alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Benarkah Kota Yogyakarta Akan Diperluas dengan Memasukkan Desa di Bantul dan Sleman?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d9edf28c99142c97e0431/benarkah-kota-yogyakarta-akan-diperluas-dengan-memasukkan-desa-di-bantul-dan-sleman

Benarkah Kota Yogyakarta Akan Diperluas dengan Memasukkan Desa di Bantul dan Sleman?

Quote:




Sedang viral sebuah pesan berantai yang beredar di berbagai grup-grup Whatsapp mengenai isu pemekaran Kota Yogyakarta. Narasi yang terdapat dalam pesan tersebut mengungkapkan bahwa Kota Yogyakarta nantinya akan diperluas dengan memasukkan desa-desa yang ada di Bantul dan Sleman. Disebut-sebut juga bahwa sesudah melakukan perluasan wilayah, maka Kota Yogyakarta akan terbagi menjadi 5 Kawedanan, 24 Kecamatan, dan 100 Kelurahan.



Pesan berantai ini sontak membuat publik menerka-nerka terkait kebenaran isu pemekaran Kota Yogyakarta ini. Karena sebelumnya tidak ada media arus utama yang memberitakan mengenai rencana pemekaran Kota Yogyakarta ini.

Lantas bagaimana kebenaran informasi pemekaran Kota Yogyakarta tersebut?

PEMERIKSAAN FAKTA
Berdasarkan penelusuran Hansip Hoax, ditemukan fakta bahwa pesan berantai mengenai isu pemekaran Kota Yogyakarta dengan memasukkan desa di Kabupaten Bantul dan Sleman tersebut adalah informasi hoax.

Hal tersebut karena Pemerintah Kota Yogyakarta telah membantah mengenai isu pemekaran tersebut. Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Yogyakarta, Octo Noor Arafat, menyatakan bahwa sampai saat ini tidak ada pembicaraan terkait rencana pemekaran wilayah Kota Yogyakarta.

Octo pun juga tidak mengetahui asal-usul atau siapa dalang dari penyebaran pesan berantai di grup-grup Whatsapp tersebut. Bahkan ia pun juga tidak mengetahui apa dasar ilmiah dari isu tersebut, entah itu dari kajian akademik mengenai manajemen wilayah untuk Kota Yogyakarta, atau kajian lainnya.

Octo juga menyebut bahwa berbagai aktivitas rapat dan koordinasi yang dilakukan di tingkat Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pun tidak membahas rencana pemekaran Kota Yogyakarta. Sejauh ini, yang ada adalah rencana pelaksanaan Pergub Nomor 25 Tahun 2019 yang akan mengatur perubahan penyebutan pada berbagai nomenklatur wilayah untuk melaksanakan urusan keistimewaan. Yaitu mengubah penyebutan kecamatan di wilayah kabupaten menjadi kapanewon, dan mengubah kecamatan menjadi kemantren.


KESIMPULAN
Jadi berdasarkan penelusuran Hansip Hoax, dapat disimpulkan bahwa informasi yang beredar mengenai pemekaran Kota Yogyakarta dengan memasukkan desa-desa di Bantul dan Sleman adalah informasi yang salah alias hoax.

Sebarkan ya informasi klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoax yang menyesatkan.


SUMBER
TurnBackHoax
AntaraNews

profile-picture
profile-picture
profile-picture
sonyreswanto dan 6 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Trus misal ada pemekaran. Masalahnya apa
profile-picture
profile-picture
sonyreswanto dan mbakendut memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di