alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / Computer Stuff /
Windows Core OS, OS baru dari microsoft?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5d03d4c0cad73c436569ed/windows-core-os-os-baru-dari-microsoft

Windows Core OS, OS baru dari microsoft?

Sebelum ane mulai sharing ane mau mendoakan agan dan sista sekalian agar sehat selalu dan semua doanya bisa cepat terwujud. Amin... 

emoticon-terimakasih




Mulai dari windows 95, Windows XP, Windows 7, Windows8 Dan windows 10, di setiap versi itu windows memberikan fitur dan tampilan antarmuka yang baru. Dan sekarang dengan banyaknya device-device baru seperti foldable phones, dual screen PC, dan device-device yang memilki bentuk eksperimental lainya, membuat microsoft ikut terjun dalam pengembangan OS untuk device-device tersebut yang di kabarkan akan segera dirilis.

Dikabarkan OS tersebut akan memiliki nama "Windows Core OS", Versi terbaru windows ini di kabarkan akan menjadi single universal OS untuk berbagai macam device seperti smartphone, dekstop, headset, dan device experimental seperti laptop dengan dua layar. Dan windows core os dikabarkan akan lebih ringan dan lebih efisien di bandingkan dengan Microsoft OneCore Windows 10 initiatives yang dulu pernah ada



Sampai sejauh ini mungkin masih banyak yang bertanya-tanya tentang apa sih windows core OS itu? Windoes core OS bukanlah upgrade dari windows 10, menurut kabar yang beredar windows core OS adalah sistem operasi yang benar-benar baru, yang hanya akan berjalan di device-device terbaru saja seperti Surface Centaurs atau Lenovo Foldable OLED Thinkpad. Dan kemungkinan akan di jual ke para pembuat PC dan konsumen sebagai alternatif OS yang lebih ringan dari pada windows 10. 

Sistem operasi ini akan di tenagai oleh "C-Shell" dimana hal ini akan mempermudah windows core OS untuk dapat di nikmati di lintas platform.  Tujuan windows core OS adalah membuat sebuah sistem operasi yang bisa beradaptasai secara realtime layaknya surface pro yang bisa secara instan berubah mode, dari mode dekstop ke mode tablet yang lebih nyaman untuk di gunakan dengan touch screen.

Lalu bagaimana dengan windows 10? Menurut kabar dari windows central, windows 10 akan tetap mendapatkan update bersama dengan windows core os. Windows core OS akan memiliki target pasar ke device yang lebih ringan untuk bersaing dengan chromebooks dan iPad. Windows 10 sendiri akan tetap ada untuk device yang lebih umum seperti laptop dan PC dimana tetap di perlukan untuk para gamer, programer, content creator dll. 

Menurut info dari Linkedin job listing untuk Core OS Project, kita bisa berasumsi bahwa Core OS dapat menjalakan program-program klasik berekstensi .exe dan program-program Win32 seperti Google chrome. Dan bahkan ada kemungkinan bahwa core OS dapat menjalankan aplikasi-aplikasi berbasis android. 

Berdasarkan rumor yang tersebar, akan ada tiga jenis spesifik untuk Core OS. masing-masing memiliki code name "Santorini", "Aruba", dan "Oasis". Aruba dan oasis telah di publikasikan oleh microsoft saat menunjukan device baru mereka, walapun microsoft tidak secara resmi mengumumkannya. Tiap seri akan di develop secara spesifik untuk device yang berbeda namun tetap mempertahankan komponen yang serupa seperti "Start Menu".


Untuk versi "Santorini" sendiri akan menjadi Core OS yang paling umum. Core OS Santorini di design untuk berjalan di device seperti laptop dan foldable device yang akan sering di jumpai di sekolahan dan di rumah. Santorini akan memiliki antarmuka yang baru dan memiliki start menu yang berada di tengah agak mirip dengan chrome OS dan juga memiliki code name lain sebagai Windows lite.



Untuk versi Aruba, versi ini telah di presentasikan oleh microsoft sebagai Surface Hub 2, dan akan terfokus untuk dvice display gabungan. Versi core OS ini menargetkan ke device office white board dan shared dekstop space. Memiliki fitur shared dekstop space, menulis di screen saat sedang dalam posisi terkunci dan dynamic rotation yang membuat konten di display tetap pada posisinya. 


Dan versi terakhir yaitu Oasis adalah versi dari Core OS yang telah di tunjukan oleh microsoft pada saat peluncuran HoloLens 2 di mobile world congress. Oasis di tunjukan untuk device "Mixed Reality" dan akan memberikan pengalaman yang berbeda dalam berinteraksi dengan hologram, seperti keyboard hologram dan movement holographic lainya.

Untuk peluncuran dari Core OS sendiri masih belum bisa di pastikan kapan tepatnya. Namun dari rincian Linkedink microsoft dapat kita pastikan bahwa Windows Core OS tengah dalam proses pengerjaan. Pada bulan mei kemarin Microsoft sudah menyinggung tentang Modern OS pada keynote di computex di taiwan kemarin. Hal itu semakin menguatkan kabar yang beredar bahwa microsoft tengah mengerjakan project Sistem Operasi yang baru. Dan mengetahui bahwa Core OS sudah berjalan di HoloLens 2 dan juga Surface Hub 2x, sistem terbaru dapat di pastikan akan muncul dalam waktu dekat, mungkin akan ada kepastian pada oktober mendatang saat event surface. Kemungkinan microsoft tidak akan banyak bicara mengenai sistem operasi terbaru mereka, namun di pastikan Core OS itu nyata dan akan mengubah pengalaman kita dalam menggunakan windows yang selama ini kita kenal.
emoticon-Jempol emoticon-Jempol

Jangan lupa bahagia... 😁😁😁

SUMUR
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryanzz2 dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ceritanyaw.id
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
wih ntap nih gan
profile-picture
ryanzz2 memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di