alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Enak dan Gurih! Ini Resep Membuat Pempek Kulit Khas Palembang Yang Tidak Ribet
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9fdefc349d0f2fd224f0b4/enak-dan-gurih-ini-resep-membuat-pempek-kulit-khas-palembang-yang-tidak-ribet

Enak dan Gurih! Ini Resep Membuat Pempek Kulit Khas Palembang yang Tidak Ribet

Pempek ialah makanan atau cemilan yang terbuat dari ikan yang sudah digiling atau dihaluskan. Ya, bahan baku membuat pempek adalah ikan, bisa ikan laut, bisa juga ikan yang hidup di sungai. Contoh ikan yang dipakai untuk membuat pempek adalah ikan tengiri, ikan gabus, ikan parang-parang, dan ikan lainnya yang banyak dagingnya. Semakin baik kualitas ikan, semakin enak rasa pempeknya.

Pempek kulit merupakan pempek yang terbuat dari kulit ikan. Warnanya memang beda dari warna pempek pada umumnya. Sedikit kehitaman karena dari warna kulit ikan dan rasanya gurih, renyah dan garing. Berikut resep dan bahan untuk membuat pempek kulit khas Palembang.

Bahan :
1/2 kg kulit ikan yang sudah dihaluskan
3 butir telor ayam
300-350 gr sagu tani
Segelas air
1,5 sdm garam halus
4 buah bawang merah diiris tipis
Daun bawang diiris secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :
1. Letakkan kulit ikan ke dalam wadah besar, kemudian hancurkan dan pastikan daging kulit ikan tidak menggumpal (jika disimpan didalam freezer).
2. Masukkan air sedikit demi sedikit dan aduk hingga merata.
3. Lalu, masukkan tiga butir telur ke dalam adonan pempek dan aduk lagi hingga semua tercampur dengan baik.
4. Tambahkan garam dan aduk lagi. Lalu masukkan daun bawang dan bawang merah. Aduk hingga merata.
5. Terakhir, masukkan sagu tani sedikit demi sedikit kemudian diaduk rata. Jangan dimasukkan sekaligus untuk memastikan adonan dapat tercampur dengan baik (kalis).
6. Setelah semua sagu dimasukkan, bentuk pempek bulat pipih dan beri sedikit sagu supaya tidak lengket di tangan. Bentuk bulat pipih untuk mendapatkan pempek kulit yang garing. Kalau ingin bentuk bulat sepeti bola bisa saja, hanya saja kurang garing, disesuaikan dengan selera anda.
7. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, setelah minyak sudah panas, kecilkan api. Goreng pempek dengan api kecil supaya tidak cepat gosong dan mendapatkan pempek yang tidak mentah dalam. Jangan heran jika pempek mengembang besar sewaktu digoreng karena pengaruh telur yang dimasukkan tadi. Nanti setelah diangkat pempek akan kembali ke bentuk semula. Hehehe.

Membuat pempek ini sangat simpel karena tidak memakan waktu lama, biasanya saya membuat di pagi hari untuk sarapan di rumah. Untuk cuko biasanya selalu ada stok cuko di kulkas, tinggal hirup saja. Hehe. Bahan diatas untuk dimakan oleh 7 orang. Sekali duduk langsung habis. Enak, murah dan sederhana. Itulah resep pempek kulit Palembang. Silahkan mencoba ya.

Gambar dokumentasi pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
senjakita09 dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh senjakita09
Di tempat ane juga ada yg jualan enih dan orang Palembang asli 😁
profile-picture
senjakita09 memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di