alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / Sista /
Yuk Simak 3 Langkah Rutinitas Malam Agar Bayi Tidur Nyenyak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d90411a0577a960e448eab0/yuk-simak-3-langkah-rutinitas-malam-agar-bayi-tidur-nyenyak

Yuk Simak 3 Langkah Rutinitas Malam Agar Bayi Tidur Nyenyak



Tidur nyenyak bagi bayi sangatlah bermanfaat. Terutama untuk memastikan proses tumbuh kembangnya jadi semakin optimal. Selain itu, masalah tidur pada bayi tidak hanya dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya, tapi juga bisa menyebabkan masalah perilaku di kemudian hari. Untuk menghindarinya, ciptakan rutinitas di malam hari yang dapat membantu mengatur jam tubuh bayi dan membentuk pola tidurnya. “Tidur bukanlah sesuatu yang dapat dipaksakan kepada anak, ia harus terjadi secara alami”.



Biasakanlah rutinitas atau ritual tidur yang konsisten seperi mandi air hangat, memijat punggung, membacakan cerita, dan meredupkan lampu,” kata Dr. Sears dalam Ask Dr. Sears.
Dengan rutinitas malam yang tetap, bayi akan lebih rileks karena tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Dan semakin rileks bayi, semakin besar kemungkinan ia bisa tertidur dengan cepat dan mudah. Untuk itu, pastikan bayi tidur nyenyak dan panjang setiap malam dengan melakukan hal – hal berikut.

1. Waktu mandi

Waktu mandi dipercaya dapat membuat tubuh bayi lebih rileks dan lebih siap untuk beristirahat. Selain itu juga dapat menjadi momen untuk mempererat ikatan antara orangtua dan si kecil.
Dengan sentuhan lembut dan senyuman hangat orangtua, buah hati kita dapat merasa dicintai dan nyaman sehingga perkembangan psikologisnya pun semakin optimal.
Selain itu, waktu mandi ini dapat dijadikan ajang bagi si kecil untuk melatih kemampuan sensorik dan ketrampilan motoriknya, bunda.

Lalu lakukan cara ini agar waktu mandi bayi menjadi rutinitas yang menyenangkan:

Gestur memandikan yang aman

Perlahan masukkan si kecil ke dalam bak mandi dengan menggunakan satu tangan untuk menopang kepala dan tubuhnya, sementara tangan lain untuk menyangga tubuh bagian bawah.

Membersihkan wajah

Pertama, bersihkan dulu area sekitar mata bayi dengan menggunakan waslap yang telah dibasahi air tanpa sabun mulai dari sudut dalam mata menuju keluar. Lanjutkan pada area mulut, hidung, dan seluruh wajah secara lembut. Tak lupa, usap juga bagian belakang telinganya ya, Parents.

Membersihkan tubuh

Basuh tubuh si kecil dengan air mulai dari bagian kepala, dilanjutkan ke tubuh, alat kelamin, dan terakhir pantat. Lalu, usap tubuhnya dengan kain yang sudah dilumuri JOHNSON’S® bedtime baby bath pada seluruh badan, dan gunakan kain yang berbeda pada bagian alat kelamin untuk menghindari penyebaran kuman.

Membilas dan mengeringkan

Bilas hingga bersih tubuh si kecil, terutama pada bagian lipatan kulit untuk menghindari adanya iritasi. Setelah itu keringkan tubuhnya dengan cara menepuk-nepuk secara lembut menggunakan handuk kering dan pastikan bagian lipatan tubuhnya juga benar-benar kering ya, Parents.

