alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / Electronics /
Simak!! Tips Sebenarnya Cara Mengatasi Handphone Terkena atau Terendam Air.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9b8bd2e83c726df92eafa5/simak-tips-sebenarnya-cara-mengatasi-handphone-terkena-atau-terendam-air

Simak!! Tips Sebenarnya Cara Mengatasi Handphone Terkena atau Terendam Air.



Halo gans, sekedar memberi info dan edukasi mengenai permasalahan handphone terkena/terendam air.
Banyak sekali diluar sana yang masih memakai media beras apabila handphone atau tabletnya terkena/terendam air. Padahal menurut admin cara ini tidaklah efektif untuk mengatasi water demage tersebut.
Memang betul beras memiliki daya serap air yang cukup bagus,tetapi hal tersebut tetap saja tidak terlalu menolong si handphonenya gans,
Berikut Tips dari admin cara mengatasi handphone atau tablet kalian apabila terkena/terendam air :

1. Matikan Handphone
Loh kenapa dimatikan?? Cara ini menurut admin adalah hal yg wajib pertama kali kalian lakukan, karena untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Sedekar info,, Air adalah musuh utama komponen listrik gan. Jadi bagaimanapun juga kalian harus safety sekali menggunakan handphone apabila terkena air. Setelah sudah dalam posisi mati kalian bersihkan bagian luarnya terlebih dahulu gan sampai benar benar kering dan tidak ada air. Setelah itu jangan langsung dinyalakan ya gan. Lanjut proses berikut!!

2. Cabut baterai / Jauhi dari Arus Listrik
Cara kedua yang wajib dan segera kalian lakukan adalah mencabut konektivitas baterai handphone. Jika handphone kalian bukan baterai tanam memang gampang gans tinggal lepas saja baterainya ,tetapi dijaman sekarang sudah jarang ditemukan baterai yang langsung bisa dilepas,model baterai zaman sekarang kebanyakan menggunakan system tanam gan.Jadi kalian harus bongkar tutup belakangnya dahulu atau membuka back casingnya terlebih dahulu menggunakan obeng baru bisa dilepas soket baterainya. Memang agak susah sih gan pembongkarannya, kalo kalian belum tahu bagaimana cara bongkar handphone kalian,kalian bisa cek diyoutube gans, atau kalian bisa langsung cari orang yang ahli untuk membongkar hp kalian.INGAT JANGAN DINYALAKAN memang agak lama tapi minim resiko gans.

3. Bongkar Mesin dan Bersihkan
Setelah tahap kedua diatas selesai, bersihkanlah bagian mesin /komponen elektro yang terkena air gans, Ingat gans harus benar benar kering dan tidak ada kelembaban yang tersisa dimesin, karna apabila masih tersisa sedikit saja bisa menimbulkan korosi pada mainboard handphone agan.Sekedar tips dari admin kalo bisa seluruh bagian konektifitas pada handphone dicek ada air atau tidak??jadi dipreteli gitu gans untuk memastikan jangan sampai ada yang terlewatkan. Gunakanlah tiner dan blower/hair dryer kalo ada gans, untuk proses pembersihan dan pengeringannya. Apabila sudah kalian pastikan tidak ada air yang tersisa, bisa kalian rakit kembali dan coba nyalakan kembali.

Kesimpulan dari 3 point diatas adalah ketika handphone kalian terkena atau terendam air kalian harus jauhi handphone kalian dari arus listrik yang mengalir,baik baterai ataupun charger sampai benar benar handphone kalian sudah dipastikan tidak ada airnya.

Gimana gan menurut kalian?? Apakah artikel ini membantu??


Semoga bermanfaat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
astechfuture dan 17 lainnya memberi reputasi
owh bgtu yah tips sebenarnya emoticon-Nyepi
profile-picture
astechfuture memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di