alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kisah BJ Habibie Pulihkan Rupiah dari Rp 15.000 Jadi Rp 6.500/US$
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d79975c0577a91ef435c88d/kisah-bj-habibie-pulihkan-rupiah-dari-rp-15000-jadi-rp-6500-us

Kisah BJ Habibie Pulihkan Rupiah dari Rp 15.000 Jadi Rp 6.500/US$

Jakarta - Presiden RI ke-3 BJ Habibie tutup usia. Habibie meninggal di RSPAD Gatot Soebroto pada usia 83 tahun.

Kabar soal meninggalnya BJ Habibie disampaikan oleh Kepala RSPAD Dr Terawan, Rabu (11/9/2019). "Benar, pukul 18.05 WIB," ujarnya.

Sosok yang satu ini punya peran penting dalam kehidupan bernegara di Indonesia.



Ia merupakan seorang insinyur yang berhasil membuat pesawat terbang yang diakui dunia. Selain itu, keahlian teknologinya itu membuatnya dekat dengan pemerintah dan akhirnya ia menjabat sebagai Presiden ketiga Republik Indonesia pada 21 Mei 1998.

Habibie diangkat menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia pada 14 Maret 1998. Namun kerusuhan dan gejolak politik yang berpusat di Jakarta akhirnya menggulingkan Presiden Soeharto, yang telah berkuasa selama 32 tahun.

Setelah lengsernya Soeharto pada 21 Mei 1998, Habibie pun otomatis diangkat menjadi Presiden ketiga Republik Indonesia. Meski masa jabatannya terhitung singkat, Habibie berhasil menerapkan beberapa terobosan di Indonesia, seperti Undang-Undang Antimonopoli, Undang-Undang Partai Politik, dan Undang-Undang Otonomi Daerah.

Dari sektor ekonomi, Habibie berhasil mendongkrak nilai tukar rupiah terhadap dolar, yang awalnya berkisar Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu per dolar AS menjadi Rp 6.500 pada akhir pemerintahannya.

Hal ini bisa terjadi lantaran Habibie konsisten pada kebijakan keuangan. Kala itu, Habibie yang mengikuti tren global, yang menerapkan sistem pasar terbuka untuk valuta asing. Habibie mematok nilai tukar rupiah pada Rp 8.000.

Konsistensi Habibie ini ternyata berhasil menekuk dolar AS hingga di level yang cukup rendah, yakni Rp 6.500. Hal itu terungkap dalam laporan pertanggungjawaban MPR pada akhir periode jabatannya.


Sumur: https://m.detik.com/finance/sosok/d-...jadi-rp-6500us


Satu satunya presiden RI yg bisa nurunin dollar sepertinya..

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
FlixBagz dan 45 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KaskusKreator
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Mantap pak habibie

emoticon-Shakehand2

Quote:


Nah ini

semuanya dibawa ke politik

heran juga gw

separah parahnya gw sebagai cebong, ya ga gini juga

padahal prabowo dan jokowi udah damai

kemarin gw malah debat soal esemka sama cebong

terus soal rini sama cebong

lah ya gimana, hal kek gini ya harusnya kalau udah jelas ngaco ya jangan didukung.

Kita kan mau indonesia semakin maju

Bukan debat terus terusan

sama kampret sih udah ga usah ditanya, ekonomi, wan abud, dll

Ini kalau belum pada perang bunuh bunuhan ga bakal kelar keknya

Bakal gini terus indonesia

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
FlixBagz dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 4nt1.sup3r
profile picture
andie1407
Setuju banget sama agan, gw sampe enek liat sosmed. Isinya cuma debat antara cebong kampret. Sebagian antara temen" gw juga.

Apa iya kayak gini terus, negara lain udah pada lari, kita masih jalan di tempat gara" masih ngributin yg gak penting. Kritik perlu, tapi juga gak berlebihan.

Semoga Indonesia tambah damai dan sejahtera. Anion

Maaf kalo ada salah" kata. Piss
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di