alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Barista Starbucks di AS Menulis ISIS di Kopi Pelanggan Muslim
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d71bdf5f4d69545c453cc94/barista-starbucks-di-as-menulis-isis-di-kopi-pelanggan-muslim

Barista Starbucks di AS Menulis ISIS di Kopi Pelanggan Muslim



PHILADELPHIA - Niquel Johnson, 40, seorang pria Muslim yang mengenakan jubah tradisional Timur Tengah di kedai Starbucks di Philadelphia terkejut setelah seorang barista menulis "ISIS" pada kopi yang dia pesan. Tulisan tendensius itu terdapat di cangkir kopi.

ISIS adalah singkatan dari Islamic State of Iraq and Syria, sebuah kelompok ekstremis yang melakukan banyak kebrutalan di Irak dan Suriah. Kelompok itu dipimpin Abu Bakr al-Baghdadi.

Kejadian tak mengenakkan itu dialami Johnson pada 25 Agustus lalu. Tulisan ISIS dia dapati setelah dia memberi tahu barista Starbucks bahwa namanya "Aziz".

"Abdul Aziz adalah nama yang biasa saya gunakan; itu artinya hamba Yang Mahakuasa," kata Johnson kepada NBC News. "Tapi saya menyingkatnya untuk mereka. 'Aziz' saja berarti perkasa," ujarnya, menggambarkan insiden baru-baru ini.

Sekitar 20 menit setelah mengambil minuman kopi Starbucks-nya, Johnson menyadari bahwa barista itu menuliskan "ISIS" di cangkirnya.

"Awalnya saya terkejut, dan kemudian marah karena saya merasa seolah-olah didiskriminasi," kata Johnson, yang dilansir Jumat (6/9/2019).

Namun, pihak Starbucks melalui seorang juru bicara mengatakan kepada NBC News bahwa insiden itu bukan hasil diskriminasi.

“Pelanggan mendekati dan memberikan nama Aziz. Si barista salah mengeja kata itu," lanjut juru bicara tersebut.



Johnson mengajukan keluhan resmi kepada pihak Starbucks pada hari Senin dan diberi tahu melalui email bahwa dia akan dihubungi dalam satu atau dua hari kerja. Namun dia mengaku perusahaan itu tidak pernah menghubunginya.

Juru bicara Starbucks memberikan cerita versi lain dengan mengklaim bahwa cabang kedai kopi setempat telah melakukan kontak dengan Johnson dan meminta maaf atas kesalahan tersebut.

Juru bicara Starbucks yang lain mengatakan bahwa manajer kedai cabang distrik setempat telah berbicara dengan seseorang yang mengaku sebagai keponakan Johnson. Namun, Johnson mengklaim bahwa tidak ada yang menghubungi keponakannya yang baru berusia 13 tahun.

Insiden ini terjadi lebih dari setahun setelah 8.000 lokasi Starbucks di seluruh AS ditutup untuk pelatihan anti-bias, yang didorong oleh penangkapan dua pria kulit hitam di sebuah Starbucks Philadelphia pada bulan April 2018. Para pria sedang menunggu teman mereka ketika mereka ditangkap setelah pemilik kedai kopi menganggap mereka ancaman.

"Anda akan berpikir mereka akan sedikit lebih sensitif dan pelatihan akan lebih baik," kata Johnson kepada NBC News.

SUMBER:
https://international.sindonews.com/...lim-1567726099

KOMEN TS:
Masalah diskriminasi di AS emang gak ada habisnya sih.
Yang paling penting untuk menyikapi hal ini adalah jangan tanggapi dengan emosi, soalnya urusan SARA ini sensitif banget.
emoticon-Jangan ribut disini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
giankutil dan 25 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
giankutil dan 23 lainnya memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di