alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Mau Baju Putihmu tetap Cerah dan Nggak Kusam? Ikutin Tips-Tips ini!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d84860a68cc955fe817b98d/mau-baju-putihmu-tetap-cerah-dan-nggak-kusam-ikutin-tips-tips-ini

Mau Baju Putihmu tetap Cerah dan Nggak Kusam? Ikutin Tips-Tips ini!

Baju putih memang perlu perawatan yang ekstra dibandingkan dengan baju warna lain. Selain mudah terkena noda, baju putih juga mudah berubah menjadi kusam atau kekuningan kalau nggak dicuci dan dirawat dengan benar. 



Kalau udah menguning, jadi makin males deh untuk pake baju itu ke luar rumah. Itulah sebabnya, kebanyakan orang lebih nyaman memakai baju berwarna gelap atau hitam. 

Tapi, nggak selamanya kita bisa menghindari memakai baju putih, kan? Dalam acara tertentu, terutama acara-acara formal, kita mau nggak mau harus pakai baju putih. Baju putih juga sebenarnya mudah untuk dipadupadankan dengan kombinasi warna apapun. 



Nah, kalau Agan dan Sista punya baju putih di rumah, ikutin perawatan di bawah ini nih, supaya baju kalian nggak gampang kusam dan menguning.

1. Pilah pakaian sesuai warna ketika dicuci

Langkah pertama yang dilakukan sebelum mencuci adalah memilah pakaian kotor kalian sesuai kategori warna. Pisahkan pakaian warna putih dengan pakaian warna gelap untuk mencegah kelunturan. Kalo tips yang satu ini sih, seharusnya udah pada tau yaa.



2. Pilih deterjen yang tepat

Supaya baju tampak lebih putih dan cerah, Agan dan Sista bisa menggunakan deterjen yang mengandung optical brighteners, yakni cairan yang mampu meningkatkan cahaya biru dan meminimalisir kadar kuning, sehingga kain pada pakaian tampak lebih putih.



3. Kucek dan sikat bagian-bagian tertentu

Bagi yang biasa mencuci menggunakan mesin cuci, perlu mengucek atau menyikat ulang bagian-bagian tertentu seperti kerah, bagian ketiak, lipatan tangan, dan kantong secara manual. Mesin cuci hanya akan membersihkan keringat dan debu, sehingga kotoran dan noda yang membandel nggak akan bersih maksimal.




4. Perhatikan suhu air

Saat mencuci baju putih, direkomendasikan untuk menggunakan air hangat, karena bisa membantu melepaskan minyak tubuh dan kotoran yang melekat pada baju. Minyak dan kotoran yang terus menempel inilah yang nantinya menyebabkan baju putih cepat kusam.



5. Atur suhu setrika

Setrika pakaian putih dengan suhu yang nggak terlalu panas. Temperatur yang terlalu panas bisa meninggalkan bekas gosong atau kekuningan pada pakaian yang susah dihilangkan. Atur juga suhu setrika berdasarkan bahan baju, karena bahan baju tertentu akan lebih mudah gosong dibanding yang lain.



6. Gunakan hanger yang benar

Saat menyimpan baju putih, usahakan untuk menggunakan hanger yang terbuat dari plastik atau kayu. Jangan gunakan gantungan berbahan besi karena akan menimbulkan bercak karat pada pakaian.



7. Lakukan perawatan

Supaya pakaian tetap awet dan nggak kusam, usahakan untuk selalu cuci baju putih Agan setiap habis pakai meskipun masih terlihat bersih. Sisa-sisa minyak tubuh dan keringat bisa membuat pakaian Agan cepat menguning.



Kalau pakaian putih Agan udah terlanjur kusam, segera rendam pakaian dengan pemutih selama tiga puluh menit hingga satu jam, setelah pakaian dicuci dengan deterjen. Oh ya, supaya makin bersih, agan bisa juga cuci baju agan dengan campuran cuka dan soda kue.
 
Semoga bermanfaat ya, Gan Sis tips-tips di atas. emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hvzalf dan 5 lainnya memberi reputasi
Balasan post fira262
oh begitu gan baru tau ane kirain emng ga bersih aja gitu.. thx inpo nya gan
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di