alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Awas Gan! Ini Tanda-Tanda Kalau Rumah Agan Kurang Sehat untuk Dihuni!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d80a61b82d49576d34bf42b/awas-gan-ini-tanda-tanda-kalau-rumah-agan-kurang-sehat-untuk-dihuni

Awas Gan! Ini Tanda-Tanda Kalau Rumah Agan Kurang Sehat untuk Dihuni!

Rumah seharusnya nggak cuma memberikan kenyamanan, tapi juga menyediakan lingkungan yang sehat bagi penghuninya. 



Namun, kebiasaan-kebiasaan kecil yang biasanya timbul dari kemalasan bisa menjadikan rumah kita tempat yang tak lagi aman buat kesehatan. Bayangkan, kalau berbagai sumber penyakit ternyata bersarang di rumah kita sendiri! Segala upaya kita untuk melindungi penyakit saat keluar rumah pun jadi sia-sia.

Untuk menghindari hal tersebut, Agan perlu perhatikan kondisi rumah Agan sendiri. Kalau Agan menemukan 10 tanda-tanda ini di rumah Agan, Agan perlu waspada nih, karena ini artinya rumah Agan udah kurang sehat untuk ditempati.

1. Ruangan yang lembab

Kelembaban wajar terjadi setelah mandi, atau saat memasak. Namun, kelembaban yang tingkatnya terlalu tinggi dan nggak kunjung hilang perlu diwaspadai. Jamur suka dengan lingkungan yang lembab. Kelembaban yang terjadi di rumah, terutama di sudut-sudut ruangan dan di langit-langit bisa menyuburkan pertumbuhan jamur. Jamur bisa menimbulkan masalah pernafasan, iritasi tenggorokan, batuk atau bersin, serta iritasi mata dan kulit.




2. Ventilasi yang kotor

Ventilasi rumah seringkali diabaikan saat bersih-bersih. Padahal, ventilasi ini menyimpan banyak sekali partikel debu yang bisa tersebar saat kita menyalakan AC atau kipas angin. Karena itu, penting untuk membersihkan ventilasi rumah secara menyeluruh dan secara berkala.




3. Kamar mandi minim ventilasi

Kamar mandi yang nggak punya ventilasi cukup tentu nggak akan punya sirkulasi udara yang baik. Akibatnya, kelembaban yang biasanya timbul saat mandi akan terperangkap di sana dan bakal memicu pertumbuhan jamur.




4. Tidak membersihkan debu dengan benar

Debu akan muncul setiap hari, terutama di sudut-sudut ruangan. Bila dibiarkan dan nggak dibersihkan secara rutin, debu akan menumpuk dan kita akan mudah terkena partikel berbahayanya.



Agar dapat membersihkan debu secara tuntas dan menyeluruh, American College of Allergy, Asthma and Immunology menyarankan untuk menggunakan kain basah, alih-alih menggunakan kain kering. Kain kering akan semakin menyebarkan debu dan memicu alergi, sementara itu debu akan lebih mudah menempel pada kain yang basah.


5. Kondisi kamar kotor dan berantakan

Masih berkaitan dengan debu, kamar yang ngga dibersihkan secara rutin pasti bakal menyimpan banyak sekali debu dan kotoran.



Kamar kita pastinya terisi sama banyak barang, kan? Bahkan, seringkali barang-barang kita berantakan di sekitar kamar. Nah, barang-barang tersebut pasti akan menyimpan banyak kotoran dan debu di baliknya. Makanya, tata kamar serapih mungkin dan jangan biarkan banyak barang berserakan supaya membersihkan debu jadi lebih mudah dan menyeluruh.

Selain itu, tempat tidur kita juga perlu dibersihkan secara rutin. Ganti seprai dan sarung bantal setiap satu atau dua minggu untuk menghindari alergi dan infeksi dari kotoran. Kamar perlu dijaga banget kebersihannya karena di sinilah kita lebih banyak menghabiskan waktu saat di rumah.


6. Sering memakai sepatu di dalam rumah



Kebiasaan ini pasti dilakukan sama banyak orang, deh. Mungkin kelihatannya sepele, dan sepatu kita mungkin juga nggak meninggalkan jejak kotor di lantai. Tapi, para peneliti dari University of Arizona menemukan kalau satu sepatu bisa mengandung lebih dari 400 ribu bakteri, termasuk E.Coli, yaitu bakteri penyebab masalah pencernaan!


7. Terlalu banyak barang

Seperti yang udah disebutkan, terlalu banyak barang di rumah akan membuat debu-debu menempel dan sulit dibersihkan. Usahakan untuk meminimalisir jumlah barang dalam satu ruangan, atau rotasi posisi barang-barang dalam ruangan dan bersihkan seluruhnya secara berkala. 


  

8. Membiarkan hewan peliharaan tidur di kamar

Saking cintanya kita sama hewan peliharaan kita, kadang kita merasa nggak bisa lepas dari mereka. Bahkan tidur pun harus ditemenin.



Sesayang apapun kita sama hewan peliharaan kita, usahakan jangan membawa mereka ke kamar tidur ya, Gan, apalagi tidur di kasur yang sama. Hewan peliharaan bisa membawa kotoran, kumanm bahkan serangga ke tempat tidur. Selain itu, mereka juga bisa menjadi penyebab alergi.
 
Hayo, gimana nih kondisi rumah Agan sekalian? Udah aman belum? 


Sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rampratamadhan dan 13 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


Quote:

Sudah berapa lama ga dibersihkan
profile picture
kuroi2325
biasanya bersih-bersih kamar mah pas menjelang lebaran doang emoticon-Ngakak

maklum bray jarang dirumah emoticon-Ngakak
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di