alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Kreatif Atau Nggragas, Makanan Berbahan Dasar Singkong Ini Jumlahnya Tak Terkira!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d79c6f9facb957a31423d16/kreatif-atau-nggragas-makanan-berbahan-dasar-singkong-ini-jumlahnya-tak-terkira

Kreatif Atau Nggragas, Makanan Berbahan Dasar Singkong Ini Jumlahnya Tak Terkira!





Halo, selamat siang GanSis, jumpa lagi dengan ane, TS gaje dengan trit-trit yang gaje pula emoticon-Ngakak (S)


Kuliner di Indonesia, seperti yang kita tahu sangat banyak dan bervariasi. Mulai dari manis, pedas, gurih, semua ada. Mulai dari yang wajar sampai yang paling nyeleneh pun ada. Bahkan sayur pare dan daun pepaya yang pahitnya menggigit lidah itu pun bisa menjadi olahan yang layak makan dan pastinya syedap gila. Sungguh betapa kreatifnya (baca : nggragas) masyarakat kita ini. emoticon-Ngakak (S)

Eits, tapi kali ini ane nggak akan membahas banyak bahan makanan. Cukup satu bahan makanan saja yang kini menjadi pusat perhatian dan akan ane ulas sedalam-dalamnya dan setajam silet! Ups emoticon-Ngakak (S)

Adalah singkong, atau cassava bahasa planetnya, merupakan jenis umbi-umbian yang berdomisili di dalam tanah, mengandung karbohidrat atau serat pangan yang tinggi. Satu jenis bahan ini akan menjadi beberapa banyak kreasi makanan di tangan para kreator kuliner di Indonesia. Jadi bukan cuma digoreng atau direbus aja, Gansis!

Bagi yang belum kenal singkong, silakan kenalan dulu yak. Karena kita akan mengulas habis semua rahasianya di sini! emoticon-Wowcantik

Okelah, tak perlu berlama-lama lagi, kali ini ijinkan ane membuat list aneka olahan makanan berbahan singkong. Yuk, disimak!



Jenis Nasi

Sebagai bahan pangan berkarbohidrat tinggi, singkong merupakan kandidat kuat pengganti beras, tentunya setelah menyingkirkan jagung sebagai kompetitor dari kampung sebelah. Adapun dari cara pengolahannya, ane bagi menjadi dua :



1. Sawut



Gansis tak tahu sawut? Ah, sama, ane juga tak tahu. Namun berdasarkan informasi yang ane dapat dari emak tercinta, sawut merupakan nasi yang berasal dari singkong. Cara mengolahnya, singkong dikupas, dibersihkan kemudian diparut dengan parutan yang bergigi besar(mirip parutan keju). Langkah selanjutnya adalah mengukusnya sampai matang. Taraaa! Sudah jadi deh sawutnya. Kata emak ane, sawut ini rasanya tawar. Ada gurih-gurihnya sih dikit. Ada juga jenis sawut lain yang dicampur gula merah dan taburan parutan kelapa. Yang ini pasti manis gila dah! emoticon-Wowcantik



2. Tiwul/Gaplek



Nah, kalau ini ane tahu. Cara pengolahannya agak ribet, gansis. Pertama, seperti biasa, singkong dikupas, dibersihkan, dijemur dua hari atau sampai kering, kemudian direndam air, dikeringkan lagi, kemudian digiling/dihaluskan. Setelah menjadi tepung baru deh dikukus dengan sebelumnya diuleni dengan sedikit air. Ribet ya, enak langsung beli jadi aja. emoticon-Ngakak (S)

Tiwul ini terbagi menjadi dua jenis berdasarkan rasa. Ada tiwul tawar, biasanya sebagai pengganti nasi, dan bisa dimakan dengan lauk dan sayur. Ada pula tiwul manis, dengan gula pasir dan kelapa parut sebagai taburannya. Ngiler bre! emoticon-DP




Jenis Cemilan/Snack

Meski identik dengan makanan berat, kenyataannya singkong pun bisa dibuat cemilan atau kletikan(istilah Jawanya). Beberapa di antaranya adalah :



1. Keripik



Siapa yang tak kenal keripik singkong? Ke laut aja!emoticon-Ngakak (S)
Yup, snack gurih berbahan dasar singkong ini memiliki banyak penggemar, Gansis. Udah kayak artis aja. Cara pengolahannya ada yang digoreng, ada pula yang dioven. Ane nggak tahu pasti sih, karena belum pernah bikin sendiri.



