KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Halloween Makin Menarik Dengan Tradisi Unik
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d1c118012ae2eb0709ef3/halloween-makin-menarik-dengan-tradisi-unik

Halloween Makin Menarik Dengan Tradisi Unik



Selamat pagi GanSist!
Selamat beraktivitas pagi, jangan lupa berdoa karena masih diizinkan menikmati kehidupan.

Akhir bulan Oktober selalu dimeriahkan dengan perayaan Halloween yang identik dengan pesta kostum, hantu-hantu yang seram, ukiran labu, dan juga permen. Perayaan ini awalnya menjamur di negara barat, tapi rupanya kebiasaan itu menular juga pada masyarakat Indonesia.

Meskipun belum terlalu banyak, namun beberapa tempat umum mulai mendekorasi areanya dengan berbagai pernak-pernik yang sedikit menyeramkan.


Di beberapa negara, tradisi Halloween kerap kali dirayakan dengan perayaan yang unik dan memiliki ciri khas masing-masing, diantaranya adalah :


Samhain Fire Festival (Irlandia dan Skotlandia)
Quote:

Tentu GanSist sudah tidak asing dengan nama Samhain. Festival ini sudah dirayakan sejak ribuan tahun yang lalu oleh orang Irlandia. Samhain adalah festival modern yang diturunkan dari sebuah ritual yang disebut Celtic dan Pagan. Dahulu orang Celtic memercayai bahwa pada malam menjelang 1 November setiap tahunnya, adalah waktunya roh dari orang yang sudah meninggal akan turun ke bumi.

Orang Irlandia dan Skotlandia merayakan festival ini dengan cara melakukan permainan, menyalakan api unggun serta menyajikan makanan tradisional. Salah satu makanan tradisional yang disajikan adalah Barmback.  Makanan khas Irlandia berupa kue buah yang berisi tanda-tanda keberuntungan seperti koin, kancing dan juga cincin.  


Hungry Ghost Festival (Hongkong)
Quote:

Setiap tanggal 15 bulan ke tujuh pada kalender Lunar, atau sekitar pertengahan Agustus hingga pertengahan September, orang-orang Hongkong akan merayakan Hungry Ghost Festival. Mereka percaya bahwa pada bulan itu, roh-roh yang tidak tenang akan berkeliaran di seluruh dunia. Festival ini dirayakan dengan cara "memberikan makan" roh-roh tersebut dengan makanan dan uang, sehingga para roh itu untuk menenangkan mereka agar dapat melanjutkan perjalanan arwah menuju alam baka.


Kawasaki Halloween Parade (Jepang)
Quote:

Di Jepang, orang-orang merayakan Halloween dengan mengadakan sebuah parade. Salah satunya adalah Kawasaki Halloween Parade. Parade ini dimulai sejak tahun 1996, setiap akhir bulan Oktober dimana orang-orang akan berkumpul di daerah Kawasaki dengan menggunakan dandanan dan kostum ala cosplayer terutama karakter yang menyeramkan. Setiap orang yang ingin ikut serta dalam parade ini, harus mendaftarkan diri minimal dua bulan sebelum acara berlangsung. Hampir 4000 lebih penggemar Halloween berkostum dari seluruh dunia ikut serta dalam acara ini tiap tahunnya.


Day of Dracula (Romania)
Quote:

Orang Romania merayakan Halloween di Vlad the Impaler atau yang lebih dikenal dengan Bran Castle yang terletak di daerah Transylvania. Perayaan ini diadaptasi dari kisah nyata Pangeran Vlad III dari Wallachia yang terkenal kejam dan suka menyiksa lawan-lawannya ataupun orang yang menghianatinya di kastil ini dengan berbagai macam cara. Hingga ia mendapat julukan Vlad the Impaler.

Sekarang ini, perayaan Day of Dracula dilakukan dengan pesta bernuansa Gothic, dengan dekorasi berwarna hitam dan merah darah serta ditambah dengan pemutaran film vampir klasik. 

