Campur

Tahu campur juga merupakan kuliner Surabaya yang berisikan bahan segar dengan siraman kuah yang khas. Kuah khas dalam menu Tahu Campur ini sering disebut dengan nama kuah sandung lamur. Kuah sandung lamur merupakan kuah dari hasil rebusan daging sapi has dalam yang berwarna putih. Tahu Campur diracik dengan irisan tahu putih, tauge, mie kuning dan selada. Makanan ini banyak disajikan oleh pedagang kaki lima, tapi menurut saya rasanya sama sekali tidak murahan.

6. Sate Klopo

Kuliner Surabaya juga punya menu sate yang unik, namanya Sate Klopo. Sate umunya berupa daging yang ditusuk kan pada tusuk bamboo dan kemudian dibakar dengan bumbu tertentu. Sate Klopo memiliki perbedaan yang menurut saya membuat rasa sate ini lebih gurih dibanding jenis sate lainnya. Ternyata sate ini ditaburi parutan kelapa di atas dagingnya sebelum dibakar. Dari sinilah asal nama Klopo yang berasal dari bahasa Jawa klopo yang berarti kelapa.

7. Pecel Semanggi

Menu pecel memang sudah dikenal sebagai makanan khas Jawa Timur. Beberapa daerah di Jawa Timur memiliki menu pecel khas masing-masing. Menu pecel yang sedikit berbeda adalah Pecel Semanggi dari Surabaya ini. Kuliner Surabaya ini menggunakan daun semanggi sebagai bahan dasarnya. Penyajiannya sama seperti pecel pada umumnya yaitu dilengkapi dengan tauge dan siraman saus kacang beserta kerupuk beras. Rasa segar daun semanggi menurut saya sangat nikmat berpadu dengan saus kacang dengan sedikit rasa pedas.

Itulah tujuh jenis kuliner Surabaya yang legendaris. Menu makanan tersebut sudah ada sejak masa lampau dan masih bertahan hingga sekarang. Saya sarankan kamu untuk tidak terlewat mencicipinya saat ke Surabaya. Dijamin kamu akan merasakan pengalaman kuliner tak terlupakan karena kelezatan makanannya.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhilfa dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Sering makan gan?
Ane dari dulu pengen nyoba ngrasain
Cuma ane kagak doyan bagian kek iduny, lidah dll gitu emoticon-Cape d...
×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di