2. Krecek



Namanya hampir mirip keripik ya. Pada dasarnya sejenis juga, cuma beda pengolahannya aja. Berhubung pernah bikin sendiri, ane bisa menjelaskan cara pembuatannya. Pertama, setelah dikupas dan dibersihkan, singkong dikukus sampai matang. Setelah dingin, iris tipis-tipis kemudian dijemur. Nah, kalau sudah kering, digoreng deh. Selamat mencoba!



3. Opak



Opak merupakan nama lain dari kerupuk singkong. Cara pembuatannya agak ribet karena bahan harus diparut halus dan dibumbui dulu, setelah kemudian dituang dan diratakan pada tutup panci. Si tutup panci kemudian ditutupkan pada panci jodohnya di atas air mendidih. Jadi pengolahannya memakai tenaga uap. emoticon-Ngakak (S)

Si bahan opak yang sudah matang harus dijemur sampai kering biar bisa mengembang saat digoreng. Tambahkan warna sesuai selera untuk menarik perhatian mantan, eh! emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)




Jenis Jajanan/Kue

Penganan berbahan dasar singkong tak terhitung jumlahnya dengan cara pengolahan yang berbeda-beda. Sebenarnya ane cukup capek menjelaskan, tapi karena tanggung jawab moral, ane harus berjuang sampai menyelesaikan trit ini. Semangat, Tikus Kecil! emoticon-Merdekaemoticon-Merdeka

Okelah tanpa berbusa-busa, langsung saja kita panggilkan para kontestan calon pengisi perut yang lapar. Silakan masuk!


1. Gethuk



Gethuk, asale soko telo, Mas. Mata ngantuk, iku tambane opo?
Halah, malah nyanyi! emoticon-Mad emoticon-Ngakak (S)

Gethuk yang kutahu, memiliki dua jenis yang cukup femes, gansis.

Gethuk Lindri dan Gethuk Iris. Pada dasarnya cara pengolahan gethuk sama, yaitu singkong kukus yang ditumbuk halus. Pada kasus gethuk Lindri, singkong dihaluskan dengan gilingan sehingga membentuk pelintiran-pelintiran kecil, kemudian dipotong-potong. Nah, gethuk Iris cukup ditumbuk biasa dengan campuran gula merah. Setelah halus dan pulen, gethuk tinggal diiris tipis melebar. Itulah alasan kenapa namanya gethuk iris.



2. Gathot



Ane yakin sembilan puluh persen kaskuser tak mengenal nama makanan ini. Untuk itu, ane membawanya ke sini dan memperkenalkan pada gansis sekalian, karena ane percaya bahwa Gathot anak baik-baik walaupun sedikit dekil. Dekilnya di mana? emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Adalah dari cara pengolahannya, GanSis. Hampir mirip seperti Gaplek, saudara kembarnya ini dibiarkan dijemur berhari-hari di udara terbuka, dibiarkan terkena hujan (jika tak ada hujan terpaksa pakai hujan buatan) emoticon-Ngakak (S). Alasan kenapa harus terkena hujan/air adalah agar si calon gathot ini berjamur, Gansis. Tanda jamur mulai tumbuh biasanya dia akan berwarna kehitam-hitaman atau hitam sepenuhnya. Makin hitam makin enak rasanya. Setelah berjamur, gathot dibersihkan kemudian dikukus. Jadi, nggak pakai dihaluskan seperti tiwul ya.



