alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9ff21610d2951bc038e020/freshgraduate-dan-pengangguran-jangan-ragu-mari-doakan-dan-tagih-janji-pak-jokowi

Freshgraduate dan Pengangguran Jangan Ragu! Mari Doakan, dan Tagih Janji Pak Jokowi



Halo Agan Sista, pemilu sudah lama berlalu, Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf Amin resmi terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024. Bahkan, pelantikan beliau tinggal menghitung hari, dijadwalkan pada tanggal 20 Oktober 2019.

Sebagai warga negara yang bijak dan cerdas, sembari mendoakan yang baik-baik untuk negeri ini, dan juga Pak Jokowi serta Pak Ma'ruf Amin, tentu kita harus menolak lupa atas beberapa janji yang beliau utarakan pada saat kampanye pemilihan presiden waktu lalu, khususnya 'program terobosan' demi mengurangi problema pengangguran di Indonesia, yakni Kartu Pra Kerja.

Bukan Gaji Pengangguran! Ini Tujuan Program Kartu Pra Kerja



Program Kartu Pra Kerja bisa dibilang adalah program Pak Jokowi yang paling seksi, ketika beliau mencetuskannya pada saat kampanye pemilihan calon presiden. Semua mata, telinga dan mulut tertuju pada program tersebut. Rentetan pujian, kritik, dukungan dan hujatan dituai oleh program tersebut.

Tidak sedikit yang bilang itu program gila! Bagaimana tidak, ketika Indonesia sedang mengalami defisit terus menerus dari berbagai BUMN, dan honorer (khususnya guru) yang bekerja keras mendidik belum digaji dengan manusiawi, pengangguran justru akan digaji?

Namun, juga tidak sedikit yang mendukung program tersebut. Harapannya adalah dengan adanya program tersebut, para pencari kerja, korban PHK, dan freshgraduate mendapatkan fasilitas dan akomodasi dari negara untuk mendapatkan pekerjaan, melalui insentif dan juga pelatihan. Sederhananya, dari rakyat untuk rakyat, 'kan?

Mengetahui bahwa fokus masyarakat Indonesia (a.k.a Netijen) sedikit salah kaprah, Bpk Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Muhammaf Hanif Dhakiri mengatakan, 

Quote:



Lantas, timbul lagi pertanyaan dibenak kita, siapa, berapa banyak dan apa syarat penerima kartu pra kerja ini?  Bpk Menaker menjawab, 


Quote:



Berdasarkan berbagai informasi, meski belum dapat dipastikan. Besaran insentif yang akan diberikan kepada para penerima kartu pra kerja, rencananya berkisar antara Rp 300,000 - Rp 500,000 / bulan, insentif ini diharapkan dapat membantu biaya akomodasi para pencari kerja. 

Adapun persyaratan penerima kartu pra kerja, diantaranya adalah tidak sedang mengemban pendidikan formal, sudah lulus SMA/SMK atau lulus perguruan tinggi, dan berusia minimal 18 tahun. Menariknya, tidak ada batas maksimal seseorang untuk mendapatkan kartu pra kerja ini.
Disampaikan oleh Bpk Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Muhammaf Hanif Dhakiri di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, (03/10/2019).



Quote:






Kesimpulannya yang TS dapatkan sementara adalah, bahwa atas program kartu pra kerja ini dianggarkan untuk 2 juta penerima, dengan syarat penerima adalah lulusan baru (SMK/SMA/Perguruan Tinggi), sudah berusia 18 tahun, ingin beralih pekerjaan, dan mungkin masih banyak lagi yang belum disebutkan. Tujuan program ini, adalah demi menurunkan angka pengangguran, dengan cara skilling dan upskilling para pencari kerja.

Sebagai warga negara baik yang mampu move on dan sungguh mendukung kemajuan Indonesia, sudah sepatutnya bahwa kita harus mendoakan agar setiap program yang sedang dibuat dan dikerjakan pemerintah adalah yang paling baik demi kebanyakan orang. Meski demikian, mengawal dengan cara mengkritisi program bukanlah hal yang salah. Justru ini sungguh bukti bahwa kita benar-benar peduli, dan tidak pasrah membiarkan "tikus bermain di lahan basah".

Finlandia misalnya, sebagai negara pertama di Eropa yang menjalankan program pemberian gaji kepada pengangguran adalah contoh, bahwa program ini dapat memberikan efek baik demi kemajuan suatu negara, khususnya dalam mengentaskan problema pengangguran dan meningkatkan perekonomian masyarakat menengah kebawah.

 

Sekian dulu thread TS kali ini, jika ada yang berkenan mengoreksi adanya kekeliruan informasi, atau ingin menambahkan informasi yang paling aktual, TS ucapkan terima kasih

emoticon-terimakasih

Mari bersama-sama kita doakan, supaya program ini dapat bermanfaat dan tepat sasaran!

emoticon-welcome

Sumber foto : Google
Referensi : di sinidi maridi mari dan di mari


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 41 lainnya memberi reputasi
terus untuk mendapatkan kartu itu ada daftarnya atau gimana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 3 lainnya memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di