alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Duh, IMF & Bank Dunia Tegaskan Ekonomi Global Makin Sulit
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d9fe2018e0d074b7c842f/duh-imf-amp-bank-dunia-tegaskan-ekonomi-global-makin-sulit

Duh, IMF & Bank Dunia Tegaskan Ekonomi Global Makin Sulit



Jakarta, CNBC Indonesia - Pemimpin baru Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva menyampaikan pandangannya tentang kinerja ekonomi dunia ke depannya.

Pada hari Selasa (8/10/19), ia memberi pandangan yang suram, memproyeksikan pertumbuhan ekonomi global akan turun ke tingkat terendah sejak awal dekade.

"Pada 2019, kami memperkirakan pertumbuhan yang lebih lambat di hampir 90% dunia. Ekonomi global sekarang berada dalam perlambatan yang tersinkronkan. Ini berarti bahwa pertumbuhan tahun ini akan turun ke tingkat terendah sejak awal dekade," kata Georgieva yang mengambil alih IMF pada awal Oktober, seperti dikutip dari CNBC International.

Namun, pandangan negatif itu bukan hanya dikeluarkan oleh mantan petinggi World Bank Group itu. David Malpass, yang menjadi presiden World Bank (Bank Dunia) pada bulan April, juga memperkirakan ekonomi global akan tumbuh 2,6% pada tahun 2019. Itu merupakan tingkat pertumbuhan paling lambat dalam tiga tahun.

Melansir laporan Morning Brew, pada Senin Malpass juga telah mengatakan berencana untuk menurunkan level downgrade.

Menurut mereka ada berbagai alasan yang menyebabkan perlambatan ekonomi global, yaitu ketidakjelasan proses keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau Brexit, perang dagang antara Amerika Serikat dengan China, serta perlambatan di Eropa.

Oleh karenanya, Malpass menyarankan kepada negara-negara maju untuk menerapkan kebijakan pajak dan pengeluaran untuk menopang pertumbuhan. Sementara Georgieva menyarankan agar bank-bank sentral dunia memangkas suku bunga seperlunya saja dan meningkatkan belanja.

Sebelumnya, Gubernur Bank Sentral AS The Federal Reserve, Jerome Powell juga telah mengumumkan upaya yang dapat meredakan kekacauan di pasar dunia. Pada sebuah konferensi di Denver, Powell mengatakan bahwa dia akan menambah daftar sekuritas yang didukung pemerintah Fed untuk menenangkan pasar pinjaman semalam (overnight lending) dan membuka kemungkinan untuk kembali menurunkan suku bunga.

sumur

https://www.cnbcindonesia.com/market...al-makin-sulit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaoru koganei dan 5 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Hmmm..., angka pertumbuhan ekonomi itu didasari apa sih ? ===> pasang muka bloon ...
Bila proses ekonomi itu didasari tujuan agar/untuk memenuhi kebutuhan manusia, dengan sendirinya ada dua "skenario" yang bisa terjadi atas perlambatan laju pertumbuhan ekonomi itu. Pada "skenario" pertama, itu bisa terjadi karena ada komoditas tertentu yang mana dinilai oleh masyarkat berada pada kisaran harga yang terlampau tinggi dibandingkan dengan kemampuan daya beli masyarakat itu.
"Skenario" kedua ..., pasarnya sudah jenuh. Dalam artian, beberapa jenis kebutuhan yang dibutuhkan oleh manusia telah tercukupi. Dengan sendirinya kalau sudah tercukupi/memiliki, untuk apa juga harus membeli lagi. Terkecuali, bila barang yang dimiliki itu kemudian rusak, atau ada barang dari jenis yang sama namun dengan tehnologi yang lebih canggih, dan ada keharusan untuk menggantinya. ===> Terkait ini, kiranya juga jangan disalahgunakan, terkait trend, namun itu semata untuk profit taking untuk kalangan tertentu saja. Tetapi bisa diarahkan untuk hal yang sifatnya positif, semisal tehnologi yang bersangkutan lebih hemat daya atau mungkin pula lebih eco friendly.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaoru koganei dan 3 lainnya memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di