3. Jemblem



Aih, mendengar kata jemblem, ane jadi merasa tembem. Eh, beda ya! emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Cara pengolahan jemblem adalah singkong diparut, dicampur sedikit tepung dan dibumbui, diisi gula merah, kemudian digoreng. Cukup simpel, Gansis, sehingga ane nggak perlu menjelaskan panjang lebar. Jujur aja, ane capek mengetik. Hiks! emoticon-Frown



4. Utri/Lemet



Ini makanan favorit ane. Cara pengolahannya hampir mirip seperti jemblem, hanya saja si Lemet ini(bukan lemot, loh ya) dicampur dengan kelapa parut dan gula merah kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus. Alternatif lain jika tak ada daun pisang, bisa pakai plastik es lilin seperti yang sering ane praktekan. emoticon-Wowcantik Hanya saja, masalah rasa tentu beda lah ya, pasti yang dibungkus daun lebih syedap mantap.



5. Tape



Tape atau peyeum(dalam bahasa Sunda) merupakan makanan hasil fermentasi dari singkong. Cara pengolahannya, singkong yang sudah dikukus, dipotong kecil-kecil, dicampur ragi lalu ditaruh dalam wadah tertutup yang sudah dilapisi daun pisang. Proses ini memakan waktu sekitar dua hari, gansis. Jadi sabar aja ya menunggu si tape ini menjadi manis dan siap disantap.



6. Rondo Royal



Rondo Royal, meski merupakan tape goreng tetep kan ya, berbahan dasar singkong. Biarkan dia masuk dalam daftar ini dari pada ditinggal nanti kasian nangis di pojokan. Yang pasti, ini makanan yang cocok menemani ngopi di waktu senggang. emoticon-Wowcantik



Sebagai Bahan Campuran

Berkolaborasi dengan bahan lain, singkong menjelma menjadi makanan-makanan yang tak kalah banyak jumlahnya. Sebut saja kolak, cenil, combro, timus dan yang lainnya. Ane nggak mungkin sebutin satu-satu karena pembahasan di atas sudah cukup panjang. Ane takut pembaca lelah dan mengantuk, akhirnya pergi meninggalkan ane sendirian. Hiks. emoticon-Frown

Okelah, GanSis, ane rasa cukup sekian trit kali ini. Ini menjadi trit terpanjang ane dalam sejarah dunia perkaskusan yang ane geluti selama tujuh bulanan ini. Semoga bermanfaat dan memberi pengetahuan baru dalam dunia perkulineran GanSis sekalian. Terima kasih sudah menyimak dari awal sampai akhir, silakan dinikmati jajanannya, eh! emoticon-Big Grin

emoticon-Angelemoticon-Angel emoticon-Angel emoticon-Angel


Mari hargai tangan-tangan kreatif mereka dengan terus mengkonsumsi kuliner dalam negeri. Pada dasarnya semua makanan itu enak, apalagi yang gratisan emoticon-Wowcantik

Terima 2C(Cendol dan Cinta)emoticon-Wowcantik

Penulis : Tikus Kecil, Member of BBB

Referensi dan Ilustrasi : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10



profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayupett182 dan 39 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh YenieSue0101
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Super duper lengkap, cyiin.emoticon-Kiss (S) Mantraap dahemoticon-2 Jempol ane kasih 2 jempol buat trit enih. Semua model jajanan camilannya udah pernah ane coba, mulai dari kripik sampe opak.emoticon-Shakehand2 Lestarikan kuliner Indonesia mulai dari bahan yang ada di sekitar kita, sekalian beib ... ntar buat lagi kuliner berbahan dasar makanan non-beras lainnya, yang bisa mengenyangkan dan juga menyehatkanemoticon-Jempol

Ane mo sundulin biar naik jadi HTemoticon-Sundul Upemoticon-Sundulemoticon-Sundul Upemoticon-Sundul sayang kalo tulisan sebagus enih ga dibaca ma kaskuser lainnyaemoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
bayupett182 dan YenieSue0101 memberi reputasi
Diubah oleh evywahyuni
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di