alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / Sista /
Nama Itu Penting Dalam Islam, Buat Calon Bapak & Ibu Yuk Baca
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d70e4a5a727684c684e2b12/nama-itu-penting-dalam-islam-buat-calon-bapak-amp-ibu-yuk-baca

Nama Itu Penting Dalam Islam, Buat Calon Bapak & Ibu Yuk Baca



Nama memiliki pengaruh yang sangat luar biasa besar terhadap kehidupan seseorang, secara psikologis seorang anak terpengaruh dengan nama dan panggilan yang diberikan kepadanya. Kadang anak merasa rendah diri, karena nama yang diberikan oleh orangtuanya tidak mengandung makna yang mengagumkan. Hal ini terjadi karena kata dan tulisan yang pertama kali dikenal dan dilihat oleh seseorang adalah namanya. Apabila nama yang diberikan oleh orangtuanya bagus, maka dia akan bangga dan mengekpresikan dirinya dengan penuh keceriaan.

Memberi nama anak yang baru lahir merupakan suatu keharusan, kerena untuk membedakan dari yang lainnya, bayangkan bila seorang anak yang terlahir tidak diberikan nama, tentunya hal ini membuat orang lain sulit untuk memanggilnya. Shakespeare adalah seorang penyair mengatakan “what is in a name?”, Islam menegaskan banyak sekali hal yang penting dalam nama seseorang. Nama yang baik sangat besar pengaruhnya bagi sang penyandang nama tersebut.

Jika kami belum melihat kalian, maka yang paling kami cintai adalah yang paling bagus namanya jika sudah melihat kalian, maka yang paling bagus wajahnya Jika kami sudah mendengar kalian, maka yang paling bagus ucapannya Jika kami sudah memeriksa kalian, maka yang Paling kami cintai adalah yang paling bagus akhlaknya Jauhi nama-nama yang dapat mengotori kehormatan Jauhi nama yang bermakna pesimistis

Bagaimana jika nama yang diberikan tidak memiliki makna yang indah, sehingga membuat anak tersebut selalu minder dan tidak percaya diri. Lalu bagiamana jika sudah terlanjur member nama-nama yang bermakna buruk untuk anak-anak kita? Atau diri kita sendiri memiliki nama yang kurang bagus.



Nabi Muhammad SAW sendiri biasa mengubah nama-nama yang buruk

“Dari Aisyah ra, bahwa nabi Muhammad SAW biasa mengubah nama yang buruk.” (HR. At-Tirmidzi)

Dengan demikian, mengubah nama-nama yang buruk termasuk sunnah Nabi Muhammad SAW. Para ulama telah sepakat tentang kesunahannya. So, tidak ada kata terlambat untuk mengubah nama yang buruk dengan nama yang lebih baik namanya.

“Kelak pada hari kiamat kalian akan dipanggil dengan nama-nama kalian dan nama bapak-bapak kalian. Oleh karena itu, perbaguslah nama-nama kalian.” (HR. Abu Daud, Ahmad, dan Linnya)

referensi dari buku "Saat Tiba Kelahiran Bauh Hati " Badiatul Muchlisin Asti

Sumber referensi nama anak lengkap kasihnama.com

profile-picture
profile-picture
profile-picture
alenilliana dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh alenilliana
Mantap, gan. Keren
profile-picture
alenilliana memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di