CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
Meskipun Masih Polemik, Ini Alasan Kenapa Kucing Perlu Disterilkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7f5c5810d2955ee60587ff/meskipun-masih-polemik-ini-alasan-kenapa-kucing-perlu-disterilkan

Meskipun Masih Polemik, Ini Alasan Kenapa Kucing Perlu Disterilkan


Agan Sista ada yang memelihara kucing?

 

Bisa dibilang jika mensterilkan hewan peliharaan merupakan sebuah polemik yang nggak ada habisnya. Ada yang setuju ada pula yang nggak setuju dengan persoalan ini. Mensterilkan hewan peliharaan sebenarnya merupakan sebuah tindakan kebaikan besar yang bisa Agan Sista berikan untuk peliharaan kesayangan kalian. Karena ternyata mensterilkan mereka akan bisa membantu meningkatkan kehidupan dan kesehatan mereka dalam jangka panjang. Selain itu juga bisa membantu mengendalikan kelebihan populasi hewan peliharaan dan secara nggak langsung juga turut menyelamatkan ribuan kucing ataupun anjing setiap tahun.

Meskipun demikian, ternyata nggak sedikit dari pemilik hewan peliharaan terutama pemilik kucing yang nggak mendapatkan informasi yang lengkap atau malah salah paham mengenai manfaat dari prosedur penting ini. Steril kucing itu perlu Gan Sis! Berikut ini merupakan beberapa alasan kenapa kucing kalian harus disterilkan, cekidot!


Kucing bisa hidup lebih lama, lebih sehat, dan bahagia

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh USA Today pada Mei 2013, menyebutkan jika kucing juga anjing yang tinggal di negara-negara dengan tingkat steril yang lebih tinggi memiliki masa hidup yang lebih lama. Selain itu, kabarnya, mengebiri kucing betina sebelum siklus kimpoi mereka yang pertama juga bisa mengurangi risiko infeksi rahim, kanker rahim, ataupun payudara. Kucing jantan yang telah dikebiri pun memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami pembesaran kelenjar prostat ataupun tumor perianal.


Biar nggak hobi berantem

Steril bisa dibilang merupakan salah satu solusi biar kucing kalian nggak hobi berantem Gan Sis. Karena kucing jantan biasanya berkelahi dengan sesama pejantan untuk mempertahankan wilayah kekuasaan serta memaksimalkan peluang untuk bisa memenangkan kucing betina saat tiba masa kimpoi. Perkelahian ini nggak jarang menimbulkan luka gigitan ataupun cakaran yang jika didiamkan akan bisa membuat infeksi. Kucing jantan yang nggak disteril memiliki kecenderungan lebih suka berkeliaran dan hal ini menimbulkan risiko lebih tinggi terluka ataupun terinfeksi virus defisiensi imun kucing juga leukimia kucing. Setelah dikebiri, naluri mereka untuk berkembangbiak pun berkurang dan mereka pun jadi lebih senang untuk tinggal di rumah.


Selamat tinggal pipis sembarangan

Dengan melakukan sterilisasi, kucing jantan akan kehilangan insting teritorialnya sehingga hal ini bisa mengurangi agresi dan mencegah perkelahian antar kucing. Selain itu, kucing yang belum disteril rupanya cenderung menandai wilayah kekuasaannya dengan cara “menyemprotkan” air seni di setiap penjuru ruangan. Jadi jika kalian mensteril kucing kalian, maka hewan kesayangan kalian ini akan lebih betah di rumah dan tidak gemar “menyemprotkan” pipisnya.

 

Jadi gimana nih menurut Agan Sista? Emang sih mensterilkan kucing ini masih menjadi polemik tersendiri bagi sebagian besar orang. Ada yang setuju ada pula yang nggak setuju. Tapi yaudah nggak apa sih kalau nggak setuju, asalkan ada alasan baik yang bisa dipertahankan. Demi kebaikan kocheng, apa sih yang enggak?!


Spoiler for sumber:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
snailconnection dan 8 lainnya memberi reputasi


Quote:


mantaap gan emoticon-Jempol
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di