alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Motor Ini Pakai Mesin 4 Silinder Kapasitasnya 2000cc, Kurang Besar Apa Coba?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c1d8b10d295129b244732/motor-ini-pakai-mesin-4-silinder-kapasitasnya-2000cc-kurang-besar-apa-coba

Motor Ini Pakai Mesin 4 Silinder Kapasitasnya 2000cc, Kurang Besar Apa Coba?


Munch Mammut 2000



Sangat terdengar asing ditelinga kita dengan produsen otomotif roda dua yang satu kali ini, bahkan keberadaanya yang tidak terlalu terekspos menjadikan motor ini susah dikenali wujudnya. Sepintas dari nama yang diberikan "Munch" menandakan motor ini dapat diketahui dimana asalnya berada, yap berasal dari Jerman tepatnya Altenstadt, Jerman yang dimana Munch diambil dari nama sang pendiri Friedl Münch. Perusahaan itu sendiri didirikan pada sekitar pada tahun 50an setelah dimana perusahaan tempat ia bekerja Horex (pabrik sepeda motor) mengalami gulung tikar maka disisi lain ia membeli sisa bahan mentah dari pabrik seperti suku cadang untuk memulai membangun kendaraannya secara independen.


Sedikit sejarah mengenai lahirnya Mammut ini dimulai dari tahun 1966 dimana penemuan Friedl Münch sempat menggemparkan dunia, ia melirik mobil NSU sebagai bahan dasar pembuatan Mammut generasi pertama ini, dengan membangun rangka yang disesuaikan untuk dudukan mesin NSU tersebut maka resmi diperkenalkan Di Cologne International Motorcycle Show.


Tak hanya itu Munch Mammut berhasil menarik perhatian NSU dan menjalin kerja sama dengan memasok mesin 996cc 4 silinder yang dikembangkan dan menghasilkan tenaga 55hp. Setelah Cologne Show, Munch menerima 18 pesanan untuk motor barunya, namun kendala utama adalah Friedl Münch tidak dapat memproduksi seorang diri. Untungnya pada tahun 1967 ia bertemu dengan salah satu penerbit dari Amerika sekaligus mantan dari Indian Motorcycle factory race, kemudian menjalin kerja sama dan membuka pabrik baru di Ossenheim, Jerman serta mempekerjakan 20 karyawan.


Seiring berjalannya waktu perkembangan dan inovasi terus dilakukan oleh Munch, lanjut dengan produk terbarunya NSU menawarkan mesin berkapasitas lebih besar 1200cc yang mampu menyemburkan tenaga 115hp ini segera melekat pada produk terbarunya dengan nama Munch Sport-Munch. Prestasi muncul dari tahun 1973 melalui Munch 1200 TTS-E dimana ia dinobatkan sebagai motor pertama yang menggunakan sistem fuel injection, namun kenyataan dihadapkan oleh beberapa tantangan yang menyulitkan Munch bersaing di pasaran. Tantangan pertama bahwa harga yang dibandrol terlalu mahal sedangkan untuk sekelas harga tersebut sudah mendapatkan saingan brand ternama BMW, tantangan kedua dimana populasi kendaraan Jepang kian berkembang pesat hampir mengalahkan produk asal Eropa. Hal tersebut membuat pabrikan Munch mengalami kemunduran dari masalah krisis keuangan yang dialaminya.


Sebelum berakhirnya kejayaan Munch mereka mensetujui membuat motor terakhir yang berteknologi high spec dikenal dengan nama Munch Mammut 2000. Diluncurkan pada tahun 2000 dan kehadirannya dibekali mesin Cosworth 1998cc berpendingin cairan serta mampu menyemburkan tenaga 260hp, namun motor ini diproduksi terbatas hanya terbilang 15 unit didunia.


Menghidupkan kembali generasi Mammut kini hadir lebih ganas dengan penambahan turbocharger pada bagian mesinnya, bergaya naked full serat karbon dengan desain yang futuristik kini Mammut 2000 semakin berkelas dengan parts penunjang premium. Seperti halnya bagian suspensi, Munch mempercayakan pabrikan ternama Ohlins berkecimpung didalam produknya kali ini, dengan model USD 43mm full adjustable bagian depan serta suspensi monoshock full adjustable bagian belakang. Kapasitas mesin yang sangat jumbo tentunya hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah sektor pengeremannya, dituding sebagai salah satu faktor keamanan maka Munch mempersenjatai dengan matang dual disc 320mm 8 piston kaliper bagian depan dan single disc 280mm 4 piston kaliper bagian belakang, mengingat motor ini belum menyentuh teknologi ABS sama sekali.


Velg kokoh dan lebar sebagai pilihan yang tepat untuk penopang bodi yang jumbo ini, dengan velg berukuran ring 17 depan maupun belakang tentunya dibuat dengan bahan pilihan. Dinobatkan sebagai motor langka hanya 15 unit didunia membuat motor ini mempengaruhi beberapa faktor utama seperti harga jual tiap unitnya yang terbilang sangat fantastis mencapai angka $ 80.000 atau setara Rp 1M lebih. Menengok lebih dalam jeroan dari Munch Mammut 2000 ini mari kita simak ulasan berikut seperti dilansir motors-bay.com(4/12/2008).

Kapasitas Mesin : 1998cc 4-Tak 16 Valve Turbocharger
Pendingin : Cairan
Konfigurasi : 4 Silinder Inline
Tenaga : 260hp @5650rpm
Torsi : 295Nm @3500rpm
Transmisi : 6 Percepatan
Top Speed : 250kmh
Kapasitas Tangki : 26,5 Liter
Berat : 354 Kilogram
profile-picture
profile-picture
profile-picture
karyok95 dan 8 lainnya memberi reputasi
Quote:


Iya ampun dah, namanya aja mamot kebayang kan gede kek gajah gt
profile-picture
profile-picture
karyok95 dan servesiwi memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di