alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ikan Salmon, Kehidupan Penuh Perjuangan Dan Pengorbanan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c58bfa72768798653994c/ikan-salmon-kehidupan-penuh-perjuangan-dan-pengorbanan

Ikan Salmon, Kehidupan Penuh Perjuangan Dan Pengorbanan





Siklus Hidup Ikan Salmon, Dari Lahir Untuk Berjuang Hingga Mati Untuk Berkorban!

Quote:




Lahir di Sungai, Besar di Laut



Ada begitu banyak jenis ikan salmon, namun yang paling banyak dan terkenal adalah yang berasal dari  Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. Tahukah? Meskipun hidup di laut, rupanya Salmon menetas di sungai. 

Di masa kecilnya, salmon memangsa serangga-serangga kecil, membutuhkan waktu enam bulan hingga tiga tahun bagi Ikan Salmon untuk siap berenang menuju laut. Tergantung jenisnya.

Setelah cukup kuat untuk ke laut, Ikan Salmon akan menghabiskan waktu selama 1 sampai 5 tahun disana. Selama di laut, ikan salmon mengonsumsi udang, kepiting dan ikan-ikan kecil.

Kembali ke Sungai dan Bertelur

Ketika Ikan Salmon cukup dewasa dan siap bertelur, Ikan Salmon akan kembali ke Sungai. Perjalanan panjang menanjak dan melawan arus, melewati banyak predator, dengan kondisi berpuasa ditambah perjalanan yang kurang lebih 1000 Km (antara laut ke hulu sungai). 



Tahukah? Bahwa Salmon itu berasal dari kata Salmo, yang berarti lompat dalam bahasa Salira. Hal ini menjadi namanya karena cara berenang Ikan Salmon yang melompat demi melewati arus dan tanjakan.

Setelah tiba di daratan sungai yang cukup tinggi, Ikan Salmon betina akan mulai bertelur, namun sebelum bertelur, ia akan mengepakkan ekornya ke dasar sungai, dengan tujuan membersihkan kerikil. Akibatnya akan terbentuk cekungan di dasar sungai, disanalah Ikan Salmon betina akan bertelur. 

Setelah Ikan Salmon Betina bertelur, pejantan akan membuahi telurnya, kemudian kembali menutup telur dengan cara mengibas-kibaskan ekornya sehingga kerikil-kerikil di dasar membuat telur tersembunyi dibaliknya, hal ini dilakukan supaya telur salmon terlindungi dari para predator.

Seekor Ikan Salmon betina bisa bertelur hingga 5000 ekor, dan proses bertelur ini akan dilakukan berkali-kali, hingga bisa mencapai 7 kali pindah tempat bagi 1 ekor Salmon betina. Hal ini juga lah yang kemudian menyebabkan sebagian besar Ikan Salmno betina mati setelah selesai bertelur, kelelahan.


Mati Kelelahan Dan Mengorbankan Diri Demi Generasi Selanjutnya



Menyimak proses perjuangannya demi melanjutkan generasi, wajar saja pabila banyak Salmon yang pada akhirnya 'gugur' setelah berhasil menyelesaikan 'misi'.

Tahukah? Dipercayai bahwa kematian ini juga merupakan bagian pengorbanan demi generasi selanjutnya. Ketika Ikan Salmon menjadi bangkai, tentu akan dihinggapi oleh banyak serangga, nah serangga-serangga ini akan berkembang biak menjadi serangga kecil-kecil, yang kemudian menjadi makanan dan nutrisi bagi sang anak Salmon yang masih bayi.



Manfaat Ikan Salmon

Tak lengkap rasanya, jika kita bicara tentang Ikan Salmon tapi tidak membahas perihal manfaatnya. 



1. Membantu Menurunkan Depresi

Pada tubuh Ikan Salmon, terkandung Triptofan, suatu zat yang dapat mengelola depresi. Selain itu, Ikan Salmon juga kaya akan Vitamin D, oleh sebab itu mengonsumsinya juga dapat memperbaiki suasana hati.

2. Aman Diabetes

Selain memiliki protein tinggi, Salmon juga memiliki lemak tak jenuh (Omega 3), nol karbohidrat, sehingga baik untuk dikonsumsi orang-orang yang takut gemuk ataupun pengidap diabetes.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan asam omega 3, dipercaya merupakan nutrisi terbaik bagi otak. Nutrisi ini dipercaya juga dapat mempertajam ingatan, dan memperbaiki retensi ingatan.

Sesungguhnya masih banyak lagi manfaat dari Ikan Salmon, seperti meningkatkan kesehatan mata, meningkatkan kesehatan tulang, dan banyak lagi. Mungkin ini jugalah yang menyebabkan harganya terbilang mahal!



Sekian dulu thread ane kali ini, semoga dapat dipetik hikmahnya.
Jika Ikan saja berjuang sekeras itu, kenapa tidak kita?
Makhluk paling sempurna yang diciptakan oleh tuhan yang maha esa.

emoticon-terimakasihemoticon-terimakasih

referensi : disinidisini
s
umber foto : Google


profile-picture
profile-picture
profile-picture
yohanaekky dan 43 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Balasan post hvzalf
Quote:


Yuhuu. Rancangan tuhan itu mmang luar biasa ya Gan emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
yohanaekky dan bebelac3oox memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di