alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Waspada Diabetes, Jaga Kadar Gula Dalam Darah!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9b2900e83c72487d00e8e4/waspada-diabetes-jaga-kadar-gula-dalam-darah

Waspada Diabetes, Jaga Kadar Gula Dalam Darah!

Hubungan Gula Dengan Diabetes, Sekedar Opini yang Masuk Akal



emoticon-nyantaiemoticon-nyantaiemoticon-nyantai


Pernah lihat tanaman tebu, kan? Dimana? Paling jawabnya, di kebun tebu lahemoticon-Big Grin

Ada apa dengan tebu, gan? Gula yang menjadi campuran minuman itu kan berasal dari tebu, kan?Kenapa juga TS mengangkat topik soal ini? Karena pas mo ngeteh eeh gula ane rupanya abis, GanSis. Mana persediaan stok gak ada, mo keluar beli sayang ntar kulit item kena matahari. Jadilah TS duduk-duduk liatin tuh tempat gula.emoticon-Belo

Daripada cuma duduk gaje doang gak ada aksi, mending nulis soal gula aja dah, itung-itung bisa mengajak teman-teman kaskuser berdiskusi soal ini.

Tak ada yang tak bisa lepas dari gula, termasuk penderita diabet pun masih mengkonsumsi gula, meski bukan gula tebu, tetapi gula jagung yang sudah marak dijual dan terpajang di etalase mini mart.

Ane juga penyuka gula, tak manis kopi bila tak ada gula, meski kenyataan hidup mungkin lebih pahit dari pahitnya kopi. Ngeteh pun tak afdol bila tak ada gula, kecuali kalo lagi diare, teh pahit bisa jadi solusi mengurangi ritme diare.




Nah, bahas gula. Ane mikirnya malah ke penyakit diabetes melitus yang kerap di derita sebagian penduduk +62. Diabetes melitus adalah penyakit autoimun kronis yang disebabkan oleh gangguan pengaturan gula darah. Itulah kenapa diabetes juga sering disebut sebagai penyakit gula atau kencing manis.


Gangguan gula darah dapat disebabkan oleh berbagai hal yang meliputi:

● Kurangnya produksi insulin oleh pankreas

● Kurangnya respon tubuh terhadap insulin

● Adanya pengaruh hormon lain yang menghambat kinerja insulin

emoticon-nulisahemoticon-nulisahemoticon-nulisah

Ternyata, mengkonsumsi gula bukan pemicu timbulnya penyakit ini, lho gan!


Quote:


emoticon-Jempolemoticon-Jempol emoticon-Jempol

Masih banyak juga sih pendapat lainnya yang tidak setuju dengan hal ini, yang beranggapan kalau penderita diabetes itu harus menjauhi gula tebu dan lebih baik mengkonsumsi gula jagung saja supaya kadar gula darah tetap stabil.

Sebenarnya sah-sah saja sih, buat penderita diabetes sebaiknya bukan hanya konsumsi gula saja yang perlu dipantau, tetapi asupan karbohidrat dan makanan lainnya kudu diperhatikan juga. Jaga pola makan dan pola hidup, sekali kita terkena penyakit ini, maka tidak akan pernah lepas dari cengkeramannya.

Waah, jadi udah tau kan, GanSist? Justru gula itu perlu sebagai penggerak dan pembangkit energi dalam tubuh, sebagai bahan bakar agar tubuh semakin ber-energi. Rajin berolahraga aja, jangan mageran. Jadi, gak apa-apa mengkonsumsi gula asal jangan kelewat batas aja. Kalo udah manis ngapain mo dimanisin lagi? Wkwkwk ...


Sekali lagi, jaga pola hidup kita ya GanSist.emoticon-Jempol Jangan sampai terkena penyakit yang membahayakan. Dengan menjaga pola makan dan pola hidup sehat, maka dengan sendirinya gaya hidup sehat pun akan mengikut dengan sendirinya. Tak percaya? Coba aja.
emoticon-Cool

Sumber: Di sini,dan di sini,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan 31 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Suka ngeteh? Atau ngopi? Jangan kebanyakan gula, yaakemoticon-nyantai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan 8 lainnya memberi reputasi
profile picture
agungdar2494 


Informatif sekali mbak TS emoticon-Toast

Ane juga belakangan semakin jarang minum manis, lebih suka yang hambar.
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di