Festival Awuru Odo (Nigeria)
Quote:

Festival Awuru Odo dirayakan untuk menyambut teman-teman dan anggota keluarga yang sudah meninggal untuk kembali ke dunia manusia. Festival ini berlangsung selama enam bulan, dan dirayakan dengan pesta, musik, dan topeng sebelum orang mati kembali ke dunia roh dan terjadi setiap dua tahun sekali, ketika diyakini roh-roh akan kembali ke Bumi.  


Pangangaluluwa (Filipina)
Quote:

Pangangaluluwa dalam bahasa Filipina artinya adalah Hallowen. Perayaannya mirip dengan ritual trick or treat di negara-negara barat. Anak-anak menggunakan kostum lalu mengelilingi tempat tinggal mereka dan mengunjungi rumah para tetangga untuk bernyanyi, meminta sedekah dan berdoa. Tradisi ini diperingati pada tanggal 1 November yang juga dikenal dengan All Saints' Day atau Hari Semua Orang Kudus. Doa yang diucapkan mereka mewakili jiwa-jiwa di api penyucian yang meminta doa dari jiwa yang hidup untuk membantu mereka masuk ke surga.


Ognissanti (Italia)
Quote:

Di Italia, Halloween lebih dikenal dengan Ognissanti yang dirayakan pada tanggal 1 November, yang juga merupakan All Saint’s day. Festival ini biasanya dimulai beberapa hari sebelum perayaan. Pada saat itu, orang akan meletakkan bunga segar terutama bunga krisan di makam kerabat dan orang asing. Mereka juga memberikan penghormatan dengan meletakkan lilin merah di jendela saat matahari terbenam, dan mengatur tempat di meja untuk para arwah yang mereka harap akan berkunjung


Dia De Los Muertos / Day Of Death (Mexico)
Quote:

Pada tanggal 1 November hingga 2 November, orang Meksiko dan beberapa negara bagian Amerika Latin merayakan Día de los Muertos (Hari Orang Mati) untuk menghormati arwah dari orang-orang yang telah meninggal. Mereka percaya bahwa Gerbang Surga dibuka pada tengah malam antara tanggal 31 Oktober dan jiwa anak-anak akan kembali ke Bumi dan dipersatukan kembali selama 24 jam dengan keluarga mereka dan jiwa-jiwa orang dewasa akan turun dari surga dan bergabung dalam festival pada tanggal 2 November.

Festival ini dirayakan dengan menghias altar di rumah dengan buah, kacang, kalkun, soda, cokelat panas, air, tumpukan tortilla, dan roti liburan spesial yang disebut pan de muerto (roti orang mati), yang dibiarkan sebagai persembahan bagi hantu yang lelah. Untuk jiwa anak-anak, keluarga akan ,eletakkan mainan dan permen, sedangkan jiwa orang dewasa menerima rokok dan suntikan mezcal. 


Pchum Ben (Kamboja)
Quote:

Pchum Ben adalah sebuah festival di Kamboja dimana para Buddhis berkumpul dengan keluarga mereka untuk mengingat orang yang sudah meninggal. Mereka akan membawa makanan seperti ketan dan kacang yang dibungkus dengan daun pisang dan menawarkan bunga ke kuil, untuk menghormati arwah leluhur mereka. Tradisi ini dirayakan dari akhir September sampai dengan pertengahan Oktober.


Dzien Zaduszny (Polandia)
Quote:

Dzień Zaduszny artinya Hari Semua Jiwa bagi umat Katolik di Polandia. Di negara ini, pada awal November, orang-orang akan pergi ke kuburan untuk mengunjungi makam anggota keluarga mereka. Tradisi ini dirayakan dengan lilin, bunga, dan persembahan doa untuk kerabat yang meninggal. Pada hari kedua, mereka akan menghadiri misa requiem untuk jiwa-jiwa orang mati. Tradisi ini diyakini bahwa jiwa orang mati akan datang dan mengunjungi rumah mereka serta bergabung di meja makan yang telah disiapkan untuk tamu tak terlihat tersebut.

Sumber : Trick or Treat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 32 lainnya memberi reputasi
wah wah menarik kali
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di