2. Waktu pijat

Sentuhan cinta melalui pijatan lembut yang dilakukan sendiri oleh Bunda atau Ayah dapat membuat bayi rileks. Karena ia bisa merasakan kasih sayang dari orangtuanya.
Dengan suasana hati yang tenang dan damai setelah dipijat, si kecil menjadi lebih mudah tidur nyenyak serta meningkatkan kualitas tidurnya.
Agar waktu pijat membuatnya semakin nyaman, gunakan lotion dengan aroma yang lembut dan menenangkan. Seperti NATURALCALM™ pada JOHNSON’S® bedtime™ baby lotion.
Pijat bayi dengan lembut dan penuh kasih sayang dengan langkah-langkah ini:

Bagian kaki

Pijatlah kedua kaki si kecil dengan mengusap jari kaki hingga ke pinggulnya. Kemudian, gerakkan kedua kaki dan lutut si Kecil dengan gerakan memutar searah jarum jam dan sebaliknya untuk melemaskan pinggulnya sebanyak tiga kali.

Bagian perut

Lanjutkan memijat bagian perutnya dengan gerakan I L U; (1) urut bagian bawah iga kiri menuju ke bawah (seperti huruf I) dan ulangi pada sisi kanan si Kecil. (2) urut membentuk huruf L terbalik mulai dari bagian perut kiri ke kanan kemudian ke bawah dan ulangi arah sebaliknya. (3) urut bagian bawah kiri perut si kecil ke atas dan melengkung kembali ke bagian bawah kanan perut (seperti huruf U terbalik). Lakukan masing-masing gerakan tersebut sebanyak tiga kali.

Bagian tangan dan lengan

Setelah selesai memijat perut si kecil, lanjutkan pada bagian lengan dimulai dari pangkal lengan ke arah pergelangan tangan dan kembali lagi ke pangkal lengan. Kemudian, urut lembut jari-jarinya.

Bagian kepala

Jika sudah, angkat perlahan belakang kepala si kecil dengan kedua tangan dan usap-usap kulit kepalanya dengan lembut. Lalu, pijat bagian daun telingannya dan usap kedua alis matanya, dilanjutkan dengan mengelus kedua kelopak matanya yang tertutup. Terakhir, pijat dagu si kecil dengan membuat gerakan melingkar.

Bagian belakang

Setelah selesai, kini tengkurapkan tubuh si kecil dan mulailah memijat punggungnya. Urut bagian punggungnya dengan membuat lingkaran-lingkaran kecil di sepanjang tulang belakang hingga ke bagian pantatnya, kemudian kembali lagi ke atas.

3. Waktu tenang

Rutinitas sebelum tidur harus menjadi momen yang menyenangkan. Hindari membuat bayi menangis hingga ia tertidur, karena dapat menurunkan kualitas tidurnya.
Sebaliknya, berikan waktu tenang dengan banyak perhatian pada si buah hati dengan cara ini:

Suasana ruangan

Bawa si kecil ke kamar dan ciptakan suasana yang nyaman. Hal ini bisa bunda lakukan dengan mengatur suhu ruangan, serta meredupkan penerangan dalam ruangan, misalnya dengan mengganti lampu utama dengan lampu tidur bercahaya temaram.

Nyalakan musik

Timang si kecil dengan perlahan, kemudian nyalakan musik pengantar tidur atau bersenandunglah untuknya. Lakukan hal ini sambil mengusap lembut area punggung, lengan, atau kepalanya agar ia merasa tenang.

Waktunya tidur

Biarkan si kecil menikmati alunan nada pengantar tidur hingga matanya benar-benar terpejam. Setelah ia benar-benar terlelap, baringkan di ranjang secara perlahan.
Lakukan rutinitas ini setiap malam atau sesering mungkin. Bahkan ketika Parents dan si buah hati sedang tidak di rumah, karena dengan rutinitas yang sama dapat membuat bayi lebih mudah untuk merasa nyaman di lingkungan barunya.

Semoga setelah melakukan hal diatas bayi tidur nyenyak ya bunda, selamat mencoba!

Yuk simak tips lainnya buat si kecil & bunda disini

profile-picture
sofiyuen memberi reputasi
Diubah oleh alenilliana
Di ngajiin emoticon-Cool
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di