alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ketika Orang Indonesia Ngomong Bahasa Indonesia Jadi Heboh, Bikin Ngakak Miris!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d85d2b08012ae2418631f0b/ketika-orang-indonesia-ngomong-bahasa-indonesia-jadi-heboh-bikin-ngakak-miris

Ketika Orang Indonesia Ngomong Bahasa Indonesia Jadi Heboh, Bikin Ngakak Miris!

Melestarikan Bahasa Indonesia



Entah kegabutan apa yang melanda ane hingga ngabisin waktu selancar di youtube seharian padahal kuota internet non unlimited lagi sekarat. Kemarin, pukul sekian hingga selesai pukul sekian. Namun, di sinilah ane melihat dan menonton suatu konten dan komentar warganet yang bikin ngakak dan miris sekaligus🤣😔.


Yeah, you know, saat ini warganet sedang dilanda demam "Penyanyi Indonesia Go Internasional". Ane pun begitu sebenarnya. Ane bangga karena ada anak bangsa yang punya karier musik gemilang di Hollywood sana. Sebab, standar sukses go international seorang pegiat seni adalah ketika mereka sukses dan terkenal di panggung Hollywood.



Rich Brian, Niki Zefanya, dan menyusul pula Stephanie Poetri ialah anak bangsa yang saat ini melambungkan karier dunia mereka dalam naungan 88rising. Ya, kita patut bangga, tapi kadang tingkah warganet Indo tentang mereka bikin ngakak, geleng-geleng, dan ada rasa miris juga.

Konten video tentang Rich Brian di bawah ini misalnya. Sepanjang video ditampilkan beberapa potongan momen di mana Rich ngomong bahasa Indonesia dan sontak jadi heboh dan mengundang banyak komentar.



Loh kok, gimana pendapat Agan dan Sista nih? Lucu atau biasa aja?

Berlanjut pada konten YouTube milik Prambors Radio di bawah ini. Pada kesempatan kala itu, Prambors berkesempatan untuk mewawancarai Niki. Si pewawancara antusias bertanya dengan bahasa Inggris pada pertanyaan pertama dan you know? Niki menjawab dengan menggunakan bahasa Indonesia😆.



Reaksi si pewawancara jujur bikin ane ngakak sih, didukung sama komen-komen warganet di kolom komentar.

Si pewawancara merespons kaget dan bilang, "Masih bisa bahasa Indonesia?" Niki pun menjawab, "Ya, tentu saja."

Dan sepanjang proses wawancara, si penanya dominan ngomong bahasa Inggris dan Niki dominan ngomong bahasa Indonesia. Seimbang sih sebenarnya, tapi tentu saja menimbulkan banyak tanda tanya.

Segitunya ya kalo orang Indonesia udah lama tinggal di luar negeri, pasti di-judge udah nggak fasih bahasa ibu atau bahasa pertama? Makanya kalo diajak ngomong mesti pake bahasa kedua?😆

Oke, ane paham. Banyak sebenarnya beberapa kasus yang membuat beberapa orang Indonesia berpikiran demikian. Agnes Mo, misalnya. Ketika awal karier go international-nya beberapa tahun lalu dan dia lama tinggal di Amerika, logatnya emang udah Amerika banget dan terkesan susah lagi ngomong bahasa Indonesia.

Dosen ane pas belajar mata kuliah sosiolingustik pun membenarkan bahwa orang bisa jadi lebih fasih ngomong bahasa kedua (B2) daripada ngomong bahasa pertama (B1) karena pengaruh lebih terbiasa menggunakan B2 dan lingkungan tempatnya berada yang mendukung penggunaan B2, serta beberapa faktor lain.

But, seimbang keduanya (B1 dan B2) pun sebenarnya bergantung dari penggunanya. Ketika dia memakai bahasa satu dan dua secara seimbang mana nggak bakal ada yang terabaikan bahkan terlupakan.

Try to be a best billingual and multilingual, why not?



Referensi: Opini pribadi TS

Sumber gambar: 1, 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 54 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mbakendut
Selama apapun seseorang tinggal di luar negeri. Bahasa Ibu ga akan hilang. Tuh barack obama aja bisa bahasa Indonesia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 2 lainnya memberi reputasi
profile picture
azid12353
Betul. Meskipun terbata bata, pasti inget dan ngerti bahasa induk nya
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di