alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Resmi Dibuka, Begini Penampakan Bandara dengan Terminal Terbesar di Dunia Gan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d926bf0bdb20a30546f73/resmi-dibuka-begini-penampakan-bandara-dengan-terminal-terbesar-di-dunia-gan

Resmi Dibuka, Begini Penampakan Bandara dengan Terminal Terbesar di Dunia Gan



Beijing Daxing International Airport  akhirnya resmi dibuka oleh Presiden China Xi Jinping pada 25 September 2019 lalu. Ada beberapa hal menarik terkait bandara baru yang diklaim sebagai single-building airport terbesar di dunia ini Gan.

Luas bandara setara hampir 100 kali luas lapangan bola


Salah satu hal yang menarik dari bandara ini ada pada ukurannya yang sangat besar Gan. Dikutip dari Reuters, ukuran bandara ini ditaksir menyerupai 100 kali lapangan bola.



Dilansir dalam South China Morning Post, total luas bandara ini adalah 47 km persegi, dimana luas terminal utamanya saja mencapai 695.000 meter persegi.

Bandara ini juga disebut dapat menangani 45 juta penumpang pada tahun 2021, dengan target  dapat menampung 72 juta penumpang per tahun pada  2025 dan diperkirakan masih bisa terus meningkat hingga 100 juta penumpang per tahunnya pada tahun 2040 mendatang.



Target ini didukung dengan adanya empat landasan pacu yang rencananya juga akan ditambah lagi dengan 3 landasan pacu untuk dapat menjadi hub setidaknya bagi 100 juta penumpang dan empat juta ton kargo. Dikutip dalam Kompas.com, bandara ini ditargetkan memiliki layanan ke 112 tujuan di seluruh dunia pada musim semi 2020.

Dirancang arsitek terkenal, Zaha Hadid


Bandara Daxing International ini dirancang oleh mendiang arsitek terkenal kelahiran Irak yakni Zaha Hadid. Bentuk bandara ini sendiri terbilang unik karena bila dilihat dari atas, menyerupai bintang laut. Desainnya sendiri mengedepankan pencahayaan alami dengan lebih dari 8.000 jendela dan atap tembus pandang untuk memberikan cahaya alami yang menerangi gedung.




Nggak semata-mata luas, desain Bandara Daxing juga katanya dirancang untuk meminimalkan waktu penumpang ketika harus berjalan untuk sampai ke gerbang keberangkatan. Dilansir dalam CNN, desain bangunan memungkinkan penumpang untuk berjalan tidak lebih dari 8 menit dari pos pemeriksaan keamanan ke gerbang keberangkatan terjauh.





Ada juga deretan fitur teknologi tinggi yang dimiliki bandara ini, salah satunya robot layanan pelanggan yang dioperasikan di tiap terminal.

Konstruksi bandara sendiri sebetulnya sudah dimulai pada tahun 2014 dengan dibangun oleh lebih dari 40.000 pekerja Gan.  Proses pembangunan pun selesai pada Juni 2019 namun baru lolos inspeksi pada September 2019 ini.



Untuk membangun bandara sebesar Bandara Daxing International ini tentu menghabiskan dana yang sangat besar Gan. Proses pembangunan disebut-sebut telah habiskan sekitar 16 miliar dollar AS.

Akan jadi pusat transportasi baru wilayah Beijing




Daxing International Airport nantinya akan menggantikan bandara lama, Nanyuan Beijing dan akan membantu meringankan beban Bandara Beijing Capital International yang selama ini dikenal memiliki masalah terkait kepadatan penerbangan.



Untuk mencapai bandara ini ada banyak cara yang bisa dipilih Gan. Nantinya bandara ini akan terhubung dengan kereta api dan kereta bawah tanah yang memungkinkan pengunjung mencapai pusat kota dalam waktu sekitar 20 menit.




Spoiler for sumber:



profile-picture
profile-picture
july00artha dan royani1975 memberi reputasi
Diubah oleh molimilo
Wah mantep banget nih bandara keren banget... btw itu luas banget yaa... lumayan lah buat ngisi kegabutan kalo pas delay yakan wkwk tp udh capek duluan gaksi untuk ngelilingin ituu
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di