alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Jari Litmanen Role Model Sepak Bola Finlandia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d831d356df2315110458a93/jari-litmanen-role-model-sepak-bola-finlandia

Jari Litmanen Role Model Sepak Bola Finlandia

Selamat siang gansis, kembali lagi bersama ane ni... Teemu Pukki udah nyetak 6 gol aja ni bersama Norwcih City, gacor banget ye.. Dia juga jadi motor serangan Timnas Finlandia loh.. Ngomong-ngomong soal Finlandia gansis tau ga sama nama pesepakbola Jari Litmanen? 


(Instagram: norwichcityfc)

Litmanen adalah pesepak bola Finlandia yang udah membela klub besar Eropa seperti Ajax Amsterdam, Barcelona dan Liverpool.. Usut punya usut Finlandia bukan negara sepak bola gansis, disana lebih gampang melahirkan pebalap Formula 1 maupun rally intinya yang balap-balap Finlandia jago dah gansis hehe.. Contoh ya ada Keke Rosberg, Mika Hakkinen, Kimi Raikkonen..


(F1.Com) Kimi Raikkonen

Litmanen menjadi legenda sepak bola Finlandia, ia merupakan role model untuk anak-anak muda Finlandia yang ingin berkarier di lapangan hijau gansis.. Saat aktif menjadi pesepak bola, posisinya adalah penyerang. Litmanen lahir di Lathi, Finlandia 20 Februari 1971, ia menjadi pesepak bola Finlandia yang sangat sukses di Eropa.


(The Sun)

Kariernya melonjak saat ia membela Ajax Amsterdam (92-99) selama membela Ajax ia berhasil mempersembahkan lima gelar Eredivisie 1993/1994, 1994/1995, 1995/1996, 1997/1998, dan 2003/2004. Tiga KNVB Cup 1992/1993, 1997/1998, dan 1998/1999. Serta Liga Champions 1994/1995, Piala Super Eropa 1995 dan Piala Intercontinental 1995.


(Pinterest)


(Squawka)

Merasa cukup bersama Ajax, Litmanen hengkang ke klub raksasa Spanyol Barcelona sayang kariernya redup gansis Bersama Barcelona, Litmanen hanya tampil semusim. Dengan total bermain di 32 laga dan mencetak empat gol. Bersama Liverpool, karier Litmanen bisa dibilang cukup lumayan. Meski tak terlalu menjadi pilihan utama selama dua musim kompetisi, The Reds sukses disumbangkan sejumlah gelar seperti Piala Super Eropa dan Community Shield pada 2001. 


(ESPN)


(Liverpool FC)

Sebelum berkarier sebagai pesepak bola Litmanen kecil sempat dalam posisi labil dalam menjadi olahragawan. Ia bingung apakah ingin bermain sepak bola atau hoki es. Tapi takdir Tuhan berkehendak Litmanen menjadi pesepak bola, seperti kata pepatah “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya” kedua orang tuanya pesepak bola. Olavi, sang ayah, menghabiskan kariernya di tim lokal Finlandia, FC Lahti. Sementara sang ibu, Alice, adalah pemain tim nasional  wanita Finlandia.

“Keputusan yang sulit bagi saya untuk meninggalkan hoki es karena saya menyukainya. Lebih biasa memilih hoki es karena kondisi cuaca, tradisi, dan sejarah di negera kami. Tapi, jantung saya lebih merupakan jantung sepak bola. Mudah untuk memilih sepak bola jika saya perlu memilih salah satu dari keduanya. Tapi, sulit untuk meninggalkan hoki es,” ungkap Litmanen, dilansir BBC Sport. 

Kehebatan Litmanen di sepak bola ternyata mampu menginspirasi banyak pemain muda Finlandia yang ini berkarier dalam dunia sepak bola. Salah satunya Teemu Pukki. Penyerang Norwich City itu sedang menjadi trending topic karena penampilannya yang memukai hingga pekan kelima Liga Inggris. Pukki menciptakan sejumlah gol yang membantu The Canaries sukses, termasuk mengalahkan Manchester City 3-2 pada duel akhir pekan lalu. #nopukkinoparty


(Finlandia University Athletics)


(Squawka)

“Kami di Finlandia menjadikan Litmanen panutan. Dia menjadi inspirasi bagi kami semua. Saat saya kecil, kami bermimpi menjadi seperti Litmanen suatu saat nanti,” ucap Pukki, dikutip Sky Sports.

Ayo siapa lagi pemain Finlandia yang gansis kenal dalam mengolah si kulit bundar?

Sumber referensi: gorilasport.com

profile-picture
profile-picture
profile-picture
jembudkusut dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh HernandezJoe
mantul sungguh ya akhi emoticon-Maaf Agan
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di